Tips Memaksimalkan Single Take di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G untuk Merekam Foto Video Otomatis

Mengabadikan momen seru yang berlangsung hanya sekejap ternyata bukanlah hal yang mudah dilakukan dengan smartphone. Selain harus tangkas menangkap momen, pengguna juga sering dihadapkan dengan dilema: Apakah sebaiknya jepret foto atau rekam video? Bagaimana jika keduanya dapat dilakukan hanya dengan satu sentuhan? Itulah konsep di balik fitur Single Take.

Fitur Single Take 2.0 di Samsung Galaxy S21 Series 5G

Pada dasarnya, fitur ini akan mengambil beberapa komposisi berbeda dari sebuah momen. Sekali pencet, Anda akan mendapatkan 14 foto dan video yang berbeda. Hasilnya cukup beragam, mulai dari foto hitam putih, “golden” best shot, foto dengan filter, video ala boomerang, video gerak lambat atau slow motion, dan beberapa variasi foto/video yang dihasilkan otomatis.

Fitur ini memang sudah ada di seri Samsung Galaxy S20 Series. Tapi fitur Single Take di Galaxy S21 Series 5G telah disempurnakan. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Single Take 2.0 menawarkan lebih banyak opsi adegan agar memberikan variasi konten yang lebih beragam. Pengguna pun bisa memilih pengaturan video baru seperti Dynamic Slow-Mo dan Highlight Video.

Single Take 2.0 kini lebih optimal untuk menangkap ekspresi wajah. Jadi AI akan merekam subyek saat sedang tersenyum atau saat matanya terbuka, bukan saat menutup mata atau bergerak cepat sehingga hasil foto kabur. Ini penting agar wajah dan mata subyek dapat ditangkap dengan baik.

Peningkatan lain yang terasa ada di sisi performa. Prosesor Exynos 2100 dapat membantu Samsung Galaxy S21 Series 5G menuntaskan perekaman Single Take dengan cepat sehingga Anda bisa merekam momen seru berikutnya.

Cara Menggunakan Single Take 2.0
Buka aplikasi kamera dan cari menu Single Take di bagian bawah sebelah kiri. Yang perlu diingat, Single Take merekam video dan foto. Jadi kami anjurkan Anda menggerakkan kamera untuk mengganti sudut pandang sehingga hasil foto dan video Single Take lebih bervariasi.

Hal lain yang perlu diingat, Single Take akan merekam video. Jadi, sebaiknya saat memakai Single Take, Anda juga menggerakkan kamera secara ke kanan atau ke kiri. Arahkan kamera ke momen yang ingin diabadikan dan tekan tombol shutter. Anda bisa mengatur durasi perekaman Single Take dari minimal 5 detik hingga maksimal 15 detik.

Berikut contoh beberapa hasil fitur Single Take di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. (Klik untuk memutar video)

single take 2.0

20210131_144050_08

20210131_144050_09

Seperti yang terlihat, semua momen sepanjang Single Take bekerja dapat ditangkap dengan baik. Bagi yang sering menggunakan fitur Single Take, ada menu pengaturan untuk membuat Single Take langsung aktif begitu kamera menyala.

Pengaturan Single Take

Dalam kondisi biasa (default setting), Single Take 2.0 akan otomatis menciptakan 14 konten video dan foto yang bervariasi. Walaupun proses dan hasilnya otomatis, Anda masih dapat melakukan pengaturan dengan memilih mode pemotretan yang diinginkan. Caranya amat mudah:

single take samsung galaxy s21 series

  1. Masuk ke mode Single Take.
  2. Hilangkan centang “Types of shots to capture”. Contoh, jika tidak menyukai hasil foto atau video yang dibubuhi filter, Anda tinggal menghilangkan tanda centang di opsi tersebut.

Fitur Single Take menjadi solusi bagi pengguna ingin mengabadikan momen indah sebaik-baiknya dengan semudah-mudahnya. TIdak perlu lagi memutuskan apakah Anda harus merekam video atau menjepret foto. Cukup tekan tombol shutter dan momen akan terekam sempurna.  Fitur ini dapat ditemukan di semua varian Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Harga Samsung Galaxy S21 Series 

Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp15.999.000, Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp18.999.000. Mulai tanggal 29 Januari – 14 Februari 2021, Samsung menyelenggarakan online Consumer Launch Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra 5G di Samsung E-Store, Blibli, Eraspace, Lazada, Shopee, Tokopedia dan JD ID dengan keuntungan senilai lebih dari Rp3.000.000,- yang didapatkan konsumen yaitu :

  • Cashback Bank rekanan Samsung hingga Rp. 750.000,-
  • Cashback sebesar Rp. 2.000.000,- juta untuk pembelian Samsung produk lainnya (purchase with purchase)
  • Samsung Wireless Charger Single

Dilanjutkan offline Consumer Launch pada tanggal 5–7 Februari 2021 di Central Park Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya, kemudian dilanjutkan pada tanggal 12-14 Februari 2021 di Kota Kasablanka Jakarta dengan keuntungan senilai hingga Rp4.600.000,- yang didapatkan konsumen yaitu:

  • Galaxy Buds Live ataupun cashback Rp2.000.000,- untuk trade in ( pilihan konsumen)
  • Samsung Wireless Charger Single
  • Galaxy S pen dan Casing
  • Cashback Bank rekanan hingga Rp750.000,-
  • Free Mola TV Subscription selama 3 bulan, Celebrity Fitness Voucher, Ismaya Dinning Voucher.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Galaxy S21 5G series, kunjungi https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-ultra-5g/ dan https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-5g/

Artikel ini merupakan hasil kerjasama YANGCANGGIH.COM dan Samsung Indonesia untuk memberikan edukasi bagi pengguna gadget di tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain