Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Review Asus ZenFone Max M2: Harga Lebih Terjangkau, Baterai Tetap Tahan Lama

3.7
Cek Harga

Seperti diketahui Asus memiliki varian yang lebih murah dari ZenFone Max Pro M2 dengan beberapa perbedaan spesifikasi. Ya, apalagi kalau bukan ZenFone Max M2. Meski secara harga lebih ramah di kantong, sektor baterai dari smartphone ini tetap menjanjikan daya tahan yang mantap.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Hadirkan DNA desain yang mirip pendahulunya

Jika dibandingkan dengan versi Pro, salah satu perbedaan yang paling mudah Anda lihat dari ZenFone Max M2 adalah bagian ekterior. Sekilas, Asus mengadopsi DNA yang mirip dengan ZenFone Max Pro M1 / Max M1.

Artinya Anda tidak akan menemukan finishing glossy dengan pola ombak yang terlihat menawan ketika terkena cahaya. Tapi tidak perlu khawatir karena penampilan ZenFone Max M2 masih terbilang premium dan tidak murahan, meski tidak ada inovasi baru dari desainnya.

Sama seperti pendahulunya, Asus kembali menggunakan bodi berbahan metal dengan kualitas rancang bangun yang kokoh. Finishing-nya lebih soft dan tidak menghadirkan refleksi ketika terkena cahaya. Cocok untuk Anda yang memang kurang suka menjadi pusat perhatian.

Karena berbahan metal dan ditambah dengan dimensinya yang menurut kami cukup ramping dengan ketebalan hanya 7,7mm, bodi bagian belakang dari ZenFone Max M2 terasa cukup licin. Untungnya Asus tetap menyediakan soft case tambahan dalam paket penjualannya.

Beralih ke depan, inilah bagian yang membedakan ZenFone Max M2 dengan Max Pro M1. Layar pada Max M2 lebih besar, 6,3 inci, dan sudah memiliki poni pada bagian atasnya. Bezelnya juga tipis sehingga rasio screen-to-body bisa mencapai 88 persen.

Asus ZenFone Max M2 menyediakan tiga slot sekaligus yang terdiri dari dua untuk SIM-card dan satu khusus untuk microSD. Port yang ditanamkan masih microUSB, dan dari sistem keamanan dibekali sensor sidik jari (di belakang).

Layar lebar dengan resolusi HD+

Seperti disebutkan di atas, Asus ZenFone Max M2 menawarkan layar besar berukuran 6,3 inci. Resolusinya memang masih HD+ saja, tapi menurut kami tetap terlihat tajam dan sajian warnanya pun lumayan sedap dipandang.

Dari segi tingkat kecerahan tidak ada yang spesial alias standar-standar saja. Walaupun bukan yang paling terang, Anda tetap bisa melihat konten yang ditampilkan oleh layar di bawah sinar matahari.

Intinya layar ini sudah mencukupi untuk penggunaan sehari-hari, mulai dari browsing, mengakses media sosial, menonton film, dan sebagainya. Tidak ada masalah berarti selama kami mencobanya.

Dari sektor audio, ZenFone Max M2 memiliki 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP. Kualitas suaranya terdengar jernih dan cukup lantang. Lumayan untuk menemani Anda bermain games.

Sistem operasi tetap Android murni

Seri ZenFone Max belakangan ini selalu menggunakan sistem operasi Android murni. Begitu pula dengan ZenFone Max M2. Asus membenamkan OS Android 8.1 Oreo tanpa ada modifikasi dari ZenUI.

Karena mengadopsi Stock Android, tidak banyak fitur bawaan yang bisa kami bahas. Yang pasti OS ini terasa ringan dan gesit, serta tidak banyak terisi oleh bloatware yang tidak penting.

Lalu, apakah nantinya akan ada update ke Android 9.0 Pie? Hingga saat ini kami belum menerima informasi resminya.

Kamera belakang lumayan ketika cahaya memadai

Asus ZenFone Max M2 dipersenjatai kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 13 megapixel f/1.8 lengkap dengan kemampuan merekam video 4K dan dukungan EIS, serta kamera kedua 2 megapixel yang hanya berfungsi sebagai Depth Sensor.

Sementara untuk selfie, ada kamera 8 megapixel f/2.0 di depan. Khusus untuk kamera depan ini, Asus menawarkan fitur Softlight LED flash untuk membantu selfie di kondisi cahaya yang minim. Selain itu, kamera depan ZenFone Max M2 juga mendukung fungsi Face Unlock.

Beralih kembali ke kamera belakang, Asus menanamkan beberapa mode bawaan seperti Auto, Beauty, Portrait, Pro, HDR, Sports, dan Night. Kamera belakang tersebut juga sudah memiliki AI dengan 13 scene detection untuk memberikan pengaturan yang menurut Asus paling optimal.

