7 Fitur Unggulan ColorOS 11.1 di OPPO Reno5

OPPO Reno5 mengadopsi sistem operasi ColorOS 11.1 terbaru yang berbasis Android 11. Bukan hanya menarik karena sudah menggunakan versi paling anyar dari OS garapan Google tersebut, ColorOS 11.1 sendiri ternyata memiliki beberapa peningkatan yang membuatnya tampil lebih menggiurkan dibanding versi sebelumnya.

Sekadar informasi, OPPO Reno5 merupakan model pertama yang beroperasi dengan ColorOS 11.1 dan akan diluncurkan secara resmi pada 12 Januari 2021 mendatang. Selain kinerja yang lebih stabil, berikut sederet fitur keren yang menjadi keunggulan dari ColorOS 11.1:

1. Three-Finger Translate

Sesuai namanya, Three-Finger Translate memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata atau kalimat dalam bahasa asing ke Bahasa Indonesia atau yang lainnya, hanya dengan memakai tiga jari. Fitur ini merupakan hasil kolaborasi OPPO dengan Google sehingga berbasis Google Translate.

Yang bisa diterjemahkan tidak hanya kata atau kalimat dalam bentuk teks, tetapi juga berbagai bahasa dalam gambar. Dengan begitu, pengguna bisa memahami pesan yang ingin disampaikan pihak lain dalam hitungan detik.

2. Flex Drop

Flex Drop memungkinkan aplikasi ditampilkan dalam layar penuh, layar kecil interaktf, dan layar mini yang hanya tampilan. Melalui kombinasi layar penuh dan kecil atau mini, OPPO Reno5 dapat mewujudkan kemampuan multi-tasking dan memberikan peralihan yang mulus antar layar.

3. Always-On Display

Fitur Always-On Display pada ColorOS 11.1 memudahkan pengguna mengatur tampilan layar yang selalu aktif dan mempersonalisasi konteks, font (ukuran/warna), dan tata letak tampilan untuk menonjolkan kepribadian mereka melalui kreasi AOD.

4. Gaming Shortcut Mode

Untuk pengguna yang gemar bermain games, Gaming Shortcut Mode pada OPPO Reno5 akan mempercepat peluncuran aplikasi game di Game Space dengan memangkas waktu memuat aplikasi, antarmuka, hingga menghilangkan kemunculan logo studio/developer di awal membuka game sehingga lebih cepat masuk ke permainan.

Untuk memaksimalkan fitur tersebut, OPPO tentunya sudah berkolaborasi dengan beberapa game populer seperti Arena of Valor. Bahkan OPPO mengklaim game Arena of Valor bisa dipercepat hingga 15 detik dari awal membuka aplikasi hingga masuk ke permainan.

5. Bullet Screen Message

Dengan fitur ini notifikasi yang masuk tidak lagi berbentuk banner yang berpotensi mengganggu saat sedang bermain games, notifikasi dalam bentuk bullet notifications memungkinkan pengguna untuk langsung menerima pesan penting tanpa menutupi layar permainan. Aplikasi yang didukung termasuk WhatsApp, Telegram, Line, Messenger, dan SMS.

6. Adjustable Gaming Touch

Masih soal gaming, Adjustable Gaming Touch merupakan fitur pengoptimalan algoritma sentuh, sehingga memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas gyroscope. Fitur ini juga memberi pengguna konfirgurasi yang digunakan oleh pemain profesional.

7. Information Security Certificate

Terakhir soal sistem keamanan. Metode enkripsi terkemuka di industri diadopsi untuk menyimpan dan mentransfer data pribadi pengguna. Upaya dari OPPO ini telah diakui oleh organisasi pihak ketiga termasuk ISO, ePrivacy, dan TrsustArc.

Itulah 7 fitur andalan yang bisa dinikmati melalui sistem operasi ColorOS 11.1 di OPPO Reno5. Jangan lupa, OPPO Reno5 akan meluncur di Indonesia pada 12 Januari 2021, dan bisa disaksikan melalui YouTube OPPO Indonesia. Jika ingin mengetahui lebih jauh soal spesifikasi lengkap dari Reno5, langsung saja klik tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain