Berminat Membeli realme 5i? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

realme 5i hadir sebagai opsi yang amat menarik untuk Anda yang membutuhkan smartphone terjangkau dengan spesifikasi dan fitur yang bisa diandalkan. Pasalnya, realme membenamkan komposisi hardware yang tergolong mumpuni di kelasnya, tapi tetap menjaga harga agar berada di angka yang lebih murah dibanding lawan-lawannya.

Tentunya kami sangat merekomendasikan smartphone ini sebagai salah satu produk yang wajib Anda pertimbangkan jika punya dana kurang dari 2 juta rupiah. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari realme 5i:

Yang Canggih:

1. Desain oke dan tidak mudah kotor

Berminat Membeli realme 5i? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 16 android, Kelebihan Kekurangan, Realme, realme 5i

realme 5i mengusung bahasa desain yang mirip dengan dua saudaranya, yakni realme 5 dan realme 5s. Meski begitu, pada smartphone terbarunya ini realme tidak menggunakan lapisan kaca untuk cover bagian belakangnya, melainkan hanya bahan polycarbonate dengan tekstur yang dibuat agak kasar.

Penggunaan material tersebut menurut kami justru membuat realme 5i terasa lebih nyaman di genggaman tangan. Keuntungan lainnya, smartphone ini juga menjadi tidak licin dan yang paling penting tidak mudah kotor oleh bekas jari. Satu hal yang menurut kami patut diapresiasi.

2. Layar lega, asyik untuk semua kebutuhan

ealme 5i mengandalkan panel IPS berukuran 6,52 inci dan resolusi HD+. Untuk sebuah smartphone 1 jutaan rupiah, menurut kami penawaran yang diberikan oleh realme 5i sudah cukup memadai. Selama kami mencobanya pun tidak ada kekurangan pada layar yang mengganggu pengalaman penggunaan.

Berminat Membeli realme 5i? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 17 android, Kelebihan Kekurangan, Realme, realme 5i

Semua kebutuhan standar seperti browsing, chatting, menonton video, hingga bermain games terasa nyaman di layar ini. Tingkat kecerahannya juga lumayan dan masih oke untuk dipandang di bawah sinar matahari yang terik. Agar mata tidak cepat lelah terutama ketika menggunakan realme 5i di kondisi gelap, Anda bisa mengaktifkan Night Shield yang akan meredam cahaya biru.

3. Performa tergolong kencang di kelasnya

Dengan hanya merogoh kocek tidak sampai 2 juta rupiah, Anda sudah bisa menikmati smartphone dengan SoC Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang punya kinerja cukup baik untuk segala kebutuhan termasuk gaming. Kami sudah mencoba menjalankan PUBG Mobile untuk membuktikan kemampuan gaming-nya. Hasilnya cukup memuaskan. Lancar dan frame rate-nya tergolong stabil walaupun bukan di pengaturan grafis yang tinggi (Low-Smooth). Mobile Legends pun bisa dimainkan dengan amat nyaman.

4. Kamera memadai di kondisi cahaya ideal

Dari sektor fotografi, realme 5i mengusung konfigurasi quad-camera di belakang yang terdiri dari kamera utama 12 megapixel f/1.8, kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera macro 2 megapixel, dan depth sensor 2 megapixel. Spesifikasi yang sama dengan yang dimiliki oleh realme 5. Untuk selfie, ada kamera 8 megapixel f/2.0 di depan.

Hasil foto realme 5i (2)

Hasil foto realme 5i (20)

Hasil foto realme 5i (16)

Pada kondisi cahaya yang ideal realme 5i mampu menangkap gambar dengan cukup oke. Foto yang dihasilkan tampak tajam dengan detail yang terjaga dengan baik. Warna yang ditampilkan pun menurut kami masih terlihat natural dan saturasinya tidak diangkat secara berlebihan.

5. Baterai awet

Nilai plus lainnya yang kami suka dari realme 5i ialah kapasitas baterainya. Sama seperti realme 5, Anda akan menemukan baterai 5.000 mAh yang sanggup menemani aktivitas seharian penuh dari pagi hingga malam hari. Bahkan jika Anda bukan orang yang terlalu aktif dengan smartphone, daya tahannya bisa mencapai 2 hari.

Yang Kurang:

1. Hasil foto dengan mode otomatis kurang konsisten

Sayangnya ketika melakukan pemotretan di scene tertentu seperti di dalam ruangan dengan pencahayaan lampu, terkadang pengaturan white balance dari kamera realme 5i kurang akurat. Akan lebih optimal jika Anda melakukan pengaturan secara manual.

Berminat Membeli realme 5i? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 18 android, Kelebihan Kekurangan, Realme, realme 5i

2. Waktu charging agak lama

Perlu digarisbawahi bahwa realme 5i belum memiliki dukungan fast charging yang memadai. Dengan hanya dimodali charger 10W, butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini. realme 5i memang belum bisa disebut sebagai produk yang sempurna di kelasnya. Tapi setidaknya, realme telah berhasil menciptakan standar baru di segmen entry-level, yang pastinya tidak mudah untuk diikuti oleh brand pesaing.

Baca juga
Berminat Membeli realme 5i? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 23 android, Kelebihan Kekurangan, Realme, realme 5i
Termurah dengan Memori 128GB, INFINIX HOT 9 Resmi Dijual Seharga 1,7 Juta Rupiah