ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G

Samsung Galaxy S21 FE 5G Graphite White Olive Lavender
8.4

Samsung Indonesia memang sudah membuka pre-order Galaxy S22 Series dengan segala fitur canggihnya. Namun jika Anda mencari alternatif yang lebih ramah kantong tapi tetap mengedepankan pengalaman khas perangkat flagship, Galaxy S21 FE 5G yang baru saja meluncur Januari 2022 lalu patut dipertimbangkan.

Pasalnya, suksesor Galaxy S20 FE ini punya banyak keunggulan menarik untuk Anda yang punya budget 9 jutaan rupiah. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Desain masih cukup premium

Kita semua tahu kalau Galaxy S Series selalu mengusung desain dan material yang premium. Pada seri FE atau Fan Edition ini, sensasi tersebut masih ada meski material yang digunakan pada cover belakangnya adalah plastik.

Galaxy S21 FE

Varian warna yang datang ke meja pengujian Yangcanggih.com adalah Graphite. Harus diakui, sebenarnya saya lebih tertarik dengan warna Olive atau Lavender yang kabarnya lebih menawan. Tapi Graphite pun masih tampak oke khususnya jika Anda termasuk tipe pengguna yang lebih suka tampil kalem dan elegan.

Pada bagian belakang ini Samsung mengadopsi finishing matte yang terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu, sensasi genggamannya cukup mantap alias tidak licin, dan tidak mudah kotor oleh bekas jari. Kalau soal dimensi, Galaxy S21 FE punya ukuran bodi 155,7 x 74,5 x 7,9mm dengan bobot 177 gram.

Samsung Galaxy S21 FE 5G Graphite 2

Desain kamera belakang dengan konsep contour cut khas Galaxy S21 Series akan kembali Anda temukan di sini. Walaupun tidak semewah saudara-saudaranya yang lebih premium, menurut saya contour cut pada Galaxy S21 FE tetap terlihat keren.

Saya juga mengapresiasi keputusan Samsung yang merancang bodi Galaxy S21 FE untuk lulus sertifikasi IP68. Itu artinya, Anda tidak perlu khawatir saat ponsel kena air dan debu. Selain itu, layarnya juga tetap dilindungi oleh Gorilla Glass Victus yang dikenal tangguh dan lebih tahan goresan.

Samsung Galaxy S21 FE 5G Graphite 3

Soal ketersediaan port, di bagian bawah Anda disuguhkan port USB Type-C yang berdampingan dengan lubang speaker dan slot dual nano-SIM. Ya, tidak ada slot microSD pada Galaxy S21 FE 5G. Itu artinya, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur ruang penyimpanan internalnya jika Anda membeli kapasitas 128 GB. Port audio jack 3.5mm juga tidak ada, jadi Anda wajib memakai TWS atau mencari converter USB-C ke 3.5mm.

Sedikit membahas soal paket penjualannya, sama seperti semua anggota Galaxy S21 Series, Galaxy S21 FE 5G juga punya penawaran yang minimalis. Anda tidak mendapatkan charger, hanya kabel USB-C saja. Softcase pun tidak ada, dan layar ponsel ini belum terpasang anti gores tambahan.

Layar 120Hz yang menawan

Samsung Galaxy S21 FE 5G hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2x infinity-O berukuran 6,4 inci. Layarnya dengan fitur eye shield comfort ini punya resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 120Hz. Selain itu ada pula dukungan HDR10+ dan pastinya Always-On Display.

Galaxy S21 FE 5G

Perlu diketahui bahwa refresh rate 120Hz pada layar Galaxy S21 FE belum bersifat adaptive. Artinya, Anda wajib memilih pengaturan yang diinginkan secara manual ketika butuh refresh rate tinggi atau saat ingin menghemat baterai.

Refresh rate Galaxy S21 FE

Ketajaman, kecerahan, dan sajian warnanya patut diacungi jempol. Semua konten yang tersaji pada layar terlihat begitu memanjakan mata. Respon terhadap sentuhan pun amat baik berkat touch sampling rate hingga 240Hz. Cocok untuk Anda yang gemar bermain game.

Kamera oke di berbagai kondisi

Di sektor kamera, Samsung Galaxy S21 FE 5G membawa Triple Pro Grade Camera dengan kamera utama 12 MP f/1.8 Dual Pixel AF dan OIS, Ultra Wide 12 MP, serta kamera tele 8 MP OIS dengan 3x optical zoom dan 30x Space Zoom. Untuk yang gemar selfie, ada kamera 32 MP di depan.

Samsung Galaxy S21 FE 5G 5 3

 

Departemen kameranya ini didukung dengan rangkaian fitur kamera lain seperti Picture-Picture View dan Split View pada Dual Recording. Tersedia juga fitur Object Eraser yang mampu menghilangkan objek yang tidak diinginkan.

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Pada kondisi cahaya yang ideal, Galaxy S21 FE 5G mampu memberikan foto yang tergolong bagus di kelas harganya. Detail yang ditangkap tinggi, dynamic range-nya luas, dan reproduksi warnanya lebih hidup berkat saturasi yang sedikit diangkat, khas Samsung.

Mode Normal (Auto) (8)

Mode Normal (Auto) (7)

Mode Normal (Auto) (5)

Mode Normal (Auto) (4)

Foto jarak dekat

Selfie

Pada kondisi pemotretan di dalam ruangan atau dengan cahaya yang lebih sedikit, Anda akan menemukan peredaman noise yang sedikit agresif sehingga ketajaman foto agak menurun. Tapi semua itu masih dalam taraf yang wajar dan bisa ditoleransi, apalagi jika kebutuhannya adalah upload ke media sosial.

