NewsSains & Teknologi

NVIDIA Merancang Kecerdasan Buatan Yang Mampu Bersihkan Gambar Dari Kerusakan

Mampu Bersihkan Gambar Dari Noise, Grain & Watermark

Reputasi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) atau AI dalam film Holywood selalu suram dan mengundang bencana bagi dunia. Padahal tidak demikian dalam kehidupan nyata. Berkat beragam penemuan di bidang AI, beragam aspek di dalam kehidupan manusia menjadi lebih mudah, termasuk AI yang dirancang oleh produsen graphics card ternama NVIDIA bersama MIT dan Aalto University.

AI Yang Mampu Membersihkan Gambar

Kecerdasan buatan yang dirancang oleh NVIDIA tersebut berguna untuk membersihkan gambar secara otomatis dari artifak dan gangguan. Gambar yang rusak akibat noise, terutama pada gambar yang diambil ketika kondisi sinar rendah, misalnya pada malam hari, dapat diperbaiki dengan sangat baik. Menariknya, AI tersebut bahkan tidak menirunya dari gambar yang bersih jadi gambar tersebut benar-benar dibersihkan dari noise dengan usahanya sendiri.

“Penelitian yang dalam di bidang ini memfokuskan diri pada melatih neural network untuk mengembalikan gambar, dengan menunjukkan beragam contoh gambar bersih dan rusak ke AI,” menurut laporan yang ditulis NVIDIA. Kemudian, AI akan mempelajari bagaimana untuk mengisi kekurangan dari gambar. Hasil yang didapatkan setelah melatih AI tersebut dengan 50 ribu foto, kecerdasan buatan tersebut dapat menghilangkan artifak, noise, dan grain dari gambar tanpa diperlihatkan gambar bersihnya seperti apa, dan secara otomatis meningkatkan kualitas gambarnya.

Bisa Pula Untuk Menghilangkan Watermark

Tidak hanya berhenti di membersihkan gambar dari artifak, kecerdasan buatan rancangan NVIDIA tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan gambar dari watermark. Tidak hanya watermark yang sederhana seperti logo di pojokan atau tengah gambar, AI ini bahkan mampu membersihkan gambar yang dipenuhi tulisan.

Menurut NVIDIA, penggunaan AI ini di dunia nyata cukup banyak. Terutama untuk membersihkan gambar yang diambil di kondisi rendah cahaya, serta foto astronomi yang selalu tersandung dengan gambar berkualitas rendah dan banyak noise. Bila AI ini sudah tersedia luas, rasanya mengambil gambar di malam hari dan ruangan gelap tidak lagi menjadi masalah untukmu. Bisa pula untuk meningkatkan gambar yang diambil dari CCTV untuk mengenali pelaku tindak kejahatan.

Komentar

Beri komentar

Close