Homepage Mobile Gadget Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan...

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel

Redmi Note 8 Pro hadir sebagai salah satu penantang yang wajib diperhitungkan di kisaran harga 3 jutaan rupiah. Bagaimana tidak, smartphone yang digadang-gadang sebagai yang pertama menawarkan kamera 64 megapixel di Indonesia ini juga dibekali hardware lainnya yang terlihat amat menonjol di kelasnya.

Untuk Anda pembaca setia kami yang sudah terlanjur penasaran ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa kecanggihan Redmi Note 8 Pro, sebelum kami suguhkan artikel review yang lebih lengkap, silakan simak terlebih dahulu kesan pertama kami saat mencicipi Redmi Note 8 Pro:

Desain cukup elegan, dilindungi Gorilla Glass 5

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel 1

Ketika menggenggamnya, kami melihat Redmi Note 8 Pro menampilkan konsep desain yang sedikit berbeda dibanding generasi sebelumnya, maupun jika dibandingkan dengan versi non-Pro. Warna gradasi di semua variannya, baik Mineral Grey seperti pada artikel kali ini, Forest Green, atau Pearl White, tidak tampak terlalu gemerlap. Mungkin Xiaomi ingin lebih mengedepankan kesan yang lebih elegan dan premium.

Bila dilihat dari depan, Redmi Note 8 Pro tampak mirip dengan Redmi Note 8. Keduanya sama-sama memiliki layar Dot Drop Display dengan poni minimalis di bagian atasnya untuk menampung kamera selfie. Meski begitu, ukuran layar Redmi Note 8 Pro, yakni 6,53 inci, sedikit lebih besar dibanding saudaranya.

Xiaomi telah melindungi layar tersebut dengan Corning Gorilla Glass 5. Bukan cuma itu, kaca tangguh ini juga dipasang di bagian belakang ponsel untuk memberikan proteksi ekstra, sekaligus menciptakan efek glossy yang menawan saat Redmi Note 8 Pro terpapar cahaya.

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel 2

Smartphone ini punya dimensi yang menurut kami cukup besar, tapi masih dalam level yang masih nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Bodinya sedikit licin. Untungnya bagian belakangnya dibuat melengkung sehingga terasa pas dengan kontur tangan dan tidak mudah lepas dari genggaman. Pada bagian belakang itu pula Anda akan menemukan 3 kamera yang disusun vertikal bersama dengan sensor sidik jari, dari satu kamera lainnya yang ditemani lampu flash.

Sama seperti Redmi Note 8, susunan kamera pada Redmi Note 8 Pro juga terlihat menonjol keluar alias tidak rata dengan bodi. Namun hal ini bisa diatasi dengan memasang casing tambahan yang sudah tersedia dalam paket penjualan. Penggunaan casing juga menjadi solusi dari masalah bodi yang mudah kotor oleh bekas jari.

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel 3
Unboxing Redmi Note 8 Pro

Perlu diketahui bahwa Redmi Note 8 Pro punya tiga slot, dua untuk Nano SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD. Ya, kali ini bukan hybrid. Port yang digunakan sudah USB Type-C, dan sekaligus sebagai penunjang fast charging 18W yang bisa langsung Anda nikmati karena charger yang mendukung fitur tersebut sudah tersedia dalam dus (tidak dijual terpisah).

Kamera cukup menjanjikan

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel 4

Seperti disebutkan di atas, Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama yang diumumkan hadir di Indonesia dengan membawa kamera 64 megapixel. Selain lensa utama dengan bukaan f/1.9 dengan sensor ISOCELL Bright GW1, ada pula 3 kamera lainnya antara lain 8 megapixel f/2.2 ultra wide, 2 megapixel f/2.4 macro, dan 2 megapixel f/2.4 depth sensor.

Kombinasi yang di atas kertas amat menggiurkan untuk sebuah smartphone dengan harga 3 juta rupiah. Terbukti, selama kami mencobanya, hasil foto menggunakan kamera Redmi Note 8 Pro tampak bagus khususnya di kondisi cahaya yang ideal. Detailnya tajam, reproduksi warnanya juga baik. Untuk kondisi low-light, smartphone ini didukung Night Mode yang menurut kami juga bisa diandalkan, tapi sekilas belum bisa kami simpulkan apakah kualitasnya lebih baik dari pesaingnya atau tidak.

Hasil foto Redmi Note 8 Pro (7)

Hasil foto Redmi Note 8 Pro (6)

Hasil foto Redmi Note 8 Pro (3)

Performa kencang, suhu tetap nyaman

Redmi Note 8 Pro menjadi smartphone pertama di Indonesia yang mengusung chipset MediaTek Helio G90T. Varian yang kami coba kali ini adalah yang dibekali RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB. Perpaduan hardware yang menarik untuk kami yang memang gemar bermain games.

Banyak yang berpendapat bahwa Redmi Note 8 Pro punya suhu yang lumayan panas kalau diajak menjalankan game berat. Namun sejauh pengujian kami saat memainkan COD Mobile dan PUBG Mobile, peningkatan suhu yang terasa tidak terlalu berlebihan. Memang hangat, tapi masih dalam taraf yang tetap nyaman di genggaman tangan dan tidak terlalu mengganggu kinerja smartphone.

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel 5

Kesimpulan awal

Kesan pertama kami terhadap Redmi Note 8 Pro bisa dibilang amat positif. Redmi Note 8 Pro punya penawaran yang sayang untuk Anda lewatkan jika Anda sedang mencari smartphone dengan kisaran harga 3 jutaan rupiah. Hardware-nya bertenaga, kameranya sekilas kami coba cukup oke, dan yang pasti, fiturnya tergolong komplit karena sudah dibekali NFC.

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Redmi Note 8 Pro, Smartphone 3 Jutaan dengan Kamera 64 Megapixel 6

Jika melihat harga dan spesifikasi yang dimilikinya, prediksi kami Redmi Note 8 Pro kami yakini akan mampu berbicara banyak di persaingan smartphone Android kelas menengah tahun ini, atau mungkin hingga tahun depan sampai generasi terbarunya kembali dirilis. Dibanderol mulai dari Rp2.999.000 untuk pembelian online dan Rp3.099.000 untuk pembelian di gerai Xiaomi, Redmi Note 8 Pro sudah bisa langsung Anda dapatkan saat ini juga.

Beri komentar