Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Dibanderol 2 Jutaan Rupiah, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme U1

Realme U1 hadir di Indonesia sebagai smartphone pertama yang mengusung chipset MediaTek Helio P70. Meski mengandalkan hardware terbaru, tapi smartphone ini masih dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan harga yang kompetitif, tentunya Realme U1 menjadi salah satu pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Namun jika Anda masih ragu apakah harga tersebut benar-benar layak, langsung saja simak beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini!

Yang Canggih:

1. Bodi dibalut warna yang menarik

Meskipun secara desain biasa saja dan masih mirip dengan Realme 2 Pro, tapi Realme U1 dibalut dengan warna yang terlihat menarik yaitu Ambitious Black, Fiery Gold dan Brave Blue.

Selain itu, Lapisan akrilik di bodi bagian belakang memberikan efek seperti kaca yang tampak cantik ketika memantulkan cahaya. Realme U1 juga punya bodi yang melengkung serta dimensi yang tidak terlalu besar sehingga tetap nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

2. Layar besar dan memanjakan mata

Realme U1 dibekali layar LTPS IPS 6,4 inci dengan resolusi FUll HD+. Tidak hanya ukurannya besar sehingga konten bisa ditampilkan dengan lebih memuaskan, layar ini juga terlihat tajam dan terang.

Untuk ukuran smartphone 2 jutaan, tingkat kecerahan layarnya memang tergolong tinggi yang artinya nyaman dipandang di bawah sinar matahari. Menariknya lagi, layar Realme U1 sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

3. Performa mantap, cocok untuk main game

Seperti disebutkan di atas, Realme U1 merupakan smartphone pertama dengan chipset MediaTek Helio P70. Di atas kertas, chipset ini mampu memberikan performa 13% lebih baik dibandingkan P60. Saat diuji dengan Antutu, nilainya cukup memuaskan dan sekitar 20% di atas nilai Helio P60.

Saat dicoba memainkan game baru seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, atau SEGA Heroes, Realme U1 mampu menjalankan semuanya dengan lancar. Pada waktu ponsel bekerja maksimal, tidak terasa rasa panas yang mengganggu keluar dari bodinya. Tidak ketinggalan, Realme juga menyediakan fitur Game Space agar tidak terganggu notifikasi dan performa gaming lebih maksimal.

4. Kamera selfie bisa diandalkan

Realme U1 memang diposisikan sebagai smartphone selfie. Anda akan menemukan kamera depan Sony IMX 576 25 megapixel f/2.0 dengan ukuran sensor yang besar, sehingga cocok untuk memotret di segala kondisi.

Realme U1 selfie

IMG20181205172131

Terbukti, kamera depan Realme U1 mampu menghasilkan foto selfie yang keren. Untuk Anda yang ingin tampil lebih menawan tapi tetap terlihat natural, kamera selfie ini juga didukung fitur AI Beauty+.

5. Hasil foto kamera belakang cukup oke

Beralih ke kamera belakang, Realme U1 dibekali sensor utama 13 MP f/2.2 dan sensor kedua 2 MP f/2.4 untuk menganalisa kedalaman ruang. Kombinasi kedua kamera tersebut mampu menciptakan foto dengan efek bokeh. Tersedia pula beberapa efek pencahayaan yang menarik seperti Film Light, Rim Light, Monotone Light dan Bi-Light.

Realme U1

Realme U1

IMG20181203173155

Pada kondisi pemotretan dengan cahaya yang memadai, hasil fotonya cukup baik dengan ketajaman dan detail yang terjaga. Warna yang dihasilkan juga matang dengan saturasi dan kontras yang tidak terlalu berlebihan.

Untuk foto low light masih tergolong oke. Noise diminimalisir dengan kompensasi detail berukurang. Kontras dan saturasi warna juga tetap terjaga, walaupun kadang akurasi warna kurang akurat.

6. Harga menggiurkan

Ini yang paling penting. Dengan berbagai keunggulan di atas, Realme U1 dibanderol mulai dari 2,5 jutaan rupiah untuk varian 3GB/32GB, serta 2,9 juta rupiah untuk varian 4GB/64GB. Harga yang menurut kami amat menggiurkan dan cocok untuk bersaing di pasar Indonesia.

Yang Kurang:

1. Bodi mudah kotor oleh sidik jari

Seperti pada kebanyakan smartphone dengan material yang sama, bodi bagian belakang Realme U1 juga mudah kotor oleh sidik jari. Solusinya sederhana saja. Cukup pasang casing bening jika Anda tidak ingin warna menawannya tertutup.

2. Beberapa notifikasi dari aplikasi bawaan tidak bisa dimatikan

Realme U1 memiliki aplikasi bawaan (bloatware) yang ternyata notifikasi dari beberapa di antaranya tidak bisa dimatikan. Menurut kami, kondisi ini lumayan mengganggu.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Realme U1. Semoga artikel kali ini bisa lebih membantu Anda membulatkan tekad membeli Realme U1!