Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review Kamera OPPO Reno 6

Reader Rating2 Votes
8.1
8.3
Cek Harga

OPPO kembali menghadirkan seri Reno terbaru yaitu Reno 6. Ada beberapa fitur baru yang dibawa Reno6, terutama di sektor kamera. Dan itulah yang akan kami ulas di artikel ini.

Dari sisi spesifikasi, tidak banyak yang berubah. Kamera depan Reno6 masih mengusung kamera 44 megapixel, sedangkan ada empat kamera belakang yang menonjolkan kamera utama 64 megapixel dengan lensa f/1.7, kamera ultra-wide 8 megapixel dengan lensa f/2.2 serta kamera makro 2 megapixel dan kamera mono 2 megapixel dengan lensa f/2.4.

Walaupun sekilas sama, pengujian kami menemukan bahwa ada peningkatan kualitas foto dan video yang cukup kentara. Memang tidak drastis, tapi foto dan video Reno6 dalam kondisi tertentu akan terlihat lebih baik dibandingkan Reno5. Berikut ulasan lengkap kamera OPPO Reno6.

Bokeh Flare Portrait

Satu fitur baru yang diperkenalkan eksklusif di Reno6 adalah Bokeh Flare Portrait. Fitur ini bisa bekerja di mode foto maupun video. Dengan fitur ini, Reno6 dapat menghasilkan bokeh yang mirip seperti kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa bukaan besar. Selain efek bokeh yang halus, mode ini juga tetap menjaga ketajaman pada subyek sehingga hasilnya bisa mirip seperti kamera profesional.

Dalam prakteknya, fitur ini akan lebih efektif saat merekam subyek dengan latar yang penuh pola seperti lampu neon di jalanan kota, kumpulan dedaunan di pohon, atau obyek berbentuk bulat dengan warna yang berbeda. Anda perlu memperhatikan pencahayaan untuk subyek di depan. Jika terlalu gelap, maka efeknya akan kurang berhasil. Satu caranya, Anda bisa menyorotkan lampu senter ke arah subyek.

Berikut contoh hasil foto dan video dalam mode Bokeh Flare Portrait tanpa penyuntingan, yang diambil oleh Rio Motret.

Foto karya Rio Motret

[Reno6] Interest - Billy

[Reno6] Nostalgia - Vanesha

Foto redaksi YANGCANGGIH.COM

VID20210714072350

Bokeh Flare Portrait juga dapat digunakan di kamera depan, seperti contoh video berikut. Efek bokeh cukup rapi, selama jarak subyek ke latar cukup jauh.

Bokeh flare portrait video kamera depan

Untuk kerapian efek bokeh di mode Portrait, Reno6 cukup rapi dan mampu memisahkan subyek dan latar dengan baik. Dengan catatan, jarak subyek ke latar cukup jauh dan tidak ada benda dengan pola rumit di dekat subyek. Berikut contoh perbandingan mode Portrait dan Normal.

Mode Photo biasa
normal mode

Mode Portrait
Portrait mode

AI Highlight Video

Fitur menarik lain yang juga semakin disempurnakan di Reno6 adalah AI Highlight Video. Ada dua keunggulan yang dibawa fitur ini. Pada kondisi cahaya terang dengan kontras tinggi, AI Highlight Video akan dapat merekam video dengan rentang dinamis lebih baik atau video HDR. Sedangkan jika digunakan di kondisi remang-remang, fitur ini akan berfungsi seperti Night Mode. Berikut contoh AI Highlight Video di malam hari.

AI Highlight video

Seperti terlihat, AI Highlight Video dapat mengenali bahwa ponsel sedang merekam pemandangan dengan langit dan meningkatkan kecerahan serta saturasi warna biru langit di kala senja. Untuk mencapai hasil video yang lebih terang, kecepatan rana (shutter speed) dan ISO diturunkan sehingga hasil video terlihat relatif bersih dari noise yang mengganggu. Hanya saja ini berarti tangan Anda diharapkan stabil dan tidak banyak bergerak untuk hasil optimal.

