[CES 2019] AMD Radeon VII: GPU Gaming Pertama di Dunia dengan Arsitektur 7nm

AMD membuat kejutan di ajang CES 2019 Las Vegas beberapa waktu yang lalu, dengan mengumumkan kehadiran Radeon VII. Yang menarik dari perangkat yang satu ini adalah statusnya sebagai GPU gaming pertama di dunia yang memakai arsitektur 7nm.

GPU paling bertenaga dari AMD

svg%3E

Dalam acara peluncurannya, CEO AMD, Lisa Su, mengklaim Radeon VII merupakan GPU paling bertenaga yang pernah mereka ciptakan sejauh ini. Jika dibandingkan dengan Vega 64, kebanyakan game yang dijalankan dengan Radeon VII mendapatkan peningkatan performa sekitar 25 persen.

Bahkan untuk game Devil May Cry 5, AMD Radeon VII mampu mendukung lebih dari 60 frame per second di resolusi 4K. Game kelas berat lainnya seperti Battlefield V juga akan merasakan peningkatan hingga 35 persen.

svg%3E

AMD Radeon VII hadir dengan 16GB high-performance memory, 3840 stream prosesor yang berjalan hingga 1.8Ghz, 4096 memory interface, serta memory bandwidth 1TB/s. Kartu grafis ini kabarnya akan menjadi pesaing langsung dari Nvidia RTX 2080.

Bundling dengan game terbaru

AMD berencana melepas Radeon VII ke pasaran mulai 7 Februari 2019 mendatang. Harganya cukup tinggi, yakni US$699 atau sekitar 9,9 juta rupiah. Yang menarik, dalam penjualannya nanti akan ada bundling dengan game-game terbaru seperti Resident Evil 2 (remake), The Division 2, dan Devil May Cry 5.