Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Microsoft Luncurkan Surface Mobile Mouse & Signature Type Cover

Periferal Pendukung Microsoft Surface Go

Hadirnya Microsoft Surface Go sebagai tablet Surface terkecil, teringan, dan paling terjangkau kembali memeriahkan pasar tablet yang lesu. Pada saat bersamaan, Microsoft juga meluncurkan periferal pendukung berupa mouse dengan nama Surface Mobile Mouse dan keyboard bernama Surface Go Signature Type Cover. Keduanya memiliki pesona dan kemampuan yang pas sebagai teman perangkat mobilemu. Bila kamu tertarik dengan pembahasan kami mengenai Microsoft Surface Go, kamu bisa membacanya di artikel berikut ini.

Surface Mobile Mouse

Dibuat dengan desain yang mulus dan elegan, Surface Mobile Mouse begitu klop dengan Surface Go yang kecil. Mouse ini sendiri juga dibuat dengan ukuran yang pas, yaitu 107.20 mm x 60.30 mm x 25.80 mm dan berat hanya 78 gram. Dengan demikian, mouse ini bisa dengan mudah kamu masukkan ke dalam tas dan tidak banyak mengambil tempat juga.

Untuk koneksinya, Surface Mobile Mouse tidak menggunakan kabel atau wireless. Melalui koneksi bluetooth, mouse ini bisa pula digunakan pada perangkat mobile selain Surface Go. Selama perangkat tersebut mampu menggunakan Bluetooth 4.0 (beberapa perangkat Apple dan Windows 7 tidak bisa menggunakan Bluetooth 4.0).

Tombol yang ada di Surface Mobile Mouse sendiri ada empat. Dua di antaranya adalah tombol utama yang ada di ujung jarimu sama seperti mouse sewajarnya. Tombol lain ada di mousewheel, dan terakhir adalah tombol power yang juga merangkap tombol pairing. Fungsi dua tombol mouse utama juga bisa ditukar untuk pengguna bertangan kiri, serta resolusi X-Y dapat diatur untuk mengubah kepekaan gerakan mouse.

Untuk menggerakkan mouse, Surface Mobile Mouse menggunakan teknologi BlueTrack buatan Microsoft yang mampu digunakan di hampir semua jenis permukaan. Jadi, kamu bisa meletakkan mouse tanpa perlu menyiapkan landasan khusus. Namun, mouse ini tidak dapat digunakan di atas kaca yang bening dan cermin.

Jarak operasional Surface Mobile Mouse juga cukup jauh. Kamu bisa menggunakan mouse ini hingga 10 meter dari perangkat di luar ruangan. Sedangkan di dalam ruangan, kamu bisa menggunakannya hingga 5 meter.

Mentenagai Surface Mobile Mouse adalah dua baterai AAA alkaline. Menariknya, berkat dua baterai tersebut kamu bisa menggunakan mouse ini hingga 12 bulan selama penggunaanya dalam batas kewajaran.

Spesifikasi Surface Mobile Mouse
Interface Bluetooth® 4.01/4.1/4.2
Wireless Frequency 4.2GHz frequency range
Wireless Range 10 meter di luar ruangan, hingga 5 meter di dalam ruangan
Tombol 4 tombol, kiri, kanan, mousewheel, dan power (tombol pairing bila ditekan lama)
Fitur Roda mousewheel dari besi untuk vertical scrolling dan klik tombol wheel, Swift Pair untuk menghubungkan mouse ke komputer dengan mudah, mendukung Windows 10 April 2018 Update
Fitur Kustomisasi Pengaturan resolusi X-Y, mengubah fungsi tombol Wheel, menukar fungsi tombol kanan dan kiri, kustomisasi Wheel, indikator level baterai
Scrolling Teknologi BlueTrack™ dari Microsoft Windows 10/8.1
Compatibility Perangkat harus mendukung Bluetooth® 4.0 (Beberapa perangkat Apple dan Windows 7 tidak mendukung Bluetooth® 4.0)
Berat 78g termasuk 2 baterai AAA alkaline
Baterai 2 AAA alkaline (disertakan)
Lama baterai Hingga 12 bulan penggunaan wajar
Garansi 1 tahun
Dimensi 107.20 mm x 60.30 mm x 25.80 mm

Surface Go Signature Type Cover

Periferal yang menjadi semacam signature untuk Surface Go ketika ia diluncurkan adalah Surface Go Signature Type Cover. Keyboard yang juga merangkap sebagai penutup layar tablet tersebut memiliki desain yang elegan dan lembut. Tidak terasa seperti keyboard karena dimensinya begitu tipis.

Ukuran dari Surface Go Signature Type Cover sendiri sama seperti keyboard sewajarnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir tanganmu perlu membiasakan diri dengan ukurannya. Dimensinya sendiri adalah 245 mm x 175 mm x 8.3 mm, sama seperti Surface Go dengan berat 589.67 gram.

Menariknya, Surface Go Signature Type Cover dilengkapi pula dengan backlight untuk menerangi tombolnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir sulit mengetik ketika berada di ruangan yang gelap, misalnya ketika bekerja di kabin pesawat atau di kamar tidur.

Sedangkan pada bagian bawah Surface Go Signature Type Cover, ada pula trackpad seperti laptop. Melalui trackpad yang dilapisi oleh lapisan gelas dan berukuran 99.2 mm x 56.5 mm tersebut, kamu bisa dengan mudah menggerakkan pointer di layar Surface Pro bila kamu tidak menggunakan mouse.

Spesifikasi Surface Go Signature Type Cover
Supported Platform Surface Go
Dimensi 245 mm x 175 mm x 8.3 mm
Berat 562g
Keys Activation Moving (mechanical) keys, Layout QWERTY dan F1-F12, Windows key dan tombol khusus untuk kendali media dan brightness layar, tombol klik kanan, 1.0 mm travel, Backlight
Trackpad Mechanical click pad, Synaptics solution, Glass face sheet, dimensi 99.2 mm x 56.5 mm
Material Microfiber (Black) dan Alcantara (Platinum, Burgundy, Cobalt Blue)
Warna Black, Platinum, Burgundy, Cobalt Blue
Interface Magnetic
Sensor Accelerometer
Garansi 1-year limited hardware warranty

Harga Surface Mobile Mouse dan Surface Go Signature Type Cover

Sebagai periferal yang dibuat untuk Surface Go, Surface Mobile Mouse dan Surface Go Signature Type Cover memiliki harga yang cukup memadai. Untuk Surface Mobile Mouse yang dijual terpisah dengan Surface Go, harganya adalah $35 atau sekitar 500 ribuan. Sedangkan untuk Surface Go Signature Type Cover dijual dengan harga $129 atau sekitar 1,8 jutaan.

Kedua periferal yang akan tersedia pada awal Agustus 2018 tersebut, bersamaan dengan hadirnya Surface Go di pasaran, memiliki variasi warna yang cukup banyak. Untuk Surface Mobile Mouse ada tiga varian, yaitu Platinum, Burgundy, dan Cobalt Blue. Lalu untuk Surface Go Signature Type Cover ada empat varian, yaitu Platinum, Burgundy, dan Cobalt Blue di bahan Alcantara® yang biasa digunakan untuk lapisan interior mobil, pesawat, dan Yacht; serta warna hitam.

Komentar

Beri komentar

Close