[CES 2021] Intel Umumkan Prosesor Tiger Lake H-Series untuk Laptop Gaming Tipis

Kurang lengkap rasanya jika ajang CES tidak diramaikan oleh teknologi terbaru dari Intel. Di gelar tahun 2021 ini, Intel memperkenalkan prosesor H-Series generasi ke-11 alias Tiger Lake, yang dirancang untuk mempersenjatai laptop gaming berukuran tipis dan ringkas.

Prosesor kencang untuk laptop ultraportable

svg%3E

Intel Core H-Series 11th Gen merupakan mobile processor untuk memenuhi kebutuhan enthusiast gamer. Seperti disebutkan di atas, prosesor ini ditujukan secara khusus untuk laptop gaming ultraportable yang lebih tipis dengan ketebalan sekitar 16 mm saja.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, Intel Core H-Series 11th Gen memiliki TDP yang ditingkatkan menjadi 35W dan 45W, sehingga memungkinkan clock yang lebih tinggi hingga 5.0GHz. Seri yang paling tinggi adalah Intel Core i7 Special Edition.

Selain menjanjikan performa yang lebih bertenaga meski ditanamkan pada sebuah laptop gaming tipis, Intel Core H-Series 11th Gen juga menawarkan beragam fitur canggih seperti dukungan Thundebolt 4, WiFi 6/6E, serta PCIe Gen 4 untuk dipasangkan dengan GPU discrete generasi baru.

svg%3E

Di ajang CES 2021, beberapa brand ternama seperti ASUS, Acer, dan MSI sudah mulai memamerkan laptop anyar mereka yang dipersenjatai prosesor Intel Core H-Series 11th Gen.

Teaser Intel Alder Lake dan Rocket Lake

svg%3E

Selain H-Series 11th Gen, Intel juga memberikan sedikit teaser terkait prosesor generasi selanjutnya yang diproyeksikan untuk bersaing dengan Apple M1. Mengusung nama Alder Lake, prosesor tersebut kabarnya akan menggunakan fabrikasi 10nm SuperFin, dan kemungkinan baru akan meluncur sekitar paruh kedua 2021 mendatang.

Sementara untuk kategori desktop, Intel tak lupa memberi bocoran soal prosesor Rocket Lake Core i9-11900K dengan dukungan PCIe 4.0 serta peningkatan IPC 19 persen. Ditujukan untuk hardcore gamer dan PC enthusiast, Intel Rocket Lake Core i9-11900K akan meluncur sekitar kuartal pertama 2021.