Review OASE QCY T1C

TWS Murah dengan Bass Bertenaga

Dari sekian banyak TWS murah yang bisa ditemukan di e-commerce Indonesia, OASE QCY T1C mungkin termasuk salah satu yang paling menggiurkan. Pasalnya, dengan harga sekitar 200 ribuan rupiah saja, perangkat ini mampu menghadirkan audio yang terdengar asyik dan latency-nya pun terbilang rendah.

Penasaran seperti apa pengalaman kami selama menggunakan OASE QCY T1C? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

TWS ringan dan nyaman di telinga

Pertama kita bahas soal desain dulu. Ada satu hal yang cukup unik dari model casing QCY T1C. Oase mengadopsi desaing casing yang terbuka tanpa adanya penutup seperti yang biasa ditemukan di casing TWS pada umumnya. Jadi Anda bisa mengeluarkan dan memasukkan kembali earbud secara langsung.

 

Dari segi kepraktisan sesungguhnya tidak istimewa. Membuka penutup bukanlah sesuatu yang merepotkan. Untungnya, connector magnetic pada bagian dalam casing mampu menahan kedua earbuds secara kuat, sehingga tidak mudah lepas atau jatuh.

Meski begitu, kami merasa desain casing seperti ini kurang memberikan rasa aman dan bagian dalamnya rawan dimasuki kotoran seperti debu. OASE QCY T1C sendiri sesungguhnya sudah memiliki sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air atau keringat. Tapi jujur kami akan lebih tenang jika casing ini punya penutup. Ketika di bawa di dalam tas atau saku pun akan lebih aman.

Material casing-nya dominan plastik. Kualitas rancang bangun-nya terlihat cukup baik meski terasa agak kurang kokoh. Tidak ada tombol apapun di bagian casing, yang ada hanyalah port (yang sayangnya masih) microUSB untuk mengisi daya beserta lampu indikator.

Kalau untuk earbuds-nya sendiri kurang lebih tampilannya agak mirip Mi True Wireless Earbuds Basic. Materialnya sama, plastik, dan dalam paket penjualannya sudah disediakan dua pasang eartips ekstra dengan ukuran yang berbeda. Jadi total ada tiga pasang eartips termasuk yang sudah menempel di earbuds.

 

Dimensi housing-nya agak besar. Mungkin bagi sebagian pengguna dengan ukuran telinga yang kecil akan sulit untuk memakai OASE QCY T1C dengan sempurna. Namun kalau ukuran telinga Anda agak besar seperti kami, TWS ini cukup nyaman untuk pemakaian dalam durasi yang lama dan terasa fit dengan kontur telinga.

Perlu diketahui bahwa OASE QCY T1C masih menggunakan tombol fisik dan belum mendukung touch command. Sebenarnya kami tidak ada masalah dengan tombol fisik dan menurut kami cukup wajar untuk ukuran TWS di kelas harganya. Meski begitu, unit yang kami review tombolnya harus ditekan dengan sedikit tenaga ekstra, yang akibatnya eartips justru semakin masuk terlalu dalam ke lubang telinga sehingga menimbulkan sensasi kurang nyaman.

TWS murah dengan kualitas audio mumpuni

Harganya memang hanya 200 ribuan rupiah, tapi kami cukup terkejut karena ternyata kualitas audionya patut diacungi jempol. OASE QCY T1C mengandalkan Dynamic Driver HD Sound 6mm di masing-masing earbud. TWS ini juga mendukung HD audio codec AAC/SBC.

Untuk tuning audionya, Bass-nya terasa sedikit lebih dominan, dengan mid dan high yang juga masih terdengar jelas alias tidak tertutup oleh bass. Cocok untuk Anda yang menyukai karakter audio yang lebih ke arah warm dengan bass yang bertenaga.

Saat dicoba mendengarkan lagu The Script – For The First Time, kami merasa pemisahan setiap instrumen terdengar dengan jelas. Sound stage-nya cukup baik. Vokal dan gitar terdengar jernih dengan bass yang dinamis, dan hentakan kick drum yang juga lebih punchy.

Beralih ke lagu Daft Punk – Get Lucky, OASE QCY T1C cukup mampu menyajikan setiap instrumen dari lagu ini dengan baik. Sound stage-nya juga cukup jelas. Di lagu ini frekuensi low terasa lebih dominan tapi nilai plusnya tidak sampai menutupi mid dan high. Posisi vokal juga tetap terdengar di depan.

Sementara untuk genre rock seperti lagu Alter Bridge – Metalingus, kualitas audionya menurut kami OASE QCY T1C juga mampu menanganinya dengan baik. Menikmati dengan volume yang lebih keras sejauh ini juga tidak menimbulkan distorsi yang mengganggu. Oh iya, bicara soal volume, OASE QCY T1C mampu menghasilkan suara yang keras!

Isolasi suara juga lumayan oke berkat eartips yang agak tebal dan mampu menutup lubang telinga kami dengan baik. Sedikit membahas soal baterai, OASE QCY T1C bisa menyala selama 20 jam kalau digabungkan dengan daya yang ada pada casingnya.

Asyik untuk nonton film

Dari segi latency, OASE QCY T1C tergolong lumayan di kelasnya. Saat digunakan untuk menonton film atau video di YouTube pengalaman yang kami dapat cukup baik. Meski begitu, ketika di ajak bermain game seperti Call of Duty Mobile, barulah delay suaranya lebih terasa.

Aplikasi QCY yang multifungsi

OASE QCY T1C juga telah dibekali aplikasi pendamping bernama QCY (bisa diunduh di Play Store). Untuk ukuran TWS murah, banyak kostumisasi yang bisa Anda lakukan melalui aplikasi tersebut. Seperti mengubah fungsi tombol pada earbuds, mengatur equalizer untuk menyesuaikan karakter audio sesuai selera, hingga fitur search untuk menemukan lokasi earbuds dengan cara mengeluarkan bunyi. Fitur wajib bagi Anda yang mudah lupa meletakkan barang.

Opsi menarik untuk yang mencari TWS murah

Kesimpulannya, OASE QCY T1C adalah opsi menarik yang wajib Anda pertimbangkan ketika Anda sedang mencari TWS murah. Dengan dana hanya Rp239.000 saja, Anda bisa mendapatkan kualitas audio yang menurut kami tergolong salah satu yang terbaik di kelasnya.

Kelebihan OASE QCY T1C:

  • Ringan dan cukup nyaman dipakai
  • Kualitas suara mantap: bass punchy, mid dan high pun jelas
  • Sound stage cukup luas
  • Delay mini saat digunakan menonton video
  • Ada fitur untuk mengutak-atik equalizer secara manual lewat aplikasi
  • Fitur search di aplikasi QCY memudahkan mencari earbuds
  • Sertifikasi IPX4
  • Harga relatif murah

Kekurangan OASE QCY T1C:

  • Casing tanpa penutup
  • Tombol pada earbuds agak sulit ditekan satu jari
  • Kurang ideal untuk main game
  • Port masih microUSB

Profil pengguna:

Pelajar/mahasiswa

Harganya yang amat terjangkau membuat OASE QCY T1C sangat ideal untuk kantong pelajar atau mahasiswa.

Penikmat musik dengan dana terbatas

Dengan dana hanya 200 ribuan rupiah saja, penikmat musik akan dimanjakan oleh kualitas audio dari OASE QCY T1C. Menurut kami, di kelas harganya TWS ini adalah pilihan yang amat menggiurkan. Khususnya jika Anda adalah penyuka audio dengan karakter bass agak menonjol.

Karyawan yang sering meeting online

Meeting online menjadi agenda populer di masa pandemi. Dengan OASE QCY T1C, Anda bisa mengikuti kegiatan tersebut kapan pun dan di manapun. Apalagi untuk ukuran harganya, isolasi suara OASE QCY T1C juga cukup baik sehingga Anda tidak perlu khawatir terganggu kebisingan dari lingkungan sekitar.

Fans Netflix atau drama Korea

Delay yang minim ketika digunakan menonton film membuat OASE QCY T1C cocok untuk para fans Netflix atau K-Drama. Menonton menggunakan TWS nirkabel tentunya akan lebih nyaman. Misalnya ketika sedang santai di cafe, dalam perjalanan menggunakan transportasi umum, atau ketika sedang rebahan di rumah.

Maniak YouTube

Anda yang gemar menonton video-video di YouTube menggunakan headset juga cocok menggunakan OASE QCY T1C. Tidak perlu khawatir akan ada delay yang mengganggu antara video dan audio.

OASE QCY T1C
Dengan dana hanya Rp239.000 saja, Anda bisa mendapatkan kualitas audio yang menurut kami tergolong salah satu yang terbaik di kelasnya.
7.4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Artikel lain