Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Asus ZenFone Max Pro M2: Baterai Tetap Besar, Performa dan Kamera Lebih Menarik

4.2
Cek Harga

Asus ZenFone Max Pro M1 bisa dibilang merupakan salah satu smartphone paling fenomenal yang dirilis di Indonesia pada tahun 2018 lalu. Pasalnya, smartphone ini menawarkan baterai berkapasitas 5000 mAh dan mengusung SoC kelas mainstream terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 636.

Menariknya lagi, ZenFone Max Pro M1 dibanderol dengan harga yang amat menggiurkan, Tidak heran jika smartphone tersebut banyak dicari oleh para pengguna dan sempat menjadi barang langka. Kini, Asus telah menghadirkan penerusnya yang membawa banyak peningkatan, ZenFone Max Pro M2.

Jika menbandingkan harganya, generasi teranyar ini memang dibanderol lebih mahal. Apakah peningkatan harga tersebut sebanding dengan sederet upgrade yang disajikannya? Yuk, langsung saja simak review lengkap dari ZenFone Max Pro M2.

Desain lebih elegan

Perubahan mendasar yang bisa Anda lihat untuk membedakan ZenFone Max Pro M1 dengan ZenFone Max Pro M2 adalah dari segi desain. Asus mengubah sedikit tampilannya yang membuat smartphone itu kini lebih modern.

Memang jika dilihat sekilas tampak masih sama saja dengan kebanyakan smartphone Asus atau smartphone android lainnya yang ada di pasaran saat ini. Tapi di depan, Anda akan melihat layar yang kini sudah memiliki notch alias poni di atasnya.

Sementara di bagian belakang, meski tidak lagi memakai cover berbahan metal dan menggantinya dengan bahan plastik (bukan kaca), Asus tetap memberikan finishing glossy dengan pola ombak yang mampu menyajikan pantulan cahaya yang berbeda-beda, tergantung sudut pandang. Hasilnya, ZenFone Max Pro M2 terlihat lebih elegan.

Pada bagian belakang tersebut Anda juga akan menemukan sensor sidik jari dan kamera belakang ganda yang diposisikan secara vertikal di pojok kiri atas. Varian yang kami review adalah yang berwarna Midnight Blue. Selain warna ini, ada juga opsi warna Cosmic Titanium.

Sedikit membahas bagian depannya, meski bukan smartphone dengan bezel yang paling tipis di kelasnya, ZenFone Max Pro M2 memiliki ratio screen-to-body yang cukup tinggi. Asyiknya lagi, layar 6,3 incinya sudah dilindungi kaca Corning Gorilla Glass 6 yang tangguh.

Dari segi pengoperasian, Asus ZenFone Max Pro M2 terasa lumayan ramping untuk digenggam dengan satu tangan. Materialnya juga tidak licin, dan tampak memiliki build quality yang cukup solid. Smartphone ini punya ketebalan 8,5mm dengan bobot 175 gram, yang artinya masih nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku celana.

Untuk urusan ketersediaan slot, Asus ZenFone Max Pro M2 tetap menghindari sistem hybrid dengan menyuguhkan 3 slot sekaligus untuk dua buah SIM-card dan satu micrOSD. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengorbankan SIM-card kedua jika ingin menambah ruang penyimpanan data.

Layar besar dan tajam

Seperti disebutkan di atas, perbedaan utama pada layar ZenFone Max Pro M2 dengan generasi sebelumnya adalah kehadiran notch atau poni. Otomatis keberadaan notch ini mengubah aspect ratio layar menjadi 19:9.

Selebihnya, sajian yang ditawarkan kurang lebih sama baiknya. Anda masih bisa menikmati tampilan gambar yang tajam dengan warna yang kaya dan tingkat kecerahan yang cukup tinggi, sehingga lumayan nyaman untuk dilihat di bawah sinar matahari.

Karena ukurannya lebih besar, menikmati konten seperti video maupun bermain games pun terasa semakin memuaskan. Intinya, tidak ada kekurangan berarti dari layar ZenFone Max Pro M2. Cukup baik untuk menunjang berbagai kebutuhan penggunanya.

Sedikit membahas sektor audio, ZenFone Max Pro M2 memiliki sebuah speaker di bagian bawah dengan kualitas suara yang biasa saja. Tidak terlalu lantang tapi lumayan jernih untuk sekadar menemani Anda bermain games.

Android murni

Sama seperti pendahulunya, Asus kembali membenamkan sistem operasi dengan Android murni, alias tanpa ZenUI. Versi Android-nya sendiri adalah 8.1 Oreo dan dijanjikan akan mendapatkan update Android 9.0 Pie pada Januari 2019.

Android murni sendiri terasa amat ringan dan responsif, meski user interface-nya terlihat sederhana dan kurang menarik. Selain itu, fitur-fitur bawaannya juga tidak terlalu banyak. Bloatware tetap ada, tapi jumlahnya amat minim.

Tidak banyak yang bisa dibahas tentang software ZenFone Max Pro M2. Jika Anda menyukai smartphone dengan UI yang sederhana dan bersih, maka perangkat yang satu ini layak Anda pertimbangkan.

Kamera lebih baik

Salah satu kekurangan yang kami rasakan dari ZenFone Max Pro M1 adalah kameranya yang menurut kami tidak semenarik para pesaingnya di kelas yang sama. Di generasi kedua ini, Asus tampaknya ingin memberikan perbaikan yang cukup signifikan.

ZenFone Max Pro M2 dibekali kamera belakang ganda yang terdiri dari Sony IMX486 12 megapixel f/1.8 dengan kemampuan merekam video 4K, dan 5 megapixel untuk menganalisa kedalaman ruang. Bagi yang gemar selfie, ada kamera 13 megapixel f/2.0 di depan.

Aplikasi kameranya sedikit mendapatkan modifikasi dibanding ZenFone Max Pro M1. Meski begitu, jelas ini bukan aplikasi yang sama dengan yang dibenamkan pada smartphone Asus berbasis ZenUI. Mode yang tersedia pun minimalis, hanya ada Auto, Pro, HDR, Sports, dan Night. Khusus untuk mode Pro, Anda bisa mengutak-atik pengaturan seperti shutter speed, ISO, exposure, dan white balance.

Lalu, bagaimana hasil jepretannya? Menurut kami lebih baik dari generasi sebelumnya. Reproduksi warna dan pengaturan white balance di mode Auto terasa cukup akurat. Fotonya tampak tajam khusus ketika memotret di kondisi cahaya yang memadai.

Hasil foto Asus ZenFone Max Pro M2 (3)

Hasil foto Asus ZenFone Max Pro M2 (13)

Hasil foto Asus ZenFone Max Pro M2 (7)

Hasil foto Asus ZenFone Max Pro M2 (4)

Bahkan, untuk pemotretan indoor atau pada lokasi dengan cahaya yang minim hasil foto ZenFone Max Pro M2 terbilang masih cukup baik. Noise-nya minim meski detail sedikit menurun. Mode HDR juga sangat membantu untuk mengabadikan momen dengan kontras tinggi.

Untuk kamera depannya menurut kami hasilnya biasa saja. Masih tergolong lumayan untuk sekadar selfie dan diunggah ke media sosial, asalnya cahaya sekitar mencukupi. Di tempat dengan cahaya temaram, hasilnya kurang bagus.

Hasil foto Asus ZenFone Max Pro M2 (14)

Hasil foto Asus ZenFone Max Pro M2 (11)

Agar lebih menjelaskan seperti apa kemampuan kamera dari Asus ZenFone Max Pro M2, langsung saja simak koleksi foto kami yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa oke, asyik untuk gaming

Asus meluncurkan ZenFone Max Pro M1 dengan memberikan cap sebagai smartphone gaming kelas mainstream. Tidak heran, smartphone tersebut memiliki performa yang oke dan daya tahan baterainya memuaskan, sehingga menyenangkan untuk digunakan bermain games dalam waktu yang lama.

