Review Poco F2 Pro

8.2
Flagship harga miring

Ketika diperkenalkan 2 tahun yang lalu, Pocophone F1 menjadi sebuah produk unggulan yang sangat memesona. Dengan Snapdragon 845 dan harga relatif terjangkau, Pocophone F1 menjadi simbol perlawanan bahwa smartphone dengan performa tinggi dapat dijual dengan harga yang rasional.

Namun semenjak diperkenalkan, Xiaomi tidak melakukan pembaruan untuk lini Pocophone hingga sekarang, dengan Poco F2 Pro. Berbasis formula yang sama, Xiaomi mencoba merebut kembali tahta smartphone dengan rasio performa dan harga tertinggi seperti yang pernah diraih oleh F1. Apakah Poco F2 Pro bisa mengulang kesuksesan Pocophone F1? Simak ulasan kami berikut ini

Cantik luar dalam

Poco F2 Pro hadir dengan konsep premium luar dalam. Dengan balutan metal dan kaca, smartphone ini terasa premium dalam genggaman. Meskipun cukup berat, dengan balutan metal dan kaca tersebut, kami justru mengaitkan kenyataan ini bahwa Poco F2 Pro adalah smartphone premium yang kokoh. Besarnya layar tidak mengurangi nilai mobilitas Poco F2 Pro berkat bezel yang tipis sehingga dengan layar besar 6.67” masih tetap nyaman dipegang.


Meskipun tidak hadir dengan layar refresh tinggi seperti beberapa smartphone papan tengah, Poco F2 Pro hadir dengan layar penuh tanpa notch kamera depan berkat penyertaan kamera pop up. Ditambah dengan penggunaan layar AMOLED, kontras warna tinggi seperti smartphone papan atas lainnya diusung dengan sempurna oleh smartphone ini. Dengan penggunaan layar AMOLED, Poco F2 Pro mengusung fitur Always On Display seperti Mi 10. Dari sisi fisik, kompromi Xiaomi pada Poco F2 Pro sangat kecil. Satu elemen yang bisa kami sebut sebagai usaha pemangkasan harga terletak pada sambungan layar ke bodi yang tidak rata. Namun ini adalah keluhan yang sangat kecil dan hampir tidak relevan.

Desain Poco F2 Pro mengadopsi desain ergonomis smartphone Xiaomi pada umumnya dengan tombol power dan volume di sisi kanan. Di sisi atas, Poco F2 Pro masih menawarkan jack audio serta infrared blaster untuk mengendalikan perangkat lain. Di sisi bawah, port USB type C, speaker dan slot sim melengkapi desain fisik Poco F2 Pro.

Kamera Poco F2 Pro

Dari sisi kamera belakang, Poco F2 Pro mengusung 4 sensor dengan sensor kamera utama 64 Megapixel f/1.9, kamera ultra wide 13 Megapixel f/2.4, kamera macro 5 Megapixel f/2.2, dan sensor kedalaman 2 Megapixel f/2.4. Kamera pop up 20 Megapixel f/2.2 melengkapi sensor kamera yang diusung oleh smartphone ini.

svg%3E

Hasil tangkapan sensor kamera utama Sony IMX686 dalam kondisi terang sangatlah baik. Saturasi warna dan highlight bayangan ditangkap dengan detail yang tinggi. Meskipun pada pencahayaan yang kurang hasil gambar sedikit grainy, namun detail cukup terjaga. Selain daripada kamera utama, hasil tangkapan kamera ultra wide cenderung kurang, terutama pada kondisi cahaya redup dan gelap.

Berikut hasil foto Poco F2 Pro tanpa penyuntingan.

svg%3E

IMG_20200730_012148 IMG_20200730_011446 IMG_20200730_011243

Begitu juga dengan kamera macro yang membutuhkan kondisi pencahayaan ideal. Untuk hasil kamera selfie, Poco F2 Pro mengambil gambar yang baik, dengan tingkat detail tinggi pada pencahayaan yang baik. IMG_20200730_011800 IMG_20200730_003950 svg%3E

Pengoperasian kamera pop up serupa dengan smartphone lain dengan fitur ini. Kamera selfie Poco F2 Pro mengusung deteksi tekanan dan deteksi akselerasi mendadak yang otomatis menutup kamera untuk mencegah kerusakan. Xiaomi memberikan fitur ekstra yaitu lampu LED pada kamera pop up yang memiliki fungsi tambahan sebagai lampu indikator notifikasi panggilan tak terjawab.

Perekaman video Poco F2 Pro masuk ke dalam ranah papan atas dengan kemampuan merekam video 8K hingga 30FPS berkat kemampuan proses tinggi dari prosesor Snapdragon 865. Meskipun tidak memiliki fitur stabilitasi optik untuk penangkapan gambar statis, Poco F2 Pro memilliki fitur stabilisasi elektronik untuk penangkapan video. Sayangnya, stabilisasi elektronik melakukan cropping resolusi video, namun hasilnya cukup baik untuk menstabilkan video.