Hasil foto OPPO Reno6 di kondisi cahaya ideal

Tidak ada yang perlu diragukan dari kamera Reno6 saat memotret di kondisi cahaya ideal. Warna yang cemerlang dengan ketajaman yang baik dapat ditemukan di hasil fotonya. Saat memotret dari jarak dekat (tanpa mode makro), detil dan ketajaman juga bagus.

Berikut beberapa hasil foto kamera utama OPPO Reno6 tanpa penyuntingan.

IMG20210713162401

IMG20210713150106

normal

IMG20210713080005

Jika ada sedikit keluhan, ada pada exposure yang sering terlalu terang sehingga membuat bayangan atau area berwarna hitam menjadi abu-abu. Detil pada obyek yang kompleks seperti dedaunan yang rimbun akan terlihat kurang tajam jika foto diperbesar. Satu cara praktis mengatasinya adalah mematikan HDR. Berikut perbandingan foto dengan HDR aktif dan non aktif.

HDR non aktif

HDR on

HDR aktif

HDR off

Sekali lagi, pengurangan detil tersebut hanya akan terlihat jika foto dicermati di layar besar atau diperbesar hingga 100% di layar ponsel. Jadi sebagian besar pengguna tidak akan terganggu dengan hal ini.

Hasil foto dari kamera ultra lebarnya juga baik di kondisi cahaya ideal, dengan warna yang tetap cemerlang seperti kamera utama. Walaupun begitu, ketajaman dari kamera ultra lebarnya masih di bawah kamera utama.

ultra wide reno 6

Tidak ada lensa telephoto di Reno6, Tapi jika Anda memotret di kondisi cahaya yang terang di luar ruangan, hasilnya akan cukup baik. Berikut perbandingan hasil foto OPPO Reno6 dalam berbagai setting lensa.

normal
ultra wide

2x zoom
normal 1x zoom

5x zoom
zoom 5x

Mode 64MP

Jika diinginkan, Anda dapat menghasilkan foto 64 megapixel yang punya ukuran file lebih besar. Tidak ada keuntungan memotret 64 megapixel jika hasilnya hanya akan dibagikan di media sosial atau dilihat di layar ponsel saja. Mode ini lebih berguna jika Anda ingin mencetak foto berukuran besar (lebar 1 meter misalnya) atau ingin melakukan cropping. Dari pengujian, tidak ada peningkatan kualitas dari sisi detil maupun ketajaman dibanding mode normal yang menghasilkan foto 12 megapixel. Berikut contoh foto 64 megapixel Reno6 tanpa penyuntingan.

64 megapixel

64 megapixel

Hasil foto pada kondisi cahaya temaram

Untuk memotret di malam hari, Reno6 mengandalkan Night Mode. Dalam kondisi cahaya remang-remang, hasilnya termasuk baik. Obyek dan bayangan gelap akan dapat terkoreksi dengan baik untuk menghasilkan foto yang berimbang pencahayaannya seperti pada contoh foto berikut.

Night mode

Night mode

Berikut perbandingan antara Normal Mode dan Night Mode OPPO Reno6.

Normal mode
Normal mode

Night Mode
Night mode

Detil pada foto juga cukup baik, selama kondisi cahaya tidak terlalu gelap. Untuk hasil terbaik, pastikan tangan Anda tetap stabil dan tidak bergerak hingga gambar selesai diproses.

Bagi yang sudah menguasai teknik fotografi dasar, juga bisa berkreasi dengan Expert Mode atau mengatur exposure pada Normal Mode agar mendapatkan foto yang sesuai keinginan. Berikut contoh foto lowlight yang diambil dalam Normal Mode dengan pengaturan exposure.

IMG20210713173519

Jika foto ini diambil dengan Night Mode, maka area bayangan yang gelap akan menjadi terang dan foto akan memiliki mood yang berbeda.

