Mobile GadgetReviewSmartphone

Review OPPO F11: Seri F Terbaik dan Terakhir dengan Harga Relatif Terjangkau

4.4
Cek Harga

Saat meluncurkan F1s dulu, OPPO menggunakan tagline “Selfie Expert” untuk menunjukkan kemampuan kamera depan OPPO F1s. Kini di OPPO F11, tagline tersebut berubah menjadi “Brilliant Portrait” untuk menunjukkan kemampuan kamera belakang menghasilkan foto keren di berbagai suasana.

Tapi apakah hanya kemampuan kameranya saja yang meningkat? Berikut ulasan OPPO F11 yang telah kami gunakan lebih dari satu bulan.

Desain layar dengan poni minimalis

Untuk tampilan depan, OPPO F11 cukup identik dengan OPPO F9. Satu perbedaan yang agak kentara terletak pada ukuran layarnya yang lebih besar sehingga membuat bodinya sedikit lebih lebar dan lebih tinggi dibandingkan F9. Meskipun begitu, OPPO F11 tetap nyaman saat digenggam dengan satu tangan sekalipun.

Bodi bagian belakang terlihat berbeda, dengan penempatan kamera yang di tengah. Bukan di pojok kiri atas seperti pada OPPO F9. Pilihan warna juga berbeda dan lebih bervariasi yaitu Flourite Purple dan Marble Green, kemudian kini bertambah dengan Jewelry White.

Walaupun bodi belakangnya masih gampang kotor terkena bekas jari, desain OPPO F11 termasuk amat baik dari segi estetika dan ergonomis.

Performa meningkat

Satu peningkatan bisa terasa dari sisi performa. Penggunaan chipset Mediatek Helio P70 terasa gegas untuk beragam kebutuhan, mulai sekedar memotret atau menyunting foto hingga memainkan game.

Saat dicoba, game populer seperti PUBG Mobile dapat dijalankan dengan lancar pada tingkat grafis menengah. Game lain seperti Need for Speed juga berjalan dengan lancar, meskipun waktu loading tidak secepat ponsel kelas flagship. Ketika memainkan game, ponsel hanya terasa menghangat sedikit sehingga tetap nyaman.

Pembaharuan lain yang menyenangkan adalah penyegaran yang dibawa ColorOS 6. Ikon yang lebih besar dan menu yang lebih lengkap memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Contohnya menu pada aplikasi Kamera kini lebih lengkap sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkan beberapa fungsi mendasar dari menu di Setting.

Satu hal yang layak diacungi jempol adalah ketahanan baterainya. Dengan pola pemakaian memotret cukup sering, ngobrol lewat Whatsapp dan akses media sosial cukup sering, OPPO F11 dapat bertahan sekitar 18 jam sebelum harus diisi baterainya. Pengisian baterai juga berlangsung cepat, sekitar 1,5 jam untuk mengisi penuh dari kondisi kosong.

Kamera sama seperti versi Pro

Yang membuat OPPO F11 amat menarik adalah spesifikasi kameranya yang sama seperti OPPO F11 Pro yang lebih mahal. Kamera belakang utama yang dilengkapi sensor ISOCELL 48 megapixel mampu menghasilkan foto yang baik di kondisi cahaya ideal, seperti ditunjukkan beberapa foto berikut yang tidak melalui proses penyuntingan sama sekali.

IMG20190502161846

IMG20190415162841

IMG20190430080339

OPPO F11 juga memiliki Portrait mode untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Hasilnya cukup meyakinkan walaupun kadang efeknya masih kurang rapi terutama di bagian rambut subyek. Berikut contoh hasil foto dengan Portrait Mode.

IMG20190415121828

Fitur AI Beauty juga semakin baik dengan hasil dandanan digital yang terlihat lebih natural dan tidak seperti badut. Berikut perbandingan mode Beauty aktif dan non aktif.

IMG20190415131014

IMG20190415131024

Namun keunggulan kamera OPPO F11 yang sesungguhnya terletak pada malam hari. OPPO F11 kini telah mengemas Night Mode. Dengan mode ini, kamera OPPO F11 akan mengambil beberapa foto dalam berbagai setting exposure dan menggabungkannya menjadi foto yang memiliki dynamic range lebih luas. Konsepnya seperti HDR tapi untuk malam hari. Yang perlu diperhatikan, dibutuhkan waktu beberapa detik bagi OPPO F11 untuk menuntaskan Night Mode. Jadi selama beberapa detik tersebut, tangan Anda wajib stabil dan minim guncangan agar hasil akhirnya tetap tajam.

Hasil foto Night Mode ini mampu menerangi bagian gelap dan memberikan nuansa berbeda. Namun perlu diingat, warna akan menjadi melenceng dan hal ini terlihat saat memotret subyek manusia. Skin tone atau warna kulit akan terlihat berbeda dengan aslinya, mengikuti warna cahaya sekitar.

Berikut beberapa hasil foto dengan Night Mode langsung dari kamera OPPO F11.

IMG20190101134732

Night Mode

Night Mode

Seri F terbaik dari OPPO

Dengan F11, OPPO membuktikan bahwa ponsel kelas menengah dapat memiliki kualitas yang mirip seperti ponsel kelas premium. Dengan Night Mode dan baterai yang tahan lama tapi mengisi cepat, OPPO F11 layak mendapatkan predikat sebagai OPPO seri F terbaik saat ini.

Kualitas foto dan performa yang meningkat juga akan memanjakan penggemar ponsel OPPO yang suka memotret sekaligus bermain game kasual. Jadi bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan kamera oke, baterai tahan lama dengan proses pengisian cepat, serta kinerja yang cepat pada kisaran harga 3-4 juta rupiah, OPPO F11 akan jadi pilihan yang baik.

Yang Canggih:

  • Desain ergonomis
  • Hasil foto kamera utama baik di kondisi cahaya ideal
  • Night Mode efektif untuk memotret malam hari atau minim cahaya
  • ColorOS 6 lebih atraktif dan intuitif saat digunakan
  • Kinerja cepat dengan manajemen panas yang baik
  • Harga terjangkau untuk smartphone dengan memori internal 128GB

Yang Kurang:
– Tidak terlihat perbedaan signifikan antara foto 48 megapixel dan 12 megapixel
– Bodi mudah kotor saat dipegang tanpa case
– Hasil foto kondisi minim cahaya tanpa Night Mode biasa saja
– Akurasi warna melenceng saat memotret manusia dalam Night Mode

OPPO Seri F Terbaik
Dengan F11, OPPO membuktikan bahwa ponsel kelas menengah dapat memiliki kualitas yang mirip seperti ponsel kelas premium. Dengan Night Mode dan baterai yang tahan lama tapi mengisi cepat, OPPO F11 layak mendapatkan predikat sebagai OPPO seri F terbaik saat ini. Kualitas foto dan performa yang meningkat juga akan memanjakan penggemar ponsel OPPO yang suka memotret sekaligus bermain game kasual. Jadi bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan kamera oke, baterai tahan lama dengan proses pengisian cepat, serta kinerja yang cepat pada kisaran harga 3-4 juta rupiah, OPPO F11 akan jadi pilihan yang baik.
4.4
Cek Harga

Related Articles

Back to top button