AksesorisHome GadgetNews

TP-Link Deco M9 Plus, Router Tri-Band Yang Mampu Mengatur Smart Home

Semakin banyaknya perangkat mobile yang dimiliki oleh pengguna dan kebutuhan untuk router Wi-Fi yang mampu menanganinya di rumah perlu mendapatkan perhatian yang serius. Apalagi dengan adanya sistem Smart Home yang mampu menghubungkan beragam fungsi di rumah, seperti menghidupkan lampu dan kunci rumah dengan jaringan membuat peran router semakin penting. Untuk itu, TP-Link meluncurkan Deco M9 Plus, router dengan tri-band yang memiliki jangkauan besar.

Menjangkau Seluruh Sudut Rumah

Jangkauan Wi-Fi di dalam rumah biasanya memiliki banyak sudut mati, yaitu daerah yang tidak terjangkau oleh sinyal. Deco M9 Plus memberikan solusi menggunakan beberapa unit yang diletakkan di beberapa posisi rumah, supaya jangkauan sinyal Wi-Fi mampu menjangkau seluruh sudut rumah.

Pada Deco M9 Plus juga ada teknologi Deco Mesh yang semakin mendukung jangkauan Wi-Fi. Teknologi tersebut akan membuat semua unit yang dipasang terpisah berada pada satu jaringan dengan nama jaringan yang sama. Dengan begitu, perangkat dapat dengan mudah berpindah antara Deco M9 Plus yang ada di rumah. Akibatnya, perangkat mobile selalu bisa mendapatkan kekuatan sinyal yang sama bahkan ketika bergerak di dalam rumah.

Efek yang paling terasa adalah ketika sedang menonton film dengan streaming atau ketika sedang video call. Berkat Deco Mesh, koneksi video tersebut akan selalu mulus tanpa adanya penurunan kinerja mendadak atau putus ketika perangkat berusaha menghubungkan diri dengan router terdekat.

Tiga Band Wi-Fi Untuk Kecepatan Lebih Tinggi

Penggunaan tiga band Wi-Fi atau biasa disebut Tri-Band merupakan standar baru kecepatan router belakangan ini. Hal ini juga tidak dilupakan oleh Deco M9 Plus dengan digunakannya tiga band tersebut. Kecepatan yang bisa dicapai oleh router ini bisa mencapai 2134Mbps. Jadi, kamu bisa mengunduh file sampai 2 GB per detiknya.

Jangkauan jaringan dari Deco M9 Plus sendiri bisa dibilang cukup luas. Bila kamu menggunakan tiga buah router di posisi yang tepat, radius jaringannya bisa mencapai 1981,2 meter persegi. Rumah dengan ukuran yang cukup besar tampaknya bisa tercakup ke dalam radius router ini.

Mampu Mengendalikan Perangkat Smart Home

Bukan hanya terbatas sebagai router Wi-Fi untuk perangkat mobile, Deco M9 Plus juga bisa digunakan sebagai hub untuk perangkat Smart Home. Router ini mampu menerima interaksi dari perangkat dengan Bluetooth, Wi-Fi, dan Zigbee. Berkat luasnya penerimaan jenis sinyal dari router ini, maka kamu tidak perlu lagi membeli hub khusus untuk menjalankan fungsi Smart Home.

Deco M9 Plus juga bisa menangani koneksi yang berasal dari 100 perangkat berbeda. Selain itu, router ini juga menjanjikan koneksi yang bebas lag dari semua perangkat tersebut. Berkat digunakannya Tri-Band, kecepatan dari tiap perangkat yang terhubung pada router ini tampaknya bisa dijamin.

Sedangkan pada bagian keamanannya, Deco M9 Plus didukung oleh TP-Link HomeCare. Layanan tersebut menyediakan fitur keamanan seperti Parental Controls, built-in Antivirus dan Quality of Service (QoS). Melalui fitur keamanan tersebut, kamu bisa merasa yakin akan keamanan keluarga, terutama anak ketika menyusuri Internet. Perangkat yang terhubung pada router ini juga terlindung dari ancaman virus. Beragam setup untuk router ini juga dibuat mudah dengan adanya aplikasi Deco yang memandumu ketika menggunakannya.

Harga Deco M9 Plus

Router Deco M9 Plus dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu $180 per unitnya, atau sekitar 2,5 jutaan. Sedangkan untuk paket dua unit, router ini dijual dengan harga $300 atau sekitar 4,3 jutaan. Untuk bisa menjangkau pelosok rumah dengan lantai lebih dari satu, idealnya kamu menggunakan tiga Deco M9 Plus.

Spesifikasi Deco M9 Plus
Port 2 x LAN/WAN Gigabit Ethernet Port, 1 x USB 2.0 Port (reserved), 1 x Power Port
Tombol 1 tombol Reset di bagian bawah
External Power Supply 12 V/2 A
Dimensi Diameter 144 mm × 64 mm
Antenna Type 8 internal antenna per Deco unit
Wireless Standard IEEE 802.11 ac/n/a 5 GHz, IEEE 802.11 b/g/n 2.4 GHz, Bluetooth 4.2, ZigBee, HA1.2
Frequency 2.4 GHz dan 5 GHz
Signal Rate 867 Mbps at 5 GHz, 867 Mbps at 5 GHz, 400 Mbps at 2.4 GHz
Wireless Security WPA-PSK/WPA2-PSK
Quality of Service WMM
WAN Type Dynamic IP/Static IP/PPPoE
Management Local Management, Remote Management
DHCP Server, Client
Firewall Security SPI Firewall
Protocols Supports IPv4 dan IPv6

Komentar

Beri komentar

Close