[Hands-On] Mencoba Xiaomi Mi A2, Smartphone Android One dengan Snapdragon 660

Xiaomi beberapa waktu yang lalu telah secara resmi mengumumkan kehadiran Mi A2 di Indonesia. Dengan banderol Rp3.699.000, smartphone ini terbilang cukup kompetitif di kelasnya, apalagi karena statusnya sebagai perangkat Android One.

Sekadar mengingatkan, smartphone Android One akan mendapatkan update sistem operasi langsung dari Google. Selain itu, user interface-nya juga murni tanpa penambahan MIUI seperti smartphone Xiaomi lainnya.

Nah, dalam acara peluncurannya di Indonesia pekan lalu, kami sempat mencoba Xiaomi Mi A2 meski hanya sebentar saja. Berikut kesan pertama kami:

Sensasi khas smartphone Xiaomi

svg%3E

 

Ketika pertama kali menggenggam Xiaomi Mi A2, sensasi yang kami rasakan kurang lebih sama dengan saat menggenggam smartphone Xiaomi kelas menengah lainnya. Material metal kembali menjadi andalan dan dirancang dengan kualitas rancang bangun yang solid.

Sempat terlintas pengalaman menggenggamnya mirip dengan Redmi Note 5. Tapi setelah dicoba lebih jauh, Mi A2 terasa lebih tipis. Menurut data spesifikasinya, Mi A2 punya ketebalan bodi yang sama dengan pendahulunya, Mi A1, yakni hanya 7,3 mm saja.

Jika memang harus membandingkan dengan Mi A1, kami menyadari ternyata cukup banyak perubahan yang signifikan dari segi visual. Xiaomi Mi A2 sudah mengusung layar dengan aspect ratio 18:9, sedangkan Mi A1 masih 16:9.

svg%3E

Bagian dagu dari Mi A2 juga tampak lebih tipis karena tidak lagi digunakan untuk menampung softkey. Sementara di bagian belakang, Xiaomi kali ini menggunakan desain kamera belakang ganda vertikal, tidak lagi horizontal.

Walaupun layarnya lebih besar, yakni IPS 5,99 inci Full HD+, Xiaomi Mi A2 tetap nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Karena menggunakan bahan metal, cover belakangnya agak licin. Tapi nilai plusnya, tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Untuk penggunaan port, Xiaomi kembali membenamkan USB Type-C pada Mi A2. Perlu diketahui pula bahwa Mi A2 tidak memiliki slot microSD. Cukup disayangkan karena slot ini sebelumnya tersedia di Mi A1.

Android One dengan Snapdragon 660

svg%3E

Beralih ke spesifikasi, bukan Xiaomi namanya jika tidak mampu meracik smartphone dengan hardware yang menggiurkan di kelasnya tapi tetap dibanderol kompetitif. Xiaomi Mi A2 pun demikian.

Anda disajikan sebuah perangkat Android One yang performanya didukung Qualcomm Snapdragon 660, lengkap dengan RAM LPDDR4X 4 GB dan memori internal 64 GB. Perpaduan yang menjanjikan performa mulus untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming.

svg%3E

Dari sektor fotografi Xiaomi membenamkan kamera belakang ganda dengan konfigurasi Sony IMX376 12 megapixel f/1.75 + Sony IMX486 megapixel f/1.75. Menurut Xiaomi, kamera 20 megapixel tersebut didukung teknologi Super Pixel, alias gabungan dari 4 pixel menjadi 1 pixel besar 2.0?m.

Xiaomi mengklaim hal itu dapat membantu meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya agar lebih optimal memotret di kondisi cahaya yang minim. Kedua kamera ini secara otomatis akan dipakai sesuai dengan kebutuhan. Di kondisi cahaya yang terang, Mi A2 akan memilih kamera utama, sementara saat low ligt, kamera kedua jadi andalan.

Untuk yang gemar selfie, Mi A2 hadir dengan kamera depan 20 megapixel yang dilengkapi selfie light, AI beauty, Auto HDR, dan AI Portrait (bokeh). Berikut beberapa hasil jepretannya yang sempat kami abadikan di lokasi acara peluncuran:

Hasil foto Xiaomi Mi A2 (2)

Hasil foto Xiaomi Mi A2 (4)

Hasil foto Xiaomi Mi A2 (3)

Kesimpulan awal

Xiaomi Mi A2 adalah opsi yang cukup menarik jika Anda mencari perangkat Android One dengan performa yang menjanjikan. Memang dari segi harga tidak semenggiurkan generasi pertamanya. Tapi setidaknya, ada beberapa peningkatan yang bisa dinikmati.

svg%3E

Menurut kami Xiaomi Mi A2 masih punya potensi untuk menggaet hati para pengguna di Indonesia. Xiaomi mengumumkan bahwa mereka berencana memulai penjualan perdana Mi A2 di Indonesia pada 27 September 2018, baik di Lazada, Mi.com, maupun Authorized Mi Store. Kita tunggu saja bagaimana kiprahnya di pasaran nanti!