10 Tips Membeli Smartphone Secara Online di E-Commerce

Seiring berkembangnya platform digital seperti e-commerce, konsumen di Indonesia pun mulai mengubah gaya hidupnya khususnya ketika ingin membeli sesuatu. Singkatnya, semua yang Anda butuhkan kini bisa Anda pesan secara online dan tidak lagi harus mengunjungi toko fisik. Termasuk ketika membeli smartphone.

10 Tips Membeli Smartphone Secara Online di E-Commerce 16 blibli, e-commerce, lazada, shopee, smartphone, Tips, Tokopedia
source: Telegraph.co.uk

 

Tapi mungkin sebagian dari Anda masih ada yang kurang nyaman jika harus berbelanja secara online untuk sebuah barang yang nilainya besar seperti smartphone. Padahal, berbelanja di platform e-commerce saat ini sudah jauh lebih aman dan terpercaya, apalagi jika Anda tahu apa saja yang harus diperhatikan.

Nah, untuk membantu Anda yang baru berencana membeli smartphone lewat toko online, berikut kami sajikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Pastikan garansinya resmi

Sama seperti ketika Anda membeli ponsel di toko konvensional, garansi tetap menjadi syarat utama. Pastikan toko di platform e-commerce yang Anda tuju menawarkan produk dengan garansi resmi, yang artinya ponsel tersebut memiliki IMEI yang terdaftar di database Kemenperin.

2. Perhatikan reputasi penjual

Lalu, bagaimana cara mengetahui toko online tersebut bisa dipercaya dan tidak berbohong soal garansi? Langkah selanjutnya adalah perhatikan reputasi si penjual. Toko dengan rating yang tinggi tentunya memiliki track record yang baik pula, yang artinya banyak pelanggan yang puas berbelanja di situ.

3. Cari toko official

Kalau mau lebih aman lagi, Anda bisa langsung berbelanja di official store dari masing-masing brand di setiap platform e-commerce. Nama-nama besar seperti OPPO, Samsung, Xiaomi, realme, Vivo, dan sebagainya punya toko resmi di berbagai toko online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, maupun Blibli. Toko online resmi ini sangat terjamin keamanan dan garansinya.

4. Perhatikan harga, jangan terbuai harga yang terlalu murah

Jangan langsung terbuai apabila ada toko di platform e-commerce yang menawarkan harga lebih murah. Kalau hanya berbeda kisaran 100 ribuan rupiah (dibanding toko resmi) masih wajar. Namun apabila perbedaannya lumayan jauh, Anda wajib mempertanyakan terlebih dahulu. Lakukan langkah pada poin 1 dan 2 di atas.

10 Tips Membeli Smartphone Secara Online di E-Commerce 17 blibli, e-commerce, lazada, shopee, smartphone, Tips, Tokopedia
source: Pexels.com

5. Perhatikan lokasi penjual untuk menghemat biaya pengiriman

Smartphone adalah produk yang tidak bisa dikirim sembarangan. Butuh packing yang baik apalagi jika pengirimannya ke luar kota beda pulau. Usahakan cari penjual yang lokasinya dekat dengan Anda, atau paling tidak, masih satu kota agar biaya pengirimannya lebih hemat. Jika harus memesan dari penjual yang lokasinya jauh, pastikan Anda meminta packing yang paling aman.

6. Pastikan memesan produk yang benar (bukan produk lama dengan nama serupa)

Belakangan ini brand ponsel sangat rajin meluncurkan produk baru. Bahkan bisa saja sebuah seri smartphone sudah punya produk penerus walaupun kehadirannya belum genap satu tahun. Terkadang ada juga brand yang menggunakan nama serupa dengan generasi sebelumnya, tapi diberi tambahan tahun misalnya 2020. Karena itu, pastikan produk yang Anda beli merupakan versi terbaru dan bukan generasi lawas.

7. Manfaatkan cashback, gratis ongkir, atau promo lain

Salah satu keuntungan berbelanja di platform e-commerce adalah banyaknya promo menarik seperti cashback atau gratis ongkir. Biasanya, promo digelar pada momen tertentu misalnya saat flash sale, pre-oder, maupun event-event musiman seperti 12.12, Lebaran, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memanfaatkan benefit tersebut.

8. Pilih toko online yang tidak memungut biaya tambahan jika ingin mencicil dengan kartu kredit

Berminat melakukan pembelian secara cicilan lewat kartu kredit? Usahakan untuk membeli di toko online yang tidak memungut biaya tambahan lagi. Selain itu, ada juga toko yang menerapkan promo cicilan 0 persen. Lumayan untuk lebih menghemat pengeluaran.

9. Keluarkan biaya ekstra untuk asuransi pengiriman

Jangan pernah ragu menambahkan biaya ekstra urusan asuransi pengiriman. Seperti disebutkan di atas, smartphone merupakan produk yang tidak bisa dikirim sembarangan. Membayar asuransi pengiriman akan lebih memberikan rasa aman karena kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi selama proses pengiriman.

10. Jangan mau diajak transaksi di luar platform e-commerce

Alasan utama yang membuat platform e-commerce saat ini menjadi tempat belanja online yang aman adalah uang yang Anda bayarkan baru akan diteruskan ke penjual ketika barang sudah Anda terima dengan baik. Pihak e-commerce berperan sebagai perantara. Jadi kalau si penjual berniat menipu, ia tidak kan dapat apa-apa. Itu sebabnya, jangan pernah mau jika ada penjual yang mengajak bertransaksi di luar platform e-commerce.

Baca juga
10 Tips Membeli Smartphone Secara Online di E-Commerce 22 blibli, e-commerce, lazada, shopee, smartphone, Tips, Tokopedia
Huawei Watch GT 2e: Tampil Lebih Sporty, Baterai Tetap Tahan 2 Minggu