Homepage Mobile Gadget Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar...

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz

4.7

realme belum berhenti memberi kejutan di Indonesia. Setelah merilis sederet smartphone dengan spesifikasi dan harga menggiurkan di kelas entry-level hingga menengah, kini melalui realme X2 Pro, brand yang berhasil masuk 4 besar pada Q3 2019 ini sukses menggebrak segmen flagship.

Yang lebih menarik, realme X2 Pro bukan cuma mengandalkan performa sebagai nilai jual utama. Penasaran apa saja kecanggihan yang ditawarkannya? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain premium dengan lapisan kaca

Tagline ‘Dare to Leap’ yang diusung oleh realme diterapkan pada berbagai sektor, termasuk desain. realme X2 Pro tampil premium dengan material metal di bagian frame-nya, serta lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 baik di bagian depan maupun di bodi bagian belakang.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 1

Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Lunar White dan Neptune Blue. Ketika terpapar cahaya, kaca bagian belakang realme X2 Pro menampilkan garis-garis halus dan menciptakan tekstur menawan. Kaca tersebut juga dibuat 3D sehingga menghasilkan empat sisi yang elegan. Tidak hanya sebagai pemanis eksterior, kontur melengkungnya juga membantu memberikan sensasi genggaman yang lebih baik.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 2

Sementara di bagian depan, Anda akan menemukan layar waterdrop dengan rasio screen-to-body 91,7 persen. Rasio yang tinggi menandakan realme berhasil merancang bezel di sekeliling layar dengan ukuran yang lebih tipis. Keuntungan lainnya memiliki bezel tipis adalah dimensi smartphone secara keseluruhan menjadi lebih ramping meski ukuran layarnya besar. Hasilnya realme X2 Pro nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 3

Pada bagian belakang Anda akan menemukan 4 kamera yang disusun secara vertikal beserta logo realme yang menurut kami penempatannya agak unik. Anda tidak akan menemukan sensor sidik jari di belakang karena realme membenamkan fitur tersebut di depan, di dalam layar.

Sekadar informasi tambahan, realme X2 Pro memiliki port USB Type-C, dua slot SIM-card, dan walaupun tidak punya slot untuk menyisipkan microSD, smartphone ini dibekali memori internal dengan kapasitas yang besar yakni hingga 256 GB.

Layar Ultra Smooth 90Hz pertama di Indonesia

Inilah fitur yang membedakan realme X2 Pro dengan smartphone lainnya di kelas yang sama. realme membenamkan layar Super AMOLED 6,5 inci Full HD+ yang mengusung teknologi Ultra Smooth Display 90Hz. Bisa dibilang, ini adalah smartphone dengan layar 90Hz pertama yang hadir di Indonesia.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 4

Apa keuntungannya punya layar dengan refresh rate 90Hz? Kami yang sehari-harinya menggunakan smartphone dengan layar 60Hz sekilas langsung melihat perbedaan yang cukup terasa ketika memandang layar realme X2 Pro. Transisi tampak jauh lebih halus dan begitu memanjakan mata. Ketika Anda scrolling website yang berisi banyak teks pun pergerakannya menjadi lebih smooth dan lebih enak dilihat.

Bukan cuma itu, layar 90Hz pada realme X2 Pro juga lebih maksimal untuk menjalankan game di frame rate yang tinggi. Apalagi sekarang sudah banyak judul game yang support frame rate lebih dari 60fps, seperti ShadowGun Legends, Minecraft, VainGlory, dan sebagainya. Intinya kami sangat mengapresiasi langkah realme membenamkan layar 90Hz. Perlu Anda ketahui, ada banyak smartphone flagship yang harganya lebih mahal dari realme X2 Pro masih mengandalkan layar dengan refresh rate 60Hz saja.

Layar realme X2 Pro juga mendukung HDR10+ dan 100 persen gamut warna DCI-P3. Visibilitasnya untuk penggunaan di bawah sinar matahari amat baik.Yang tidak kalah penting, layar ini telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland dan punya mode pelindung mata untuk penggunaan di malam hari.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 5

 

Untuk urusan audio, realme X2 Pro adalah perangkat ponsel realme pertama dengan speaker ganda ultra-linier. Speaker ini mendukung suara surround dan telah dipersenjatai teknologi Dolby Atmos serta Hi-Res Audio. Cocok untuk Anda yang gemar mendengarkan musik atau menonton film di smartphone.

