Quantcast
KomputerNewsPrinter

HP Memerangi Tinta & Toner Palsu di Asia Tenggara dengan Program ACF

Salah satu penyebab kerusakan pada printer yang juga bisa menghilangkan garansi adalah penggunaan produk palsu seperti tinta atau toner. Masalah pemalsuan ini tidak bisa dianggap enteng, mengingat penjualan produk palsu di seluruh dunia mencapai nilai US$1,2 triliun di tahun 2017.

Masalah serius bagi konsumen

HP sendiri merupakan salah satu vendor yang aktif mengampanyekan produk asli dan memerangi produksi serta distribusi tinta dan toner palsu. Melalui program Anti-Counterfeiting & Fraud (ACF), HP berhasil mengamankan produk-produk palsu untuk printer HP di Asia Tenggara dengan nilai fantastis. Tercatat produk palsu yang berhasil diamankan dalam 15 bulan mencapai US$7,117 juta atau sekitar 100 milyar rupiah.

HP infografis kartrid printer palsu 2019

Dengan melibatkan otoritas penegak hukum lokal, HP sudah melakukan lebih dari 17 penggrebekan dan lima penangkapan di beberapa kawasan di Asia Tenggara. Dalam aksi penggrebekan tersebut, beberapa jenis barang berhasil diamankan seperti kartrid, baik yang sudah jadi maupun yang belum dirakit, barang-barang kemasan dan berbagai jenis label.

HP juga secara proaktif melindungi mitra distribusi dan pelanggan dari produk-produk palsu untuk pencetakan melalui Channel Partner Protection Audits (CPAA) — sebuah proses audit bagi mitra-mitra HP. Mitra-mitra yang lulus dan memperoleh sertifikat CPAA dapat menyampaikan hal ini kepada para pelanggan. Hasil audit ini akan memberikan jaminan bagi mitra maupun pelanggan bahwa tinta dan toner untuk printer yang mereka beli adalah 100 persen asli.

Panduan menghindari produk palsu

Melalui Program ACF ini, HP berusaha untuk melindungi para pebisnis dari masalah-masalah yang diakibatkan oleh produk-produk palsu.

HP infografis kartrid printer palsu 2019 1

Beberapa panduan sederhana yang dapat diikuti perusahaan-perusahaan untuk memastikan bahwa pembelian produk-produk HP adalah Asli.

  • Berhati-hatilah dengan metode penjualan yang meragukan seperti penjualan besar-besaran di situs lelang online dan penurunan harga secara dramatis
  • Belilah hanya dari mitra penjualan resmi HP untuk menghindari korban penipuan
  • Meminta produk HP Asli secara terang-terangan saat membeli atau mengajukan penawaran.
Back to top button