Quantcast
Mobile GadgetNewsTablet Android

5 Fitur Baru Samsung Galaxy Tab S8 Ultra, Tablet dengan Layar 14,6 Inci

Samsung, Jumat (11/2), mengumumkan kehadiran Galaxy Tab S8 Series di Indonesia. Untuk pertama kalinya pula, Samsung menawarkan seri Ultra di jajaran tabletnya. Satu hal yang paling menarik dari tablet bernama Galaxy Tab S8 Ultra ini adalah ukuran layarnya yang super besar.

Dari segi harga, Galaxy Tab S8 Ultra memang tergolong lebih premium dibanding dua saudaranya. Meski begitu, hardware dan fitur baru yang ditawarkannya bisa dibilang sepadan. Penasaran? Yuk, langsung saja simak 5 fitur baru yang bisa ditemukan di Galaxy Tab S8 Ultra:

1. Layar Super AMOLED 14,6 inci

Galaxy Tab S8 Ultra

Seperti disebutkan di atas, Galaxy Tab S8 Ultra mengusung layar 14,6 inci. Panel yang digunakan adalah Super AMOLED dengan resolusi 2960 x 1848 pixel, 240ppi, dan refresh rate 120Hz. Dengan ukuran sebesar ini tentunya konten dapat ditampilkan dengan lebih memuaskan. Sebagai kanvas gambar pun jelas lebih luas. Selain itu, bezel di pinggiran layarnya pun tipis, hanya 6,3mm saja.

Menurut Samsung, dengan layar yang lebih besar pengguna juga lebih leluasa untuk membagi layar menjadi beberapa window yang bisa diatur besar-kecilnya. Multitasking bisa dilakukan secara bersamaan tanpa harus repot berpindah antar aplikasi. Cari inspirasi, jelajahi website, hingga tambahkan catatan di slide presentasi, semuanya langsung dalam satu tampilan.

2. S Pen baru dan Clip Studio Paint

Sama seperti generasi sebelumnya, Galaxy Tab S8 Ultra memiliki dukungan S Pen. Samsung mengklaim telah menyempurnakan S Pen baru ini dengan algoritma prediksi untuk menghasilkan latensi yang amat rendah. Pengalaman menulisnya dijanjikan mirip dengan mengguratkan pena di atas kertas.

05 Galaxy Tab S8 Ultra book cover open with pen

Untuk pertama kalinya, Samsung mengumumkan kemitraan eksklusif dengan Clip Studio Paint. Software ini dapat mengubah smartphone menjadi palet warna digital, S Pen menjadi kuas lukis, dan layar besar Galaxy Tab S8 series menjadi kanvas. Pengguna disediakan kustomisasi tool, pilihan kuas yang sesuai, hingga kemudahan untuk memilih warna asli dari foto yang diambil lewat smartphone yang tersinkronisasi.

3. Kamera selfie ganda dan fitur Auto Framing untuk video call

Galaxy Tab S8 Ultra dibekali kamera selfie ganda yang terdiri dari 12 MP wide dan 12 MP ultra-wide. Pengguna kini bisa melakukan panggilan video dengan kualitas 4K. Bukan cuma itu, Samsung juga membenamkan teknologi Auto Framing yang secara otomatis membuat pengguna tetap berada di tengah fokus kamera selama video call berlangsung.

Kerennya lagi, Auto Framing disertai kemampuan melakukan zoom in dan zoom out saat ada partisipan yang baru bergabung di lokasi pengguna. Suara diklaim terdengar jernih berkat tiga mikrofon presisi yang menggunakan teknologi noise reduction untuk mencegah masuknya suara latar yang tidak diinginkan.

Tidak ketinggalan, Samsung menanamkan Quad Speakers with Dolby Atmos untuk memaksimalkan kualitas audionya. Samsung juga telah bermitra dengan Google untuk menghadirkan pengalaman video call dan live sharing yang lebih baik melalui Google Duo.

Bagi kreator konten dan streamer, Galaxy Tab S8 Ultra dapat merekam tutorial dan gameplay online dengan mudah menggunakan Selfie Video yang dapat dikustomisasi, yang telah ada dalam fitur Screen Recorder. Dengan tool editing video premium LumaFusion yang akan segera hadir di Galaxy, pengguna dapat memanfaatkan Tab S8 Series dan S Pen untuk mengedit video 4K secara presisi.

“Berpijak pada inovasi selama bertahun-tahun dalam pengalaman mobile, kami menyempurnakan Galaxy Tab S8 series, dan mendorong batasan akan apa yang dimungkinkan ada dalam sebuah tablet melalui Galaxy Tab S8 Ultra yang pertama,” kata TM Roh, President & Head of MX Business, Samsung Electronics.

4. Performa didukung Snapdragon 8 Gen 1

Dari sektor performa, Galaxy Tab S8 Ultra mengandalkan chipset paling kencang Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4nm. Galaxy Tab S8 Ultra juga memiliki RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

06 Galaxy Tab S8 Ultra with book cover keyboard

5. Baterai 11.200 mAh

Dibanding kedua saudaranya, Galaxy Tab S8 Ultra punya kapasitas baterai yang paling besar, yaitu 11.200 mAh. Samsung tidak lupa menambahkan teknologi Super Fast Charging 2.0 45W untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Selain lima fitur di atas, Galaxy Tab S8 Ultra tetap membawa beragam fitur yang sudah lebih dulu hadir di generasi sebelumnya. Salah satunya adalah dukungan Samsung DeX untuk penggunaan layaknya PC. Ada pula fitur Quick Share untuk berbagi foto, video, dan file antar perangkat dua kali lebih cepat dari sebelumnya. Dari segi keamanan, Samsung Knox masih menjadi andalan.

02 Family Galaxy Tab S8 Ultra graphite Galaxy Tab S8 Plus silver Galaxy Tab S8 graphite

Harga Galaxy Tab S8 Ultra

Bagi yang berminat, Galaxy Tab S8 Ultra bersama dengan Galaxy Tab S8 dan Galaxy Tab S8+ saat ini sudah bisa dipesan di Indonesia. Pre-order dibuka hingga 3 Maret 2022 mendatang melalui www.samsung.com/id. Berikut informasi harganya:

  • Galaxy Tab S8 Ultra dijual dengan harga Rp19.999.000 untuk varian 5G pada warna Graphite.
  • Galaxy Tab S8 dijual dengan harga Rp9.999.000 untuk varian Wifi warna Graphite, dan Rp 12.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold.
  • Galaxy Tab S8+ dijual dengan harga Rp16.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold.

Pre order Tab S8 Series

Artikel terkait

Back to top button