[Tips] Cara Menghapus Semua Email di Gmail Sekaligus

Anda pengguna Gmail yang kapasitas penyimpanannya sudah mulai penuh? Dengan storage yang hanya 15 GB saja (untuk free user), wajar jika dalam waktu beberapa tahun Anda mulai kesulitan untuk menyediakan ruang untuk email yang akan masuk.

Gmail

Cara paling mudah adalah dengan berlangganan Google One. Biaya termurahnya hanya Rp26.900 per bulan, dan Anda akan mendapatkan cloud storage sebesar 100 GB. Namun kalau tidak ingin mengeluarkan uang, cara lainnya adalah dengan menghapus email-email lama sampai ruang penyimpanan Anda lega kembali.

 

Nah, jika email yang masuk jumlahnya ribuan, kabar baiknya ada cara cepat untuk menghapus semua sekaligus. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Cara Menghapus Semua Email di Gmail Sekaligus

Yang perlu digarisbawahi, untuk melakukan trik ini Anda dianjurkan untuk membuka Gmail melalui browser di PC. Setelah Gmail terbuka, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Di Kotak Masuk, pilih kategori apa yang ingin Anda hapus sekaligus. Biasanya, email-email yang tidak penting terkumpul di bagian Promosi atau Sosial. Pilih yang Anda inginkan.

2. Klik “tanda panah ke bawah” tepat di sebelah kotak kosong yang posisinya ada di pojok kiri atas, lalu pilih “Semua“.

svg%3E

3. Secara default, Gmail hanya akan menandai 50 email yang ada di halaman tersebut. Untuk memilih semuanya sekaligus, klik pada teks berwarna biru yang bertuliskan “Pilih (jumlah email) percakapan di (Sosial/Promosi) seluruhnya“.

4. Selanjutnya, pilih icon “tempat sampah” untuk menghapus.

5. Terkadang semua email tersebut akan masuk ke folder “Sampah” selama 30 hari. Cek folder tersebut dengan cara scroll ke bawah di sisi sebelah kiri, klik ‘Selengkapnya‘, lalu klik ‘Sampah‘. Anda bisa mengosongkan folder ‘Sampah‘ dari sini.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Semoga artikel kali ini bermanfaat!