Samsung Exynos Auto T5123: Chip 5G yang Dirancang untuk Mobil

Samsung mengumumkan kehadiran deretan chipset terbarunya yang kali ini ditujukan untuk segmen otomotif. Salah satunya adalah Exynos Auto T5123, yang diklaim sebagai chip 5G pertama untuk industri otomotif yang mengadopsi teknologi 5G.

Fitur Samsung Exynos Auto T5123

Samsung Exynos Auto

Exynos Auto T5123 merupakan 3GPP Release 15 telematics control unit, yang menurut Samsung dirancang secara spesifik untuk menghadirkan koneksi 5G yang cepat dan mulus, baik Standalone (SA) maupun Non-standalone (NSA) untuk mobil generasi mendatang.

Chip ini nantinya akan mengirimkan beragam informasi penting ke mobil secara real-time, tentunya berkat kemampuan download berkecepatan tinggi hingga 5.1 Gbps.

Yang lebih menarik, Samsung Exynos Auto T5123 juga mendukung interface PCIe dan LPDDR4X mobile DRAM yang hemat daya untuk memroses data yang diterima melalui modem 5G. Ada pula CPU 2-core Cortex-A55 serta built-in Global Navigation Satellite System (GNSS). Saat ini Exynos Auto T5123 sudah masuk tahap produksi.

Samsung Exynos Auto V7

Selain Exynos Auto T5123, Samsung juga memperkenalkan Exynos Auto V7 yang dirancang untuk sistem infotainment pada kendaraan. Chipset ini dibekali CPU 8-core Cortex-A76 1.5GHz dan GPU Mali G76. GPU tersebut terpisah dalam dua grup, yaitu 3-core ‘kecil’ untuk display dan AR-HUD, serta 8-core ‘besar’ untuk Central Information Display dan yang lainnya.

Exynos V7 juga memiliki NPU untuk urusan asisten virtual yang nantinya dapat mendukung fitur pengenal wajah, suara, maupun gesture. Bahkan, chipset ini juga ideal untuk penggunaan hingga 4 display dan 12 kamera. Ada pula tiga HiFi 4 audio processor serta LPDDR4X hingga kapasitas 32 GB. Sama seperti Auto T5123, Auto V7 juga telah masuk tahap produksi. Terakhir, Samsung turut merilis S2VPS01 sebagai Power Management IC dengan sertifikasi ASIL-B untk Auto T5123 dan Auto V7.

Your email address will not be published. Required fields are marked *