Quantcast
Home GadgetNewsVisual

MediaTek Perkenalkan MT5670, Chipset untuk Smart TV dengan Resolusi 4K

MediaTek baru saja mengumumkan kehadiran chipset terbarunya, yang kali ini bukan ditujukan untuk smartphone, melainkan Smart TV. Disebut MT5670, menurut MediaTek chipset tersebut cocok untuk menunjang resolusi UHD alias 4K dengan harga terjangkau.

Kaya fitur

MediaTek MT5670

Bagi yang belum tahu, MediaTek bukan pemain baru di ranah chipset untuk televisi. Bahkan, mereka mengklaim sebagai penyedia chipset nomor 1 saat ini. Menurut MediaTek, chipset buatan mereka sudah digunakan di lebih dari 2 miliar TV di seluruh dunia, dengan pangsa pasar mencapai 70 persen.

“MediaTek menghadirkan berbagai fitur dan teknologi yang sama kami gunakan di smartphone ke televisi, termasuk mutu gambar resolusi tinggi, AI, dan dukungan suara, menjadikan fitur-fitur terbaru televisi cerdas bisa digunakan semua orang,” kata Jerry Yu, Senior Corporate Vice President, unit bisnis Intelligent Devices MediaTek.

MediaTek MT5670 sendiri bukan cuma mampu mendukung resolusi 4K, tetapi juga dibekali beragam fitur dan teknologi menarik. Contohnya adalah AI Picture Quality yang mengandalkan pengenalan wajah dan lingkungan untuk secara otomatis menyesuaikan aturan ketajaman dan mutu gambar.

Ada pula teknologi MediaTek MiraVision dan solusi de-interlace MDDiTM untuk mutu gambar yang halus, dan mengintegrasikan codec audio berkualitas tinggi untuk suara yang lebih baik. Chipset dengan enam CPU ARM Cortex-A53 yang beroperasi di 1,5GHz dan GPU ARM Mali G51 ini juga memungkinkan produsen televisi mengintegrasikan kemampuan suara yang bisa memberikan kendali lebih banyak bagi konsumen.

Fitur-fitur lainnya antara lain worldwide multi-standard analog TV demodulator, ATSC/DVB-T/DVB-C/ISDB-T demodulators, 3D graphic support with OpenGL ES 1.1/2.0/3.1/3.2, H.264 encoder support, multi-standard video decoder support (including VP9), dan HDMI 2.0 receiver with 3D support.

Tersedia mulai bulan ini

MediaTek mengumumkan bahwa chipset MT5670 akan tersedia secara global di berbaga Smart TV mulai bulan ini. Menarik untuk menantikan seberapa murah harga dari Smart TV 4K yang mengadopsi chipset tersebut. Kita tunggu saja!

Back to top button