Performa tinggi untuk semua

Poco F2 Pro dilengkapi dengan Prosesor Snapdragon 865, Adreno 650, pilihan memori 6GB/8GB dan penyimpanan internal 128GB/256GB berbasis UFS 3.1. Pengujian sintetis dari kinerja prosesor serta kinerja grafis memperoleh nilai yang fantastis, sesuai dengan spesifikasi yang diusungnya.

Pada penggunaan sehari-hari, semua aplikasi dan game yang kami uji berjalan dengan sangat baik. Waktu loading terasa cepat berkat kinerja prosesor serta akses data UFS 3.1. Game-game seperti Mobile Legends, Asphalt 9, dan Call of Duty berjalan tanpa hambatan dengan settingan grafis tertinggi. Kami merasakan bagian belakang terutama area sekitar kamera sedikit hangat setelah bermain game cukup lama, namun masih tetap dapat diterima, terutama mengingat tingginya kinerja dari CPU dan GPU. Adapun kami juga kagum dengan fitur konektivitas yang disematkan oleh Xiaomi ke smartphone ini. Koneksi seperti 5G Wi-Fi dan Bluetooth 5.1 adalah standar koneksi modern perangkat terbaru, begitu juga dengan ketersediaan NFC. Ditambah dengan 5G (bila jaringan sudah tersedia), Poco F2 Pro adalah salah satu perangkat dengan konektivitas jaringan terlengkap yang ada saat ini.

Poco F2 Pro hadir dengan MIUI 12 for POCO. Serupa dengan MIUI yang diadopsi oleh smartphone Xiaomi lainnya, Poco F2 Pro menggunakan fitur Poco launcher secara default yang menambahkan fitur app tray. Selain app tray ini, operasi MIUI 12 for POCO tidak berbeda dengan MIUI. Pilihan navigasi melalui gesture ataupun tombol virtual tersedia di smartphone ini. Begitu juga dengan fitur Always On Display yang dapat dimodifikasi sesuai selera berkat penggunaan layar AMOLED. Meskipun “hanya” menggunakan panel 60 Hz, layar Poco F2 Pro juga mengusung teknologi HDR 10 dan membuat video konten HDR begitu hidup. Sayangnya smartphone ini tidak memiliki speaker stereo seperti Mi 10, namun dengan suara yang keras dan jernih dari speaker utamanya, Poco F2 Pro tetap memiliki nilai unggul sebagai sebuah alat multimedia.

Smartphone ini juga hadir dengan baterai berkapasitas 4700 mAh dan mendukung pengisian daya 30 Watt. Meskipun hadir dengan layar besar dan prosesor kencang, Poco F2 Pro juga memiliki manajemen daya yang sangat baik. Kami mendapatkan penggunaan normal hingga satu setengah hari dengan hasil uji sintetis PC mark hampir mencapai 19 jam.

Dengan formula yang sama dengan Pocophone F1, Xiaomi sekali lagi berhasil membawa sebuah “flagship killer” ke pasaran smartphone Indonesia. Meskipun harganya mengalami peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, Poco F2 Pro tetap memiliki nilai harga per kinerja yang sangat tinggi. Kompromi fitur pada Poco F2 Pro sangatlah minim dan membuatnya sebagai sebuah produk yang cocok sebagai gaming phone, ataupun sebagai solusi penunjang produktivitas.

Kelebihan POCO F2 Pro

  • Kinerja prosesor dan grafis tinggi untuk berbagai kebutuhan
  • Desain menarik
  • Perekaman video terlengkap di kelas harganya
  • Layar AMOLED HDR 10 yang tajam dengan reproduksi warna amat baik
  • Konektivitas lengkap (Bluetooth 5.1, 5G Wi-Fi, NFC)


Kekurangan POCO F2 Pro

  • Kamera membutuhkan pencahayaan ideal
  • Koneksi 5G belum tersedia di Indonesia
  • Bobot ponsel relatif berat





Spesifikasi:
Ukuran : 16.4 x 75.4 x 8.9 mm
Layar : 6.67”, 2400×1080 Pixel
Berat : 219 Gram
Prosesor : Qualcomm Snapdragon 865
Ram : 6/8 GB
Internal : 128/256 GB
Memori Eksternal : Tidak ada
Baterai : 4700 mAh, Quick Charge 4.0
Koneksi : 2.4G Wi-Fi/5G Wi-Fi, Bluetooth 5.1, GPS, NFC, USB Type C

svg%3E
Tampil beda!
Dengan formula yang sama dengan Pocophone F1, Xiaomi sekali lagi berhasil membawa sebuah “flagship killer” ke pasaran smartphone Indonesia. Meskipun harganya mengalami peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, Poco F2 Pro tetap memiliki nilai harga per kinerja yang sangat tinggi. Kompromi fitur pada Poco F2 Pro sangatlah minim dan membuatnya sebagai sebuah produk yang cocok sebagai gaming phone, ataupun sebagai solusi penunjang produktivitas.
Desain
8
Fitur
8
Performa
8.5
Kamera
8
Harga
8.5
8.2
Flagship harga miring