[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Kamera Xiaomi Mi A2 Lite

Xiaomi belum lama ini meluncurkan duo Android One terbarunya yang diberi nama Mi A2 dan Mi A2 Lite. Kami sudah sempat mencoba produk yang disebut pertama, dan kini giliran saudaranya yang dibanderol lebih murah.

Jika melihat lembar spesifikasi, Mi A2 Lite memang terlihat kurang menggiurkan dibanding Mi A2. Namun apakah itu berarti smartphone ini tidak menarik untuk dijadikan target belanja? Belum tentu!

Pada hari Rabu (31/10) yang lalu, Xiaomi mengajak kami untuk mencoba lebih jauh kedua smartphone anyar mereka ini, khususnya untuk urusan fotografi. Kebetulan, unit yang dipinjamkan kepada kami adalah Mi A2 Lite yang memang belum pernah kami coba sebelumnya.

Penasaran seperti apa kesan pertama kami terhadap Mi A2 Lite termasuk soal kemampuan kameranya? Langsung saja simak ulasannya:

Desain khas Xiaomi, pas di genggaman

svg%3E

Untuk smartphone di kelas 4 jutaan ke bawah, Xiaomi sejauh ini memang belum melakukan perubahan yang signifikan pada sektor desain. Karena itu, jangan heran jika melihat tampilan Mi A2 Lite yang kurang lebih mirip dengan produk Xiaomi lainnya.

Satu hal yang paling membedakan tampilan eksterior Mi A2 Lite dibanding Mi A2 adalah poni (notch) yang menghiasi bagian depan. Bagi sebagian orang mungkin desain layar berponi ini masih menjadi daya tarik tersendiri.

Mi A2 Lite mengusung layar 5,84 inci Full HD+ 19:9. Bodinya sudah menggunakan material metal sehingga terlihat lebih mewah. Saat digenggam, smartphone ini terasa pas dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya tidak terlalu licin dan tidak mudah menempel sidik jari.

svg%3E

Pada bagian belakang Anda akan menemukan kamera ganda yang disusun secara vertikal bersama dengan sensor sidik jari di tengah. Perlu diketahui, untuk pasar Indonesia Xiaomi menyediakan pilihan warna Black, Blue, dan Gold.

Kamera cukup oke, tapi…

Inilah yang menjadi inti dari acara yang digelar Xiaomi di Onni House, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Xiaomi seolah ingin memamerkan bahwa smartphone seharga 2,5 juta itu mampu memberikan hasil foto yang cukup baik di kelasnya.

svg%3E

svg%3E

Sekadar mengingatkan, Xiaomi Mi A2 Lite dibekali kamera belakang ganda yang terdiri dari 12 megapixel + 5 megapixel. Untuk yang gemar selfie, Xiaomi menyediakan kamera 5 megapixel di depan.

Setelah melalui sesi sharing singkat tentang teknik dasar fotografi, kami bersama beberapa awak media pun langsung diajak mencoba kamera Xiaomi Mi A2. Pemotretan dilakukan dengan beberapa kondisi, mulai dari yang dibantu pencahayaan khusus hingga low light.

Hasil Foto Xiaomi Mi A2 Lite (5)

Hasil Foto Xiaomi Mi A2 Lite (2)

Hasilnya? Menurut kami untuk sebagian situasi kamera Mi A2 Lite masih cukup oke untuk menciptakan foto yang bagus. Tapi untuk urusan low light, smartphone ini lumayan kewalahan. Detail menurun jauh dengan noise di sana-sini.

Bukan berarti Anda tidak bisa menangkap gambar yang layak dipamerkan ke sosial media, hanya saja, hasil fotonya agak sedikit di bawah Redmi Note 5 yang pernah kami review sebelumnya.

Hasil Foto Xiaomi Mi A2 Lite (4)

Hasil Foto Xiaomi Mi A2 Lite (1)

Keterbatasan pengaturan di mode manual juga menghambat untuk mengeksplorasi lebih jauh. Singkatnya, Anda cuma bisa bergantung pada mode yang sudah disediakan saja. Dan untuk bisa mendapatkan foto low light yang optimal, tangan yang super stabil adalah kuncinya karena tidak ada stabilization.

Kesimpulan awal

Mi A2 Lite adalah opsi bagi Anda yang menginginkan smartphone Xiaomi 2 jutaan dan berbasis Android One, alias Android murni, bukan MIUI. Secara keseluruhan apa yang ditawarkannya sudah mewakili level harganya, baik dari segi eksterior maupun fitur-fitur di dalamnya.

svg%3E
Xiaomi Mi A2 (Gold) dan Mi A2 Lite (Blue)

Hanya saja, jika budget memungkinkan, kami menyarankan Anda untuk lebih mempertimbangkan Mi A2. Selain hardware-nya lebih bertenaga, sektor kameranya pun tampak lebih mumpuni. Apapun itu, semua kembali kepada kebutuhan Anda masing-masing!

[table]Spesifikasi;Xiaomi Mi A2 Lite
Layar;IPS 5,84 inci Full HD+
SoC;Qualcomm Snapdragon 625
RAM;3 GB atau 4 GB
Memori internal;32 GB atau 64 GB
Kamera belakang;12 megapixel + 5 megapixel
Kamera depan;5 megapixel
Sistem operasi;Android 8.1 Oreo
Baterai;4000 mAh
Fitur;Sensor sidik jari
Harga;Mulai dari Rp2.499.000
[/table]