Pada ZenFone Max Pro M2, formula yang sama masih ditawarkan. Bedanya, kini SoC yang dibenamkan lebih bertenaga, yakni Snapdragon 660 yang ditemani dengan RAM mulai dari 3 GB hingga 6 GB, serta memori internal mulai dari 32 GB hingga 64 GB. Dengan kombinasi seperti itu, ZenFone Max Pro M2 kini mengusung tagline #NextGenerationGaming.

Performa jelas bisa ditebak dan sesuai dengan ekspektasi kami. Amat memuaskan untuk menunjang berbagai aplikasi standar sehari-hari, dan lebih mumpuni untuk urusan gaming. Judul-judul populer seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends bisa berjalan tanpa kendala. Bahkan, mode high frame rate pada Mobile Legends maupun Arena of Valor bisa aktif.

Selama bermain games pun kami sama sekali tidak merasakan peningkatan suhu yang signifikan dan mengganggu keasyikan bermain. Berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Baterai super mantap!

Bukan seri ZenFone Max namanya jika tidak memiliki baterai berkapasitas besar. ZenFone Max Pro M2 masih membawa kapasitas baterai yang sama dengan pendahulunya, yakni 5000 mAh, yang pastinya terlihat sangat menggiurkan bagi pengguna yang malas membawa power bank saat beraktivitas.

Daya tahan baterainya pun masih memuaskan. Dengan gaya pemakaian normal, sangat mudah untuk menikmati smartphone ini selama seharian penuh sejak pagi hingga malam. Untuk 2 hari? Bisa! Namun semua tergantung gaya pemakaian Anda masing-masing.

Tapi harus diingat, dengan kapasitas baterai yang besar, proses pengisian dayanya pun cukup memakan waktu. Dari kondisi di bawah 5 persen, butuh sekitar 3 jam agar terisi penuh 100 persen menggunakan charger bawaan.

Kesimpulan

Walaupun dari segi harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan saat ZenFone Max Pro M1 pertama kali diluncurkan, ZenFone Max Pro M2 menurut kami tetap sukses meracik formula yang bisa membuat banyak pengguna di Indonesia tergiur dengan penawarannya.

Peningkatan pada sektor desain, performa, dan kualitas kamera seolah menyempurnakan apa yang sudah dimiliki oleh generasi sebelumnya. Secara keseluruhan, ZenFone Max Pro M2 hadir sebagai paket komplit yang mampu disajikan oleh sebuah smartphone 2 jutaan.

Dibanderol mulai dari Rp2.799.000, Asus ZenFone Max Pro M2 cocok untuk Anda yang mencari perangkat untuk bermain games lebih lama, maupun yang membutuhkan smartphone terjangkau untuk menemani segala aktivitas sehari-hari.

Yang Canggih:

[tie_list type=”thumbup”]

  • Desain lebih sedap dipandang
  • Layar lebar dan tajam
  • Performa bertenaga, cocok untuk yang gemar bermain games
  • Android murni yang ringan dan bersih
  • Kualitas kamera meningkat dibanding generasi sebelumnya
  • Daya tahan baterai memuaskan
  • Harga menggiurkan

[/tie_list]

Yang Kurang

[tie_list type=”thumbdown”]

  • Kamera selfie tidak sebaik beberapa pesaingnya di kelas yang sama
  • Akan lebih menarik jika sudah mengadopsi port USB Type-C

[/tie_list]

Spesifikasi Asus ZenFone Max Pro M2
Layar 6,3 inci Full HD+ 19:9
SoC Qualcomm Snapdragon 660
RAM 3 GB / 4 GB / 6 GB
Memori internal 32 GB / 64 GB
Kamera belakang 12 megapixel + 5 megapixel
Kamera depan 13 megapixel
Sistem operasi Android 8.1 Oreo (ada update ke 9.0 Pie)
Baterai 5000 mAh
Harga Mulai dari Rp2.799.000
Smartphone ini merupakan opsi yang amat menggiurkan untuk Anda yang memiliki budget 2 jutaan rupiah
4.2
Cek Harga