[Tips] Cara Menampilkan Konten Hiburan dari OPPO Reno6 ke Layar TV

Di masa pandemi seperti sekarang ini, menghabiskan waktu di rumah saja tentunya bisa terasa membosankan. Untuk mengusir kejenuhan, smartphone menjadi salah satu perangkat yang paling diandalkan oleh para pengguna untuk mengakses beragam konten hiburan.

Tapi bagaimana jika Anda ingin menikmati hiburan di layar yang lebih besar seperti TV pintar agar lebih nyaman ditonton bersama keluarga? OPPO baru-baru ini membagikan tips menarik untuk menampilkan konten hiburan dari smartphone andalannya, Reno6, ke layar TV. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Cara Menampilkan Konten Hiburan dari OPPO Reno6 ke Layar TV

Ada sejumlah metode yang bisa digunakan untuk menghubungkan OPPO Reno6 ke layar TV. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

1. Manfaatkan Fitur Screencast

OPPO Reno6

Yang pertama adalah menggunakan fitur Screencast. Di OPPO Reno6, fitur tersebut bisa Anda temukan di dalam menu Settings. Nyalakan terlebih dahulu Location permissions dengan cara memilih antara Allow all the time, Allow only while using the app, Ask every time, atau Deny.

Yang perlu digarisbawahi, pastikan ponsel dan perangkat smart TV terkoneksi ke jaringan yang sama atau pesawat televisi memiliki fitur wireless yang sudah menyala. Hubungkan keduanya agar film yang sedang diputar di smartphone bisa tampil di layar TV.

2. Gunakan Google Chromecast Ultra

Perangkat garapan Google berupa dongle HDMI ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang belum memiliki Smart TV. Chromecast Ultra bisa digunakan untuk memutar konten audio dan visual, seperti film atau streaming musik.

Cara menggunakannya pun amat mudah. Cukup hubungkan Chromecast ke TV lewat port HDMI. Aktifkan koneksi Wi-Fi untuk proses sinkronisasi dan pastikan ponsel dan chromecast terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

svg%3E

Selanjutnya buka aplikasi Google Home di smartphone dan pilih akun Google Anda di bagian bawah. Pastikan juga akun yang dipilih sudah terverifikasi dan tersambung ke Chromecast. Pilih opsi “Local Devices” untuk menemukan perangkat TV dan di bagian bawah, pilih “Device Settings” untuk melihat daftar TV yang terhubung ke akun Google.

3. Screen Mirroring

Cara selanjutnya adalah melalui Screen Mirroring melalui aplikasi Google Home. Anda tetap memerlukan Chromecast atau smart TV yang kompatibel untuk bisa menggunakan fitur ini. Aktifkan koneksi Wi-Fi untuk proses sinkronisasi, lalu pastikan OPPO Reno6 dan TV terhubung ke jaringan yang sama.

Buka aplikasi Google Home dan pilih akun Google kamu di bagian kanan bawah. Selanjutnya pilih opsi “Mirror Device” dan tunggu nama perangkat TV yang muncul di smartphone. Terakhir, klik opsi “Cast Screen or Audio” untuk langsung terhubung ke perangkat televisi secara otomatis.

svg%3E

4. Gunakan converter USB Type-C to HDMI

Ada pula cara lainnya yaitu menggunakan converter USB Type-C to HDMI. Cukup hubungkan ke port USB Type-C di smartphone OPPO Reno6 dengan HDMI di layar televisi. Selain Type-C, kamu juga bisa menggunakan Micro USB to HDMI Adapter (untuk ponsel lainnya). Cara yang mudah dan bisa diterapkan pada TV apapun, tapi kekurangannya adalah kurang leluasa karena terhubung lewat kabel.

5. Streaming lewat Aplikasi DLNA

Terakhir adalah streaming lewat aplikasi DLNA. Anda yang memiliki TV pintar bisa memanfaatkan aplikasi DLNA agar smartphone OPPO Reno6 dapat langsung terhubung ke TV tersebut. DLNA (Digital Living Network Alliance) merupakan sebuah protokol untuk streaming yang memungkinkan beberapa perangkat tertentu seperti TV atau kotak media di jaringan untuk menemukan konten media yang tersimpan di komputer.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Perlu diketahui bahwa beberapa cara di atas juga bisa diterapkan oleh pemilik ponsel OPPO seri lainnya. Jadi, tidak harus Reno6. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Verified by MonsterInsights