Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

OPPO Luncurkan Find X2 Series, Smartphone Flagship dengan Layar 120Hz dan Kamera Sony IMX689

OPPO akhirnya secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya yang diberi nama Find X2 Series. Terdiri dari Find X2 dan Find X2 Pro, kedua perangkat yang merupakan penerus dari Find X tersebut menawarkan komposisi hardware paling canggih yang ada di pasaran saat ini.

Layar Ultra Vision 120Hz

OPPO Find X2 Pro tampak depan

Dalam acara live streaming peluncuran Find X2 Series yang digelar di Jakarta, Jumat (7/3), OPPO menjelaskan bahwa salah satu nilai jual utama dari smartphone anyarnya ini ada pada sektor layar. Disebut Ultra Vision Screen, layar Find X2 Series menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6,7 inci dan resolusi QHD+ alias 1440 x 3168 pixel.

Yang membuat layar ini amat menggiurkan adalah refresh rate-nya yang mencapai 120Hz. Tentunya, tingkat refresh rate ini juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tingkat kecerahannya hingga 1200nit dan diklaim telah dikalibrasi secara profesional untuk keakuratan warnanya serta mendapatkan rating A+ dari DisplayMate.

Bukan cuma itu, layar Find X2 Series memiliki tingkat kepekaan sentuhan 240Hz. Itu artinya, selain dapat menyajikan gambar dengan sangat smooth, layar ini juga lebih responsif saat dioperasikan. Cocok untuk pengguna yang gemar bermain games.

OPPO juga melengkapinya dengan O1 Ultra Vision Engine yang diklaim dapat meningkatkan performa video. Dengan teknologi ini, seri Find X2 menawarkan fitur HDR video enhancement dan Motion Clear untuk meningkatkan frame rate saat menonton video online atau siaran olahraga dari 30 fps menjadi 60 fps atau bahkan 120 fps. Untuk urusan audio didukung dual-speaker high power dengan teknologi Dolby Atmos.

OPPO Find X2 Series

Performa kencang, charging super cepat

Beralih ke sektor performa, Find X2 Series dipersenjatai prosesor paling kencang dari Qualcomm saat ini yakni Snapdragon 865 octa-core yang sudah mendukung SA/NSA dual-mode 5G. RAM yang dibenamkan berkapasitas 12 GB, sementara kapasitas memori internal UFS 3.0 untuk Find X2 dan Find X2 Pro masing-masing 256 GB dan 512 GB.

Baterai tidak kalah menggiurkan. Find X2 punya baterai 4.000 mAh, sedangkan Find X2 Pro 4260 mAh. Namun yang patut menjadi sorotan adalah teknologi SuperVOOC 2.0 flash charger 65W yang dapat mengisi daya hingga 100 persen dengan sangat cepat, yakni hanya 38 menit saja!

Kamera dengan sensor Sony IMX689

OPPO Find X2 Series Indonesia 2

Bukan OPPO namanya jika tidak menjadikan kemampuan kamera sebagai fokus utama dari pengembangan smartphone mereka. OPPO Find X2 Pro mengusung konfigurasi tiga kamera di belakang yang terdiri dari 48 megapixel wide-angle, 48 megapixel dengan lensa sudut ekstra lebar (12 MP pada seri non-Pro), dan telephoto 13 megapixel dengan teknologi 10x hybrid zoom.

Yang perlu digarisbawahi, kamera wide 48 megapixel pada smartphone ini sudah menggunakan sensor terbaru Sony yaitu IMX689, yang klaim punya ukuran sensor paling besar dibandingkan dengan semua sensor yang ada pada kamera smartphone. Dikombinasikan dengan teknologi dual-native ISO dan aperture f/1.7, kamera tersebut dijanjikan punya kemampuan mumpuni untuk memotret di kondisi low-light.

Keunggulan lainnya, OPPO Find X2 Pro diklaim sebagai smartphone pertama yang mendukung All Pixel Omni-Directional PDAF dengan kemampuan mencapai 100 persen pixel focusing dan omni-directional focusing. Selain itu, kedua seri Find X2 didukung fitur Ultra Night Mode yang dapat memotret dengan berbagai focal lenght (jarak fokus), sehingga memudahkan pemotretan dengan lensa telephoto (hingga zoom 60x) di malam hari.

OPPO Find X2 Pro kamera malam

Untuk pengguna yang gemar merekam video, OPPO Find X2 Series menawarkan resolusi maksimal 4K di 60 fps dan Live HDR. Dengan mengintegrasikan perekaman video 10bit, pixel-level real-time grading exposure, dan kalibrasi warna video, Find X2 Pro menjadikan highlights dan bayangan dengan cahaya background yang lebih jelas. Tidak ketinggalan, mode perekaman stabil dengan teknologi Ultra Steady Video dan Ultra Steady Video Pro tetap disediakan, tentunya dengan kemampuan yang telah ditingkatkan dibanding generasi sebelumnya.

Siap meluncur di Indonesia

Seri smartphone dengan sistem operasi ColorOS 7.1 berbasis Android 10 ini tampil premium dengan desain kurva-ganda di bagian depan dan belakang, serta pilihan dua bahan mewah yaitu keramik dan kulit vegan. Untuk Find X2, OPPO menyediakan opsi warna Dark Sea dan Blue Wave. Sementara Find X2 Pro menawarkan pilihan Tea Orange dan Dark Sea. Kedua smartphone canggih tersebut siap meluncur di Indonesia dalam waktu dekat.

SpesifikasiOPPO Find X2 dan Find X2 Pro
LayarAMOLED 6,7 inci QHD+ 120 Hz
SoCQualcomm Snapdragon 865
RAM12 GB LPDDR5
Memori internal256 GB dan 512 GB (Pro)
Kamera BelakangSony IMX689 48 MP + 48 MP ultrawide (12 MP versi non-Pro) + 13 MP
Kamera Selfie32 MP
Baterai4.000 mAh, 4.260 mAh (Pro)
Fast ChargingSuperVOOC 2.0 65W (100 persen dalam 38 menit)
Sistem OperasiColorOS 7.1 (Android 10)
Konektivitas5G, WiFi 6
WarnaBlue Wave, Dark Sea, Tea Orange (khusus Pro)
Back to top button