Review Vivo V9 6GB: Performa Lebih Kencang, Harga Lebih Menarik

Seperti diketahui belum lama ini Vivo meluncurkan varian terbaru dari seri V9 yang dibekali RAM 6 GB. Yang menarik, Vivo tidak hanya sekadar menambah kapasitas RAM saja, tetapi juga mengganti SoC-nya dengan yang lebih bertenaga, yakni Qualcomm Snapdragon 660 AIE.

Tentunya ini menjadi nilai plus yang secara instan membuat Vivo V9 menjadi terlihat jauh lebih menarik. Pasalnya, versi V9 sebelumnya yang mengusung RAM 4 GB masih mengandalkan Snapdragon 450. Jika dibandingkan dengan para pesaingnya di level harga setara, jelas performanya tertinggal.

Apalagi, Vivo V9 6GB dengan Snapdragon 660 dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan V9 standar saat pertama kali diluncurkan. Penasaran seperti apa pengalaman yang bisa didapatkan dari Vivo V9 6GB? Langsung saja simak ulasan singkatnya!

Untuk gaming lebih asyik

svg%3E

Sebelum membahas soal peningkatan performanya, perlu Anda ketahui bahwa di artikel kali ini kami tidak akan membahas soal desain, layar, maupun sistem operasi yang diadopsinya. Semua sektor tersebut tidak memiliki perbedaan sama sekali dengan V9 versi standar.

Anda masih akan menemukan material bodi yang sama, layar 6,3 inci Full HD+ dengan poni, baterai 3260 mAh, dan FunTouch OS 4.0 berbasis Android 8.1 Oreo. Jika Anda belum sempat membaca review lengkapnya, langsung saja klik tautan berikut.

Kembali ke topik utama, Vivo V9 6GB dengan Snapdragon 660 AIE tentunya menjanjikan kinerja mulus untuk berbagai kebutuhan. Bukan hanya itu, Vivo menjelaskan bahwa Snapdragon 660 juga mendukung kebutuhan Artifical Intelligence (AI), Machine Learning, fitur dual kamera, serta pengolahan gambar kamera lebih cepat.

Untuk gaming pun jelas lebih asyik. Misalnya, jika V9 versi standar hanya sanggup menjalankan game PUBG Mobile pada pengaturan grafis rendah, di V9 6GB Anda bisa bermain dengan lancar di kualitas grafis yang lebih tinggi dan frame rate yang terjaga dengan baik.

svg%3E

Bagi yang gemar game MOBA, Vivo V9 6GB kini sudah mendukung high frame rate mode pada judul-judul populer seperti Mobile Legends. Bagi yang belu tahu, high frame rate mode memungkinkan Anda bermain di 60fps.

Hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark pun menunjukkan peningkatan skor yang sangat signifikan. Tidak percaya? Coba lihat hasilnya di bawah ini:

svg%3E

Kamera tidak banyak berubah

svg%3E

Seperti disebutkan di atas, Vivo mengklaim Snapdragon 660 AIE dapat membantu pengolahan gambar dengan lebih cepat saat memotret. Mungkin iya, tapi sayangnya, tidak terlalu berpengaruh pada kualitas foto yang dihasilkan.

Hasil jepretan Vivo V9 6GB kurang lebih masih sama dengan V9 versi standar. Tetap oke untuk pemotretan outdoor dengan cahaya mencukupi, dan kurang memuaskan untuk low light. Tidak heran karena sensor yang ditanamkan di belakang masih sama, yakni 13 megapixel + 2 megapixel. Yang beda justru pada kamera selfie yang kini mengusung sensor 12 megapixel f/2.0 dengan dukungan AI.

Hasil foto Vivo V9 6GB (3)

Hasil foto Vivo V9 6GB (10)

Bila Anda penasaran dengan kualitas jepretan Vivo V9 6GB, langsung saja lihat hasil foto yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Kesimpulan

Jika harus membandingkan dengan versi standarnya, jelas Vivo V9 dengan RAM 6 GB dan Snapdragon 660 jauh lebih menggiurkan. Kehadiran perangkat ini seolah menjadi jawaban bagi para pengguna yang sebelumnya kurang tertarik dengan V9 karena performanya.

Yang lebih menarik, Vivo V9 6GB dibanderol dengan harga Rp4.299.000, berbeda 300 ribu rupiah dari V9 versi standar saat pertama hadir di Indonesia. Sekadar informasi, kini V9 standar dijual di kisaran 3,8 juta. Mungkin beberapa dari Anda ada yang berkomentar, “harusnya sejak awal saja Vivo langsung meluncurkan varian 6GB ini”.

Intinya, Vivo V9 6GB cocok untuk Anda yang membutuhkan smartphone kelas menengah dengan performa gaming mumpuni dan kamera selfie berkualitas.

Verified by MonsterInsights