ColorOS 6.1 dengan HyperBoost 2.0

realme X2 Pro mengadopsi sistem operasi ColorOS 6.1 berbasis Android 9.0 Pie. Salah satu fitur unggulan dari OS ini adalah HyperBoost 2.0. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Game Space untuk menyimpan game favorit. Dalam aplikasi ini pula Anda bisa mengatur mode Do Not Disturb jika tidak ingin ada gangguan selama permainan.

Masih untuk menunjang pengalaman gaming, HyperBoost 2.0 memiliki fitur Frame Boost 2.0 untuk meningkatkan stabilitas performa realme X2 Pro hingga 18 persen ketika menjalankan game. Sedangkan Touch Boost 2.0 meningkatkan respon sentuhan hingga 35,2 persen, sehingga Anda punya potensi menyerang lebih cepat ketika bertemu musuh.

Sedikit membahas sistem keamanan, realme X2 Pro hadir dengan teknologi in-display fingerprint yang diklaim punya kecepatan 0,23 detik. Selama kami mencobanya, sensor sidik jari di dalam layar ini memang terasa amat responsif dan akurat.

Quad-Camera 64 megapixel 20x hybrid zoom

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 6

Dari sektor fotografi, realme X2 Pro mengandalkan kamera Samsung ISOCELL GW1 64 megapixel f/1.8 di belakang, yang dilengkapi dengan beberapa kamera pendukung dengan lensa berbeda seperti telephoto 13 megapixel, ultra wide 115 derajat 8 megapixel, dan lensa portrait 2 megapixel. Selain punya sensor dengan resolusi tinggi, kamera realme X2 Pro juga didukung kemampuan 5x hybrid optical zoom dan hingga 20x hybrid zoom.

Hasil fotonya terbilang bagus di kondisi cahaya yang ideal. Ketajamannya cukup baik dan warna yang disajikan tampak natural. Kehadiran mode Chroma Boost bisa menjadi opsi untuk Anda yang gemar memamerkan foto dengan warna-warna lebih matang. Selain itu, kamera utama realme X2 Pro juga memiliki dynamic range yang oke.

IMG20191126140343

IMG20191115145155

IMG20191125172409

realme X2 Pro menyediakan mode 64MP jika Anda membutuhkan detail yang lebih tinggi. Sementara untuk pemotretan di malam hari atau kondisi cahaya yang minim, Anda bisa memanfaatkan mode Nightscape yang akan menggabungkan beberapa foto sekaligus untuk menghasilkan foto akhir yang lebih terang (tapi tetap natural) serta minim noise.

ultrawide

ultrawide chroma boost

Beralih ke lensa ultra wide, menurut kami hasil fotonya juga cukup baik. Anda bisa mendapatkan sudut tangkapan gambar yang lebih luas tanpa harus mengorbankan kualitas foto. Yang menarik, kamera ultra-wide ini ternyata tetap bisa memakai mode Nightscape. Kemampuan 5x hybrid optical zoom-nya pun oke. Namun karena tidak ada OIS, tangan Anda harus tetap stabil agar hasilnya juga tajam. Atau yang lebih mudah, gunakan tripod.

IMG20191122204538

ultra wide nightscape

Bagi yang gemar selfie, ada kamera 16 megapixel di depan. Meski tidak ada autofocus, bagi kami hasil jepretan kamera selfie-nya tergolong baik di kondisi cahaya yang memadai. Nah, ini yang paling kami suka. Kalau Anda ingin melakukan selfie di tempat gelap, kamera selfie realme X2 Pro ternyata bisa menggunakan mode Nightscape juga!

IMG20191115143941

Lalu, bagaimana dengan kemampuan videografinya? realme X2 Pro dapat merekam video hingga resolusi 4K di 60 fps. Berkat bantuan fitur Super Anti-Shake baru dan dukungan gyroscope, gambar yang direkam juga lebih stabil meski Anda memegang realme X2 Pro dengan tangan tanpa bantuan gimbal. Terlebih, kamera belakang dan kamera depan smartphone ini juga punya EIS. Fitur keren lainnya yang bisa Anda temukan adalah slow motion 960 fps di 720p.

Performa super kencang berkat Snapdragon 855+

Sebelumnya Snapdragon 855+ lebih identik dengan ponsel kelas gaming yang harganya cukup menguras kantong. Namun melalui realme X2 Pro, realme berhasil menyajikan smartphone dengan chipset terkencang dari Qualcomm ini di kisaran harga yang tidak kami duga sebelumnya. Jika dibandingkan dengan versi non-plus, ada peningkatan performa sebesar 5 persen pada CPU dan 15 persen di GPU.

