Homepage Review Review Realme X: Smartphone dengan Fitur Premium di Kelas 3 Jutaan Rupiah

Review Realme X: Smartphone dengan Fitur Premium di Kelas 3 Jutaan Rupiah

4.5
Terbaik di Kelasnya
Cek Harga

Segmen smartphone kelas menengah di kisaran 3 – 4 juta rupiah selalu menarik untuk dicermati. Di segmen ini, smartphone yang ada mulai dibekali beberapa fitur baru yang biasa ditemukan di ponsel yang harganya lebih mahal.

Salah satunya adalah Realme X. Diposisikan di atas Realme 3 Pro, Realme X hadir dengan desain lebih menawan dan kamera lebih baik.

Layar penuh dan kamera pop-up

Meninggalkan desain bingkai tipis dengan layar poni, Realme X mengadopsi desain kamera depan pop-up untuk menampilkan layar penuh tanpa poni atau tompel. Dengan desain penuh, layarnya akan optimal saat digunakan main game atau menonton video.

Estetika desain Realme X amat baik, terlihat lebih mewah dari harganya. Bagian belakang bodinya juga terlihat minimalis dengan dua kamera dan flash di bagian tengah atas yang rata dengan bodi. Untuk melindungi lensanya, disarankan Anda menggunakan case bawaan yang sayangnya akan membuat warna bodinya meredup dan kurang terlihat. Case ini juga berguna melindungi bodi dari bercak bekas sidik jari di bodi kilapnya.

Secara keseluruhan, Realme X tampil minimalis tapi menawan dengan pesona desain bingkai tipis dan layar penuh yang tetap menjadi tren.

Kamera terbaik di ponsel Realme saat ini

Dengan sensor Sony IMX586 yang memiliki resolusi maksimum 48 megapixel, Realme X memiliki spesifikasi kamera terbaik di kelasnya untuk saat ini. Menu dan fitur kamera utama Realme X ini masih identik dengan Realme 3 Pro. Namun hasil foto Realme X terlihat lebih superior dibandingkan Realme 3 Pro.

Review Realme X: Smartphone dengan Fitur Premium di Kelas 3 Jutaan Rupiah 1

Dalam beragam kondisi cahaya, foto yang dihasilkan Realme X termasuk memuaskan. Ketajaman dan detil foto amat baik, begitu juga dengan reproduksi warna yang cenderung vivid alias matang. Untuk beberapa kondisi dan obyek, setelan warna kamera Realme X akan terlihat menyenangkan. Pengguna juga dapat memanfaatkan opsi Chroma Boost untuk meningkatkan saturasi warna jika dibutuhkan, seperti hasil foto malam hari yang biasanya terlihat pudar.

Berikut beberapa contoh hasil foto Realme X di kondisi cahaya ideal tanpa penyuntingan sama sekali.

Realme X

Realme X

Realme X

Hasil foto saat memotret dari jarak dekat juga terlihat penuh detil dengan warna yang matang. Berikut contoh hasil foto close-up Realme X.

IMG20190730135706

Realme X

Realme X

Dalam kondisi minim cahaya atau malam hari, kamera Realme X juga tetap handal. Dengan fitur Nightscape, kamera Realme X akan dapat mengambil foto dalam berbagai exposure. Kemudian ponsel akan menggabungkannya menjadi foto yang lebih terang dengan rentang dinamika cahaya yang lebih luas. Konsepnya mirip seperti HDR.

Berikut hasil foto Realme X menggunakan mode Nightscape.

Night Mode Realme X

Realme X Night Mode

Review Realme X: Smartphone dengan Fitur Premium di Kelas 3 Jutaan Rupiah 2

Kamera selfie Realme X yang dapat bersembunyi jika tidak dibutuhkan juga mampu menghasilkan swafoto yang baik. Seperti biasa, tersedia efek Beautify di kamera depannya. Wajah berjerawat atau kurang mulus akan disulap menjadi mulus tanpa cela seperti mengenakan make-up. Untuk layar kecil, hasil fotonya masih terlihat alami.

