Home News Mencoba Kamera Baru OPPO F11 Pro untuk Memotret di Malam Hari

[Hands-On] Mencoba Kamera Baru OPPO F11 Pro untuk Memotret di Malam Hari

Hasil foto smartphone yang bagus di siang hari kini semakin mudah dicapai. Tantangan sesungguhnya muncul saat memotret dalam kondisi minim cahaya atau malam hari. Mengingat keterbatasan kamera ponsel yang hadir dengan sensor dan lensa ekstra mungil, banyak produsen ponsel yang akhirnya berpaling ke optimalisasi software.

Dan itulah yang diterapkan OPPO di kamera belakang F11 Pro.

[Hands-On] Mencoba Kamera Baru OPPO F11 Pro untuk Memotret di Malam Hari 1
Kamera belakang utama kini dilengkapi sensor 48 megapixel

Sebagai informasi, OPPO F11 memiliki kamera belakang utama 48 megapixel dengan lensa f/1.79 dan kamera kedua 5 megapixel untuk pengukur kedalaman di mode Portrait. Spesifikasi ini meningkat drastis dibandingkan kamera utama OPPO F9.

Lalu peningkatan apa yang dibawa OPPO F11 Pro untuk menghasilkan foto malam yang baik? Berikut pengalaman kami menggunakan OPPO F11 Pro selama

Nightscape Mode yang mudah digunakan

Sebelumnya kita wajib menggunakan mode manual yang memberikan pengaturan shutter speed dan ISO (serta bantuan tripod) untuk mendapatkan foto malam hari yang baik dengan ponsel seperti pada hasil pengujian kamera ponsel OPPO sebelumnya. Tapi lain cerita jika kita menggunakan OPPO F11 Pro.

[Hands-On] Mencoba Kamera Baru OPPO F11 Pro untuk Memotret di Malam Hari 2
Night Mode & Nightscape Mode

Saat memotret dalam kondisi gelap atau malam hari, Anda bisa menggunakan Nightscape Mode. Apa bedanya dengan Night Mode yang terdeteksi secara otomatis? Pada dasarnya, Nightscape Mode akan menggabungkan beberapa foto dalam berbagai exposure yang diambil sekaligus. Konsepnya mirip seperti HDR, hanya saja ini dioptimalkan untuk kondisi minim cahaya. Berbeda dengan HDR, Nightscape Mode hanya dapat bekerja jika kondisi cahaya cukup gelap. Jadi jika Anda telah memilih mode Nightscape untuk memotret interior ruangan yang agak terang, maka kamera OPPO F11 Pro akan tetap memotret satu foto seperti biasa.

Dengan mode Nightscape, detil pada area shadow yang cenderung gelap akan terangkat sehingga lebih terlihat. Berikut perbandingan antara hasil foto yang menggunakan Night Mode dan Nightscape Mode. Foto diambil tanpa bantuan tripod dan tidak melalui proses penyuntingan.

normal
nightscape mode

Foto kedua yang diambil dengan Nightscape Mode terlihat lebih menarik dan lebih jelas. OPPO F11 Pro secara otomatis menggabungkan foto dengan kecepatan rana atau shutter speed yang berbeda. Hal ini terlihat dari air terjun yang terlihat halus akibat penggunaan kecepatan rana yang lambat. Kamera juga secara pintar memilih kecepatan rana yang tidak terlalu lambat sehingga hasil akhir tetap tajam.

Begitu juga di foto berikut. Detil pada gedung tetap terlihat, sementara lampu juga dapat ditangkap dengan pas.

IMG20190101123543

Selain obyek, Nightscape Mode juga bisa digunakan untuk memotret subyek manusia di malam hari. Fitur ini amat berguna saat kondisi cahaya latar terlalu terang, sementara kondisi cahaya di subyek jauh lebih gelap.

Yang perlu diperhatikan, subyek dan tangan harus diam dan tidak banyak bergerak agar hasil foto tetap tajam dan tidak kabur. Berikut contoh Nightscape Mode saat memotret subyek manusia.

IMG20190101141523

Nightscape Mode juga membantu saat memotret dengan lampu yang menyala terang seperti contoh berikut. Tanpa Nightscape Mode, maka lampu dengan tulisan di atas model akan terlihat putih, tanpa terbaca tulisannya.

IMG20190101130924

Portrait di minim cahaya

Bagi yang suka memotret dengan efek bokeh, Anda akan menyukai mode Portrait OPPO F11 Pro. Gunakan untuk memotret subyek yang pas dan pada jarak yang tepat, Portrait Mode OPPO F11 Pro akan dapat menghasilkan foto dengan bokeh yang memikat seperti contoh berikut.

IMG20190101130554

IMG20190106171626

Untuk hasil maksimal, Anda juga harus memperhatikan latar yang ingin dikaburkan.

Portrait mode

Pada foto di atas, ada spanduk hitam yang ternyata “menempel” di rambut subyek. Geser subyek ke samping agar spanduk tidak menempel dan hasilnya akan terlihat lebih alami dan akurat.

Dengan update kamera dan software, OPPO F11 Pro hadir dengan kemampuan fotografi yang lebih baik dibandingkan pendahulunya yaitu OPPO F9. Dipatok dengan harga jual Rp4.999.000, OPPO F11 Pro layak dipertimbangkan pengguna yang gemar memotret dengan ponsel di siang dan malam hari.

Single Post Template 36 – Entertainment 3
Kristian Tjahjonohttps://yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional, serta menggarap proyek-proyek digital untuk berbagai klien teknologi