[MWC 2019] Nokia 1 Plus: Smartphone Murah Berbasis Android 9.0 Pie Go Edition

Pasar smartphone kelas entry-level tampaknya amat disukai oleh HMD Global. Pada ajang Mobile World Congress 2019 Barcelona, mereka mengumumkan kehadiran Nokia 1 Plus, smartphone berbasis Android Go Edition.

Spesifikasi khas perangkat kelas bawah

svg%3E

Nokia 1 Plus disinyalir merupakan penerus dari Nokia 1 yang juga diperkenalkan di ajang MWC tahun lalu. Mengusung konsep serupa dengan pendahulunya, smartphone ini dibekali spesifikasi khas perangkat entry-level.

Pengguna disuguhkan layar IPS 5,45 inci FWVGA yang tentunya lebih besar dibanding yang dimiliki oleh Nokia 1, yakni 4,5 inci. Performanya kini didukung SoC MediaTek MT6739 yang ditemani RAM 1 GB dan memori internal 8 GB, lengkap dengan slot microSD.

svg%3E

Di atas kertas spesifikasi tersebut memang terlihat pas-pasan. Namun karena Nokia 1 Plus mengadopsi sistem operasi Android 9.0 Pie Go Edition, pengalaman yang ditawarkannya dijanjikan akan mulus.

Dari sektor fotografi, smartphone ini memiliki kamera belakang 8 megapixel dengan LED flash, serta kamera depan 5 megapixel. Baterainya 2.500 mAh, tidak besar tapi tentunya sepadan karena hardware lainnya tidak rakus daya.

svg%3E

Tiga pilihan warna

HMD Global berencana melepas Nokia 1 Plus ke pasaran pada Maret 2019 mendatang dengan tiga pilihan warna, antara lain Red, Blue, dan Black. Harganya di Eropa amat terjangkau, hanya US$99 atau sekitar 1,3 jutaan rupiah. Besar kemungkinan jika dirilis di Asia, khususnya Indonesia, harganya bisa lebih murah.