Windows 10 Insider Preview Build 17713 Memperkuat Fitur Keamanan di Windows 10

Masalah keamanan cyber belakangan ini semakin kerap terjadi. Karena begitu banyaknya celah untuk penyerang masuk, seperti penipuan melalui email atau mungkin melalui phishing dan aplikasi yang berjalan di balik layar ketika memasuki website tertentu, keamanan Windows menjadi perhatian Microsoft. Melalui update Windows 10 Insider Preview Build 17713, Microsoft memberikan lebih banyak fitur keamanan.

Walaupun Windows 10 Insider Preview Build 17713 hanya baru bisa digunakan oleh pengguna Windows Insider, yang merupakan komunitas pengguna untuk mencoba fitur baru di Windows, tetapi update ini bisa menjadi barometer mengenai apa yang akan dilakukan oleh Windows.

svg%3E

Pertama adalah peningkatan di Windows Defender dengan fungsi Windows Defender Application Guard. Melalui fungsi tersebut, Windows akan memasukkan aplikasi, pada saat ini baru browser Edge, ke dalam virtual machine. Aplikasi tersebut nantinya masuh bisa menjalankan fungsinya, tetapi perubahan di dalamnya tidak langsung berdampak pada Windows.

Dengan begitu, keamanan Windows akan terjaga bila terjadi serangan melalui Edge. Kemudian, penggunanya juga bisa mengkonfigurasikan Application Guard sepenuhnya tanpa mengganggu setting Registry Key. Pengguna yang komputernya diatur oleh kebijakan perusahaan juga bisa memeriksa konfigurasi yang digunakan admin IT di komputernya.

Semua setting untuk Application Guard dapat ditemui pada dashboard Windows Security. Saat ini, fungsi tersebut hanya bisa digunakan pada Windows 10 Enterprise build 1709 atau Windows 10 Professional build 1803 atau versi yang lebih tinggi.

svg%3E

Selain peningkatan di Windows Defender, Microsoft Edge juga mendapatkan penambahan. Salah satynya adalah per-site media control, yang memberikan penggunanya kendali atas izin autoplay pada website. Fungsi ini bisa diatur pada “Website permission” di layar Website Identification. Fungsi ini bisa pula mengatur tiap website yang kamu kunjungi dan merasa aman, sehingga website asing tidak akan bisa menjalankan autoplay yang berpotensi memasukkan virus dan beragam ancaman lain.

Peningkatan lainnya ada pada fungsi pencarian definisi di Reading View, Book, dan PDF. Kamu juga bisa memilih apakah pembacaannya diperkeras suaranya, sehingga kamu bisa mendengarkan dengan jelas. Microsoft juga mengatakan ikut meningkatkan kinerja dari PDF reader supaya bisa membuka halaman lebih cepat.

Masih untuk keamanan, Windows 10 Insider Preview Build 17713 menambahkan pengenalan biometrik untuk sesi remote desktop melalui Windows Hello For Business. Pada fitur ini, kamu tidak akan menemukan angka PIN, karena begitu mudahnya PIN bisa dipecahkan oleh tool pembobol password modern.

Sebagai tambahan keamanan, Microsoft juga memperkenalkan Web Sign-in, yang merupakan bentuk otentifikasi baru untuk konsumen Azure. Selain itu, diperkenalkan pula Fast Sign-in yang memungkinkan beberapa pengguna untuk masuk ke shared PC lebih cepat.

Beragam fitur tersebut tampaknya memang dipersiapkan Microsoft untuk build Windows 10 “Redstone 5” (RS5). Menurut Microsoft, RS5 sudah dirangkum ke dalam build tersendiri, dan perusahaan itu sedang berkonsentrasi pada kestabilan kode dan menghilangkan beragam masalah di dalam aplikasinya.

Verified by MonsterInsights