Quantcast
OperatorIndosat

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Komersial di Jakarta

Indosat Ooredoo baru-baru ini mengumumkan peluncuran layanan 5G di Jakarta. Menurut Indosat Ooredoo, layanan 5G akan memberikan akses ke Internet broadband seluler yang lebih baik bagi pelanggan konsumen dan bisnis, yang akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi Jakarta serta mendukung era industri 4.0.

Kolaborasi dengan Ericsson dan mitra strategis lainnya

Indosat Ooredoo 5G 1

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, dijelaskan bahwa peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo melibatkan mitra-mitra strategis, termasuk Ericsson, Qualcomm, Indocyber, SONAR, Sari Technology x Universitas Gunadharma, Bosch, dan MPS. Ericsson memperkuat jaringan 5G melalui rangkaian produk dan solusi Ericsson Radio System, termasuk Ericsson Spectrum Sharing.

Saat ini, Ericsson memiliki 145 perjanjian 5G komersial dan kontrak dengan penyedia layanan komunikasi di seluruh dunia, termasuk 95 jaringan 5G komersial live. Ooredoo Group dan Ericsson menandatangani perjanjian 5G strategis lima tahun awal tahun ini yang mencakup 10 perusahaan yang beroperasi di Grup, termasuk Indonesia.

Kecepatan tinggi, latensi rendah, dan kemampuan penanganan data yang besar dari teknologi ini juga akan membantu mendorong peluang Industri 4.0 bagi kalangan pebisnis, industri, dan sektor publik Indosat Ooredoo.

Selain itu, teknologi 5G akan memungkinkan berbagai macam use case generasi berikutnya yang unik dan mendorong inovasi. Industri manufaktur perkotaan, pelayanan publik, dan kesehatan termasuk di antara banyak sektor yang akan mendapat manfaat dari 5G.

“Kami percaya, teknologi 5G dengan berbagai use case-nya akan merevolusi kegiatan operasional di industri dan bisnis, maupun cara konsumen mengakses layanan publik dan hiburan. Dengan peluncuran ini, Indosat Ooredoo mendorong revolusi 5G Indonesia dan menggerakkan bangsa menuju era 5G dan masa depan yang cerah,” kata Ahmad Al-Neama, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo.

Beberapa contoh use case 5G yang ditingkatkan mencakup mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil; teknologi pengawasan pintar seperti drone dan smart CCTV; smart electricity yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga; aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh; dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360, dan virtual reality.

Indosat Ooredoo 5G 2

Ketersediaan layanan 5G Indosat Ooredoo

Perlu diketahui bahwa layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta masih berada di area terbatas, seperti Kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka, dan kantor pusat Indosat. Menyusul peluncuran 5G di Jakarta, Indosat Ooredoo berencana untuk memperluas peluncuran komersial layanan 5G ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Surabaya dan Makassar.

Back to top button