Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

5 Fitur Terbaik OPPO Seri A untuk Menunjang Aktivitas Belajar di Rumah



Tahun ajaran baru sudah dimulai. Serentak sejak 13 Juli 2020 lalu, siswa kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sayangnya karena masih dalam kondisi pandemi, sebagian besar anak-anak di Indonesia tidak bisa beraktivitas langsung di sekolah dan harus melakukan proses belajar mengajar di rumah secara online.

Itu artinya, anak-anak mutlak membutuhkan perangkat yang tepat untuk menunjang kegiatan belajar mereka di rumah. Smartphone menjadi salah satu perangkat yang diandalkan. Untuk dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, Anda perlu memperhatikan beberapa fitur berikut dalam sebuah smartphone.

Kali ini, kami melihat dari dekat 5 fitur canggih yang ada di smartphone OPPO seri A terbaru yang ideal untuk menunjang aktivitas belajar di rumah.

1. Layar berukuran besar

OPPO A91 Belajar Online 1

Layar besar merupakan syarat utama yang wajib ditawarkan oleh sebuah smartphone sebagai perangkat penunjang belajar di rumah. Dengan ukuran layar yang luas, siswa bisa lebih leluasa menonton video pembelajaran dan penjelasan dari guru mereka.

Idealnya, ukuran minimal layar smartphone untuk belajar adalah 6,4 inci ke atas. Akan menjadi nilai plus jika resolusinya juga sudah Full HD+, sehingga gambar yang ditampilkan terlihat lebih tajam.

Untuk solusi tersebut, OPPO memiliki banyak opsi contohnya A52. Smartphone ini dibekali layar IPS 6,5 inci 20:9 dengan resolusi 2400 x 1080 pixel. Tingkat kecerahannya amat baik, dan tampilannya juga maksimal karena hanya menyisakan punch hole untuk kamera selfie di pojok kiri atas.

OPPO A52 Indonesia
OPPO A52

Selain OPPO A52, ada pula OPPO A91 dan A92 yang juga menawarkan layar besar masing-masing 6,4 inci dan 6,5 inci Full HD+. Khusus untuk OPPO A92, Anda akan disuguhkan panel AMOLED yang dikenal punya tingkat kecerahan dan sajian warna yang memukau.

2. Performa oke

Anda tentunya tidak ingin kegiatan belajar anak terganggu hanya karena smartphone yang digunakan memiliki kinerja buruk alias lambat. Karena itu, chipset yang mumpuni juga menjadi syarat wajib untuk mendapatkan performa yang bisa diandalkan.

OPPO A91 Belajar Online 2

OPPO A52 dan OPPO A92 merupakan opsi yang pas untuk siswa karena dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 665. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 665 adalah salah satu chipset kelas menengah yang paling populer saat ini, dan punya performa cukup baik untuk mendukung berbagai kebutuhan.

Selain itu, ada pula OPPO A91 dengan chipset MediaTek Helio P70 yang tidak kalah kencang saat digunakan untuk menjalankan aplikasi sehari-hari. Kalau ingin yang lebih ngebut dan pastinya super responsif, OPPO Reno3 dengan MediaTek Helio P90 bisa menjadi opsi yang menarik.

Yang pasti, Anda tidak perlu bingung memilih mana yang lebih baik antara Qualcomm dan MediaTek. Keduanya sama-sama memiliki jajaran chipset yang bagus di kelasnya.

3. Memori internal berkapasitas besar

Kebutuhan belajar di era digital tentunya membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar. Misalnya ketika siswa harus mengunduh materi pelajaran dalam format video. Seiring berjalannya waktu, memori akan cepat habis jika harus menyimpan file besar terus menerus.

OPPO A91 Black White
OPPO A91

Solusinya sudah pasti mencari smartphone dengan storage internal besar. Menurut kami, kapasitas yang paling ideal adalah 128 GB. Dengan storage internal yang lega, siswa tidak wajib menambahkan memori eksternal yang berpotensi membuat kinerja smartphone lambat.

hp 200 g3 aio 728 yc

Lalu, apa yang ditawarkan oleh OPPO? Tiga anggota A-Series yakni OPPO A52, OPPO A91 dan OPPO A92 sama-sama memiliki storage atau memori internal berkapasitas 128GB. Siswa bisa menyimpan file-file berukuran besar dengan tenang tanpa harus khawatir cepat penuh. Asyiknya lagi, storage tersebut sudah mengusung teknologi UFS 2.1 yang kemampuan transfer data lebih cepat.

4. Baterai tahan lama

OPPO A92

Nah, ini salah satu yang krusial. Daya tahan baterai punya peran besar untuk memastikan kegiatan belajar berjalan lancar. Secara teori, belajar di rumah memang mudah mendapatkan sumber listrik. Tapi bisa jadi kurang praktis karena umumnya kabel charger ukurannya tidak terlalu panjang.

OPPO A52 dan OPPO A92 sama-sama dibekali baterai jumbo 5.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, setidaknya kegiatan belajar dari pagi hingga siang tidak akan terganggu. Apalagi ColorOS garapan OPPO dikenal mempunyai sistem manajemen daya yang amat baik, sehingga konsumsi daya juga jauh lebih efisien.

Sementara OPPO A92 meski baterainya lebih kecil, 4.025 mAh, didukung teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Siswa bisa mengisi daya dengan cepat saat istirahat dan smartphone sudah siap digunakan ketika ingin melanjutkan pelajaran.

5. Kamera mumpuni untuk video

Ketika belajar secara online, ada kalanya siswa diminta membuat tugas dalam bentuk video. Karena itu, sangat disarankan untuk memilih smartphone dengan kamera yang mumpuni agar rekaman video terlihat lebih jernih dan bagus.

OPPO A92 bodi belakang
OPPO A92

OPPO A91 dan OPPO A92 punya kamera utama 48 megapixel yang mampu merekam di resolusi 1080p. Bahkan untuk A92, bisa sampai 4K. Sementara OPPO A52 meski resolusi kameranya lebih kecil, 12 megapixel, juga bisa merekam hingga resolusi 4K di 30fps.

Kamera pada tiga smartphone OPPO seri A tersebut telah didukung EIS (Electronic Image Stabilization), agar perekaman video terlihat lebih stabil meski ponsel hanya dipegan dengan tangan tanpa bantuan gimbal.

Satu hal lagi, baik OPPO A52, A91, dan A92 sama-sama menawarkan kamera depan 16 megapixel. Sekadar mengingatkan, OPPO sejak lama telah dikenal selalu menghadirkan kamera selfie dengan hasil yang di atas rata-rata. Jadi jika siswa butuh berinteraksi dengan guru melalui video call, gambar yang ditampilkan jelas lebih tajam dan jernih.

Itulah 5 poin utama yang membuat smartphone OPPO sangat cocok digunakan oleh siswa ketika belajar di rumah. Dengan pilihan yang cukup lengkap, Anda bisa lebih leluasa untuk mempertimbangkan produk OPPO mana yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan anak.

More Stories
Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8 1
[CES 2020] Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8: Kini Tersedia dengan WiFi 6 dan Tombol Panggilan VoiP di Keyboard