IMG20190725183903

Performa kencang dengan baterai tahan lama

Sebagai smartphone termahal Realme di tahun 2019, performa Realme X dapat diandalkan. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 710 dan RAM 8GB (varian yang kami uji), Realme X nyaman digunakan saat main game atau menjalankan aplikasi lain seperti penyunting foto dan video.

Memainkan game terbaru seperti Mobile Legends Adventure atau game santai seperti Disney Magic Kingdoms terasa lancar dan gegas. Bagi yang suka bermain PUBG Mobile, akan bisa mengatur setting grafis hingga HD agar game berjalan mulus.

Kualitas tampilannya saat memainkan game atau memutar video juga amat baik, berkat layar AMOLED yang digunakannya. Realme X juga merupakan sedikit ponsel di harga 3 jutaan rupiah yang menggunakan in-display fingerprint. Respons sensor sidik jari ini termasuk gegas dan nyaris secepat sensor sidik jari konvensional. Perlu dicatat,

Review Realme X: Smartphone dengan Fitur Premium di Kelas 3 Jutaan Rupiah 3
UI ColorOS 6 juga terlihat lebih rapi dan memuat lebih banyak opsi. Pemblokiran SMS atau panggilan dengan mudah bisa dilakukan di setting. Begitu juga pengaturan Cloning App untuk pengguna yang ingin menggunakan dua akun dalam satu perangkat untuk aplikasi seperti Whatsapp, Facebook atau Instagram.

Ketahanan baterai perlu diacungi jempol. Dengan pola pemakaian cukup intensif, mulai dari sering chat & akses media sosial, aktif memotret dan sesekali bermain game, Realme X dapat bertahan sekitar 17 jam. Tidak hanya itu, mengisi baterai juga dapat dituntaskan dengan cepat. Dengan charger bawaannya, kami dapat mengisi baterainya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Juara baru di kelas 3 jutaan rupiah

Belum lama kami mengulas Realme 3 Pro dan menobatkannya sebagai idola baru di smartphone kelas 3 jutaan, kini muncul Realme X yang lebih canggih lagi di kisaran harga serupa.

Review Realme X: Smartphone dengan Fitur Premium di Kelas 3 Jutaan Rupiah 4

Dibandingkan Realme 3 Pro, Realme X hadir dengan desain lebih baik, layar penuh bebas poni, serta kualitas kamera yang superior. Satu-satunya yang agak disayangkan adalah absennya slot kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Realme X versi 8GB / 128GB juga menjadi salah satu yang termurah di kelasnya, yaitu 4 juta rupiah. Perbedaan harganya ini termasuk relatif minim. Jadi jika dana cukup longgar, kami akan menganjurkan Anda memilih Realme X.

Dengan performa yang baik, hasil foto yang prima, daya tahan baterai ekstra, serta fitur canggih seperti sensor sidik jari di layar, Realme X cocok digunakan Anda yang suka sesekali main game serta gemar foto-foto.

Yang Canggih:
+ Desain minimalis dengan kamera pop-up
+ Hasil foto amat baik, mengungguli ponsel di kelas harganya
+ Kamera depan pop-up mampu menghasilkan foto selfie yang oke
+ Daya tahan baterai amat baik
+ Performa kencang, baik untuk main game atau menyunting foto
+ Layar AMOLED jernih dan kaya warna, serta bebas dari poni
+ Mendukung pengisian baterai cepat

Yang Kurang:
– Bodi mudah kotor jika tidak menggunakan case
– Bagian kamera pop-up kurang terlindungi case bawaan
– Tidak ada slot microSD

Juara Baru di Kelas 3 Jutaan
Dengan performa yang baik, hasil foto yang prima, daya tahan baterai ekstra, serta fitur canggih seperti sensor sidik jari di layar, Realme X cocok digunakan Anda yang suka sesekali main game serta gemar foto-foto.

4.5
Terbaik di Kelasnya
Cek Harga