Panduan Belanja Agar Tidak Salah Beli Gadget

Inilah Perbedaan Antara OPPO Reno3 dan Reno2 F

OPPO telah meluncurkan smartphone terbarunya, Reno3, di Indonesia. Menurut OPPO, perangkat yang mengandalkan sektor fotografi sebagai salah satu nilai jual utamanya itu merupakan penerus dari produk andalan mereka sebelumnya, yakni Reno2 F.

Dibanding sang kakak, ada banyak peningkatan hardware dan fitur yang ditawarkan oleh OPPO Reno3. Agar lebih jelas, berikut kami sajikan apa saja yang membedakan Reno3 dengan Reno2 F. Yuk, langsung saja simak:

Desain OPPO Reno3 dan Reno2 F

OPPO Reno3 Blue
OPPO Reno3

Perbedaan utama yang bisa langsung Anda lihat dari luar adalah soal desainnya. OPPO Reno2 F menawarkan tampilan yang mirip dengan Reno2, sementara bagian eksterior dari Reno3 terlihat lebih minimalis dengan tetap mengedepankan kesan elegan.

OPPO Reno2 F
OPPO Reno2 F

Ada tiga pilihan warna yang disediakan OPPO Reno3, antara lain Midnight Black, Auroral Blue, dan Sky White. Yang paling kami suka dari desain Reno3 adalah bodinya yang tergolong ramping untuk ukuran smartphone dengan layar 6,4 inci. Dimensinya terasa sangat pas di tangan dan bobotnya juga ringan. Kombinasi yang membuatnya nyaman untuk dioperasikan.

Performa OPPO Reno3 dan Reno2 F

Pada Reno3 OPPO menghadirkan peningkatan pada chipset pendukung performa. Kalau Reno2 F mengandalkan MediaTek Helio P70, pada Reno3 Anda akan menemukan seri yang lebih tinggi yakni Helio P90. Bukan cuma lebih kencang, Helio P90 merupakan salah satu chipset dengan kemampuan pemrosesan AI tercepat di lini produk MediaTek.

oppo reno3 depan 1

Dengan kehadiran porsesor AI khusus pada Helio P90 yang bertugas mengerjakan task terkait AI, hasilnya Renno3 bisa merespon lebih cepat, lebih aman, dan memerlukan lebih sedikit data jaringan sehingga dari segi konsumsi daya juga menjadi lebih rendah. Selain itu, Helio P90 pada Reno3 juga ditemani RAM 8 GB LPDDR4X serta storage 128 GB UFS 2.1 yang kencang.

Kamera belakang OPPO Reno3 dan Reno2 F

Pada Reno2 F Anda disuguhkan empat kamera belakang dengan sensor utama 48 MP f/1.9, kamera 8 MP wide angle, 2 MP mono, dan 2 MP portrait. Di kelas harganya, menurut kami Reno2 F sudah mampu memberikan kualitas kamera yang cukup baik untuk mengabadikan momen sehari-hari.

kamera oppo reno3

ROG G14 728 yg

Nah, untuk Reno3, OPPO meningkatkan kemampuan kamera menjadi lebih menggiurkan lagi. Smartphone ini punya empat kamera belakang yang terdiri dari 48 MP f/1.79, 8 MP ultra wide sekaligus macro 3cm, 13 MP telephoto dengan 7x hybrid optical zoom, dan kamera mono 2 MP.

Keberadaan sensor 13 megapixel dengan lensa telephoto 7x hybrid zoom jelas menjadi pembeda. Kerennya lagi, OPPO Reno3 juga didukung fitur 108 MP Ultra Clear Image untuk menghasilkan foto yang lebih tajam. Klik tautan berikut ini kalau Anda penasaran seperti apa kualitas kamera dari OPPO Reno3.

Kamera selfie OPPO Reno3 dan Reno2 F

Peningkatan lainnya dari sektor fotografi ada pada kamera selfie. Jika pada Reno2 F OPPO menanamkan sensor 16 MP, untuk Reno3 sensor yang digunakan di-upgrade menjadi 44 MP. Bisa dibilang, ini adalah salah satu kamera selfie dengan resolusi paling tinggi yang ada di pasaran sekarang.

oppo reno3 dewdrop kamera depan

Kamera depan OPPO Reno2 juga dilengkapi dukungan Ultra Night Selfie. Jika sebelumnya Anda merasa kesulitan untuk selfie di kondisi minim cahaya, Reno3 kini menghadirkan solusi agar gambar tetap terlihat terang dan jelas. Dari segi desain, OPPO menempatkan kamera selfie Reno3 pada bagian poni. Berbeda dengan Reno2 F yang mengusung sistem kamera pop-up.

Reno3 didukung Ultra Steady Video 2.0

Salah satu fitur OPPO Reno3 di sektor videografi yang paling kami suka adalah Ultra Steady Video 2.0. Fitur ini memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang dikembangkan dengan algoritma baru sehingga meningkatkan efek anti-shake, kemulusan hasil video, dan kualitas gambar yang ditingkatkan dengan frame rate tinggi 1080p 60fps.

oppo reno3 kamera menu

Fitur ini sangat bermanfaat untuk merekam video yang lebih stabil tanpa alat bantu apapun. Selain itu, ada juga Ultra Steady Pro untuk membuat video 1080p di 30fps, Video Bokeh untuk menciptakan efek blur, dan video zoom. Komplit dan cocok untuk Anda para kreator konten video.

Itulah beberapa perbedaan antara OPPO Reno3 dengan Reno2 F. Bagi yang berminat, OPPO Reno3 saat ini sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp5.499.000.

More Stories
JVC Adixxion 1
JVC Adixxion GC-XA1: Camcorder Mini Dengan Quad Proof dan Wi-Fi