Ditemani dengan RAM LPDDR4X hingga 12 GB dan memori internal hingga 256 GB yang juga punya performa ngebut karena sudah menggunakan teknologi UFS 3.0, realme X2 Pro adalah perangkat yang sangat ideal untuk gamer kelas hardcore yang ingin bermain di level kompetitif sekalipun.

Kami sudah mencoba menjalankan game-game berat terpopuler masa kini seperti Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, Asphalt 9, dan sebagainya, semua bisa dimainkan dengan frame rate yang stabil di pengaturan grafis paling tinggi. Permainan juga berjalan sangat responsif dan tidak ada gangguan lag atau stuttering sama sekali.

Suhu selama bermain game pun terjaga dengan baik berkat dukungan VC Cooling System. Meski kami bermain dengan durasi yang cukup lama, tidak terjadi peningkatan panas berlebihan yang mengganggu kinerja smartphone. Secara keseluruhan, kami amat puas dengan performa dari realme X2 Pro dan bisa dibilang ia adalah salah satu smartphone paling kencang yang bisa Anda beli secara resmi di Indonesia saat ini.

Untuk lebih menggambarkan seperti apa performa dari realme X2 Pro, tidak lupa kami sajikan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

SuperVOOC Flash Charge 50W: Mantap!

realme X2 Pro ditenagai baterai 4.000 mAh. Kapasitas yang sesungguhnya standar saja untuk ukuran smartphone sekarang. Tapi untuk penggunaan normal sehari-hari, daya yang disediakannya ternyata punya ketahanan yang cukup awet untuk menenami aktivitas sejak pagi hingga malam.

Untuk gaming yang intens jelas akan lebih cepat habis karena menjalankan game 3D bakal menuntut kinerja hardware yang lebih berat dan otomatis lebih rakus daya. realme menyiasati hal ini dengan teknologi SuperVOOC Flash Charge 50W yang sejauh pengujian kami, bisa mengisi daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh hanya dalam waktu kurang lebih 35-40 menit saja. Sangat cepat!

Bahkan, karena dilengkapi sistem keamanan dengan chip lima inti yang cerdas untuk bisa memantau arus listrik secara real-time, Anda tetap bisa melanjutkan bermain game sambil melakukan charging.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 7

Kesimpulan

Dengan kehadiran realme X2 Pro, rasanya tidak perlu heran saat melihat sepak terjang realme yang melejit cepat ke posisi empat besar dalam daftar smartphone terlaris di Indonesia pada Q3 2019. Formula racikan mereka sejauh ini selalu berhasil menciptakan standar baru di setiap segmen, termasuk di kategori flagship.

realme X2 Pro punya performa gaming memuaskan, layar 90Hz, teknologi pengisian daya baterai yang luar biasa cepat, quad-camera 64 MP, serta desain yang bagus. Ditambah sederet fitur-fitur pendukung lainnya, realme X2 Pro menawarkan paket komplit yang menurut kami belum ada tandingannya di kisaran harganya, setidaknya untuk saat ini.

Review realme X2 Pro: Full Speed Flagship dengan Snapdragon 855+ dan Layar 90Hz 8

Dibanderol 7 jutaan rupiah, realme X2 Pro adalah opsi terbaik untuk Anda para hardcore gamer maupun pengguna yang menginginkan smartphone dengan segudang hardware dan teknologi kelas flagship, tapi dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Yang Canggih:

  • Performa gaming amat memuaskan
  • Kinerja mulus dan super gesit
  • Sistem pendinginan cukup baik sehingga tidak terasa panas yang berlebihan saat main game
  • Layar 90Hz dengan panel Super AMOLED
  • Hasil foto kamera utama bagus
  • Quad-camera ideal untuk beragam kondisi pemotretan
  • Baterai cukup awet
  • SuperVOOC 50W mampu mengisi daya dengan luar biasa cepat
  • Speaker lantang dan punya kualitas audio yang baik
  • Ada NFC
  • Desain premium dengan pilihan warna menarik
  • Harga sangat kompetitif

Yang Kurang:

  • Tidak ada slot microSD
  • Bodi belakang mudah kotor oleh bekas jari
  • Akan lebih menarik jika desain layarnya sudah tanpa poni
realme X2 Pro adalah opsi terbaik untuk Anda para hardcore gamer maupun pengguna yang menginginkan smartphone dengan segudang hardware dan teknologi kelas flagship, tapi dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

4.7

Beri komentar