Indoor Low-Light (1)

Indoor Low-Light (2)

Hasil yang kurang lebih mirip juga tersaji lewat kamera sudut lebar dan tele. Dengan pencahayaan yang ideal, pemotretan dengan 3x optical zoom atau ultra wide tetap oke untuk Anda pamerkan. Penurunan kualitas baru akan terlihat ketika mengabadikan momen yang cahayanya kurang.

Ultrawide

3X Optical Zoom

Pemotretan di malam hari bisa mengandalkan mode malam yang mampu mendongkrak tingkat kecerahan foto, tanpa mengurangi nuansa malamnya. Tapi di beberapa kondisi, mode malam membuat warna langit menjadi terlalu terang dan agak berubah dari suasana aslinya.

Mode Malam (2)

Mode Malam (1)

Indoor Low-Light (5)

Beralih ke videografi, Galaxy S21 FE 5G dapat merekam hingga resolusi 4K 60fps menggunakan kamera utama dan kamera depannya. Hasil rekamannya cukup stabil bahkan tanpa harus menghidupkan mode Super Steady. Mode ini baru saya gunakan ketika merekam dengan pergerakan yang ekstrem.

Full HD dengan kamera selfie

Full HD kamera belakang

Performa kencang

Smartphone ini dipersenjatai chipset Exynos 2100 5nm yang ditemani RAM 8 GB. Storage internalnya tersedia dalam dua pilihan, 128 GB dan 256 GB. Kedua varian tersebut terpaut harga yang lumayan yakni 1 juta rupiah. Sekadar mengingatkan, tidak ada slot microSD.

Dari segi performa Exynos 2100 bisa diandalkan untuk memberikan pengalaman penggunaan yang kencang, mulus, dan amat responsif. Semua aplikasi dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala berarti. Singkatnya, performa khas ponsel kelas atas.

Untuk gaming pun cukup menyenangkan. Judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile lancar. Sementara game yang lebih berat seperti Genshin Impact bisa dimainkan dengan nyaman selama Anda tidak memaksakan pengaturan grafis ke yang paling tinggi. Yang penting, game-nya berjalan dengan stabil.

Selama digunakan bermain game secara intens saya merasakan peningkatan suhu yang lumayan pada bodi Galaxy S21 FE 5G. Hanya hangat saja, dan sejauh ini saya belum pernah mengalami panas yang berlebihan sampai mengganggu kenyamanan.

Soal baterai, Galaxy S21 FE 5G ditenagai baterai 4.500 mAh yang dapat menemani aktivitas saya dari pagi hingga malam hari. Sekali lagi saya ingatkan Anda tidak akan dapat charger dalam dus penjualannya. Untungnya saya punya charger 25W Samsung yang mampu mengisi daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh 100 persen dalam waktu sekitar 1 jam.

Salah satu opsi menarik di kelas harganya

Ya, Galaxy S21 FE 5G adalah salah satu opsi menarik yang bisa Anda dapatkan jika memiliki budget kurang dari 10 juta rupiah. Belum bisa disebut smartphone terbaik di kelasnya, tapi punya banyak keunggulan yang patut diapresiasi.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dijual dengan harga Rp8.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp9.999.000 untuk varian 8/256 GB.

Samsung Galaxy S21 FE 5G Graphite White Olive Lavender

 

Samsung Galaxy S21 FE 5G cocok untuk:

  • Penggemar media sosial: Anda yang gemar foto-foto dan mengunggahnya ke media sosial bisa mengandalkan kamera Galaxy S21 FE untuk hasil yang bagus.
  • Vlogger: Kemampuan perekamannya videonya baik dan stabil. Cocok untuk menciptakan konten seperti vlog.
  • Pelajar/mahasiswa: Dari segi harga mungkin agak tinggi untuk sebagian besar pelajar. Tapi soal fitur, Galaxy S21 FE 5G termasuk komplit untuk menunjang produktivitas dan kreativitas anak muda.
  • Karyawan: Performa yang cukup seimbang di hampir sektor membuat ponsel ini cocok untuk bekerja. Samsung juga memberikan fitur pendukung produktivitas seperti DeX dan Link to Windows.
  • Penggemar Netflix/drama Korea: Layar ponsel ini amat memanjakan mata, dan cocok untuk menonton konten-konten dari layanan streaming seperti Netflix dengan kualitas HD.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE 5G:

  • Desain bagus dan cukup nyaman digenggam
  • Layar istimewa
  • Kamera utama mampu mengabadikan momen dengan baik di berbagai kondisi
  • Kualitas kamera ultra-wide dan tele cukup oke
  • Kamera selfie tajam
  • Perekaman video stabil, bisa sampai 4K 60fps
  • Performa bertenaga, asyik untuk gaming
  • Sertifikasi IP68
  • Banyak fitur bawaan yang berguna di OneUI 4
  • Speaker stereo kencang

Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G:

  • Tidak ada slot microSD
  • Kemampuan charging belum secepat pesaingnya
  • Layar tanpa fitur adaptive refresh rate
  • Paket penjualan minim
Samsung Galaxy S21 FE 5G Graphite White Olive Lavender
Samsung Galaxy S21 FE 5G
Galaxy S21 FE 5G adalah salah satu opsi menarik yang bisa Anda dapatkan jika memiliki budget kurang dari 10 juta rupiah
8.4
Back to top button