Kualitas video OPPO Reno6

Untuk menghasilkan rekaman video yang stabil dan tidak berguncang seperti naik mobil off-road, OPPO Reno6 telah dilengkapi mode Ultra Steady yang mengandalkan E.I.S (Electronic Image Stabilizer) yang dapat mengurangi efek guncangan tangan maupun gerakan pengguna saat merekam video.

Hasilnya cukup efektif untuk menghasilkan video yang halus, walaupun tetap belum seefektif gimbal. Yang perlu diperhatikan, pastikan gerakan tangan dan kaki Anda tidak terlalu cepat agar hasil video lebih halus. Berikut perbandingan hasil video tanpa dan menggunakan Ultra Steady.

4K

ultra steady

Sebagai catatan, video Ultra Steady maksimal hanya bisa direkam dalam resolusi Full HD. Berikut satu lagi contoh video dengan Ultra Steady.

ultra steady

Mikrofon Reno6 juga mampu merekam suara dengan jernih dan jelas, selama jaraknya masih cukup dekat. Pada kondisi luar ruangan yang penuh angin, memang ada suara desiran angin yang masuk tapi masih termasuk minim untuk sebuah smartphone.

Peningkatan kecil yang berarti

Kualitas foto dan video masih menjadi faktor penting konsumen Indonesia memilih smartphone dan dua hal itu terus diseriusi OPPO. Terbukti dengan kemunculan Reno6 yang lebih mementingkan optimalisasi fitur dan software, termasuk di sisi kamera.

Hasil foto yang menawan di berbagai kondisi cahaya, ditambah efek bokeh yang cukup meyakinkan jika digunakan di momen dan kondisi yang tepat, menjadi senjata Reno6 untuk menaklukkan hati konsumen kelas menengah di Indonesia.

Efek Bokeh Flare Portrait yang bisa digunakan untuk video ini juga membuat Reno6 layak dipertimbangkan vlogger atau pengguna yang merekam video di rumah tapi ingin menghilangkan latar yang mengganggu estetika video.

Mengombinasikan fitur unik dan hasil foto video yang baik, OPPO Reno6 tidak hanya cocok digunakan pengguna konten pemula tapi juga bagi Anda yang membutuhkan ponsel dengan kamera oke di sisi foto dan video. Bagi pengguna OPPO seri F dan seri A yang ingin ganti ponsel, Reno6 bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kelebihan OPPO Reno6
+ Hasil foto kamera utama dan ultra lebar amat baik di kondisi cahaya ideal
+ Mode AI dapat meningkatkan saturasi warna dengan halus dan tidak berlebihan
+ Efek Bokeh Flare Portrait bisa digunakan di kamera depan dan belakang, untuk foto dan video
+ Efek Bokeh cukup rapi di kondisi cahaya terang
+ Ultra steady untuk video cukup efektif meredam efek guncangan
+ Foto dalam Night Mode bagus
+ Kualitas foto dan video selfie dari kamera depan amat baik
+ UI kamera lebih praktis dibandingkan seri OPPO sebelumnya
+ Hasil video 4K amat baik untuk smartphone di kelasnya
+ Zoom digital cukup baik untuk dilihat di layar

Kekurangan OPPO Reno6
– Ada kecenderungan overexposure dalam kondisi cahaya dengan kontras tinggi
– Kamera ultra lebar kurang oke di kondisi minim cahaya
– AI Highlight Video di malam hari kurang efektif jika pengguna bergerak
– Mode 64 megapixel dan makro kurang berguna
– Ultra Steady hanya dapat digunakan di resolusi Full HD dan HD

Review Kamera OPPO Reno 6
Mengombinasikan fitur unik dan hasil foto video yang baik, OPPO Reno6 tidak hanya cocok digunakan pengguna konten pemula tapi juga bagi Anda yang membutuhkan ponsel dengan kamera oke di sisi foto dan video. Bagi pengguna OPPO seri F dan seri A yang ingin ganti ponsel, Reno6 bisa menjadi pilihan yang menarik.
Fitur & Performa
8.5
Hasil Foto
9
Hasil Video
7.5
Reader Rating2 Votes
8.1
8.3
Cek Harga