Mobile GadgetNewsWearable

[CES 2019] HTC Umumkan Duo Headset VR Vive Pro Eye dan Vive Cosmos

HTC ikut meramaikan kemeriahan ajang CES 2019 di Las Vegas dengan meluncurkan dua headset VR terbaru yang diberi nama Vive Pro Eye dan Vive Cosmos. Masing-masing menawarkan kelebihannya tersendiri untuk memberikan pengalaman Virtual Reality yang lebih baik kepada penggunanya.

HTC Vive Pro Eye

Produk pertama, HTC Vive Pro Eye, merupakan headset VR yang sudah langsung dibekali dengan fitur eye tracking. Dengan begitu, headset ini bisa mendeteksi gerakan mata dari si penggunanya.

Vive Pro Eye memiliki fungsi bernama Foveated Rendering yang menjanjikan kualitas visual lebih baik di dalam headset. Artinya, gambar yang disajikan akan mengikuti arah pandangan penggunanya dan tidak terkunci di tengah layar. Ke manapun pengguna memandang, mata akan selalu melihat gambar yang tajam dan lebih realistis.

Menurut HTC, kehadiran fitur eye tracking ini juga akan menghilangkan kebutuhan terhadap controller di beberapa skenario, misalnya navigasi menu. Bahkan, Vive Pro Eye disebut-sebut dapat memberikan babak baru di ranah virtual reality.

HTC Vive Cosmos

Beralih ke HTC Vive Cosmos, ini adalah headset VR yang bersifat standalone alias berdiri sendiri, sehingga tidak butuh untuk terhubung dengan perangkat lainnya. Tapi yang menarik, Vive Cosmos merupakan tipe hybrid yang artinya juga bisa terhubung dengan PC atau smartphone.

HTC menyebutkan bahwa headset VR yang satu ini didesain untuk memberikan kenyaman dan kemudahan saat digunakan. Vive Cosmos hadir dengan teknoogi Inside Out Tracking, yang artinya pengguna tidak butuh memasang dan mengkalibrasi sensor eksternal.

Sayangnya, sama seperti Vive Pro Eye, HTC juga belum mau mengumumkan kapan Vive Cosmos dirilis ke pasaran dan berapa harganya.

Beri komentar

Related Articles

Back to top button