Bagaimana hasil fotonya? Menurut kami masih cukup oke asalkan Anda memotret di kondisi cahaya yang ideal. Hasilnya tajam dan reproduksi warnanya pun lumayan akurat dengan dynamic range yang tidak buruk.

Hasil foto Asus ZenFone Max M2 (11)

Hasil foto Asus ZenFone Max M2 (5)

Hasil foto Asus ZenFone Max M2 (8)

Hasil foto Asus ZenFone Max M2 (4)

Hasil foto Asus ZenFone Max M2 (9)

Ketika low-light detail memang akan terlihat menurun dan terkadang kamera tidak dapat mengunci fokus dengan baik, sehingga ada kemungkinan Anda mendapatkan foto yang blur. Tapi bukan berarti kemampuan foto low-light ZenFone Max M2 buruk, kok. Asalkan objek tidak bergerak dan tangan Anda stabil, foto yang dihasilkan terkadang lumayan oke seperti contoh di bawah ini

Hasil foto Asus ZenFone Max M2 (6)

Agar lebih menggambarkan seperti apa kemampuan kamera Asus ZenFone Max M2, Anda bisa langsung mengakses koleksi foto kami di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa didukung Snapdragon 632

Asus ZenFone Max M2 bisa dibilang merupakan salah satu smartphone pertama dengan SoC Qualcomm Snapdragon 632, yang dirilis secara resmi di Indonesia. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 625, jelas Snapdragon 632 menjanjikan performa yang lebih kencang.

Ada dua varian ZenFone Max M2 yang bisa Anda pilih, yakni yang dibekali RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, atau RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Soal kinerjanya, selama kami memakai smartphone ini tidak ada masalah yang berarti. Semuanya berjalan mulus dan lancar. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pun terasa responsif.

Untuk urusan gaming, ZenFone Max M2 masih bisa diandalkan untuk menjalankan judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Hanya saja pengaturan grafisnya harus Anda sesuaikan agar frame rate tetap terjaga.

Berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

 

Baterai tahan lama

ZenFone Max M2 memang tidak dibekali dengan kapasitas baterai sebesar ZenFone Max Pro M2. Untuk varian ini, Asus hanya membenamkan baterai 4.000 mAh. Tapi apakah daya tahan baterainya tidak sehebat saudaranya?

Jangan salah. Dengan baterai 4.000 mAh, ZenFone Max M2 bisa menemani aktivitas Anda seharian penuh dari pagi hingga malam hari. Hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark pun menampilkan skor yang cukup menggiurkan, yakni nyaris 16 jam.

Tentunya hal itu ditunjang dengan resolusi layar ZenFone Max M2 yang lebih rendah dan SoC yang tidak rakus tenaga. Untuk pengisian dayanya, baterai ZenFone Max M2 bisa terisi penuh hingga 100 persen dengan waktu charging kurang dari 2,5 jam.

Kesimpulan

Mungkin ada yang berpendapat bahwa ZenFone Max M2 tidak tampil semenarik ZenFone Max Pro M2, atau bahkan ZenFone Max Pro M1 sekalipun. Awalnya kami juga merasa seperti itu. Namun setelah mencobanya, ternyata smartphone ini cukup oke.

Secara performa memang kurang mantap, tapi selebihnya, ZenFone Max M2 adalah smartphone yang bisa diandalkan untuk mendukung mobilitas Anda sehari-hari. Apalagi, harga ZenFone Max M2 di Indonesia saat ini sudah turun sehingga bisa menjadi opsi belanja bagi Anda yang punya budget terbatas.

Dibanderol mulai dari Rp1.999.000, Asus ZenFone Max M2 cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan bodi metal yang kokoh dan baterai yang tahan lama.

Yang Canggih:

  • Bodi berbahan metal dengan kualitas rancang bangun yang baik
  • Ketebalannya hanya 7,7mm, tergolong tipis
  • Layar lebar, asyik untuk menonton film
  • Tingkat kecerahan layar tinggi
  • OS Android murni
  • Triple slot (ada slot microSD terdedikasi)
  • Daya tahan baterai cukup memuaskan

Yang Kurang:

  • Bodi bagian belakang licin
  • Performa tidak sekencang pesaingnya di kisaran harga yang sama
  • Belum didukung fast charging
Spesifikasi Asus ZenFone Max M2
Layar IPS 6,3 inci HD+ 19:9
SoC Qualcomm Snapdragon 632
RAM 3GB atau 4GB
Memori internal 32GB atau 64GB
Kamera belakang 13 megapixel f/1.8 + 2 megapixel
Kamera depan 8 megapixel
Baterai 4.000 mAh
Sistem Operasi Stock Android 8.1 Oreo
Fitur Sensor sidik jari, Face Unlock
ZenFone Max M2 adalah smartphone yang bisa diandalkan untuk mendukung mobilitas Anda sehari-hari
3.7
Cek Harga