Google Voice Access: Aplikasi untuk Mengendalikan Smartphone dengan Perintah Suara

Selama kurang lebih dua tahun berstatus Beta, Google akhirnya siap meluncurkan Voice Access di Play Store. Menurut Google, ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna mengendalikan smartphone tanpa memakai tangan.

svg%3E

Aplikasi Voice Access sejatinya memang ditujukan untuk para penyandang disabilitas, yang terkadang masih kesulitan untuk melakukan berbagai hal sederhana dengan smartphone mereka, seperti mengirim pesan atau memotret.

Walaupun demikian, tentunya tidak ada salahnya jika Voice Access juga digunakan oleh pengguna lainnya. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan navigasi menelusuri sederet aplikasi, membuat dan meng-edit teks, serta berbicara dengan Google Assistant.

Menariknya lagi, Voice Access juga menawarkan integrasi yang lebih dalam dengan sistem operasi dan pengendalian aplikasi. Pengguna bisa berkata “Scroll Forward” atau “Tap Go Back” dan smartphone otomatis langsung mengerjakannya.

Sayangnya untuk saat ini Google masih menyediakan Voice Access dalam pilihan bahasa Inggris saja. Meski begitu, Google berjanji akan menambah bahasa lainnya di masa depan. Jika ingin mencobanya, langsung saja unduh aplikasi Voice Access di Play Store.