Samsung QLED TV Tingkatkan Kenyamanan Gaming Dengan Freesync

Pada awal tahun 2018, Samsung menggemparkan ranah TV kelas premium dengan lini QLED TV miliknya. Jajaran TV premium tersebut selain memiliki bentuk elegan, juga dilengkapi oleh 4K dan kualitas gambar yang menakjubkan. Untuk lebih merangkul gamer yang aktivitasnya lekat dengan TV premium, Samsung tambahkan feature Freesync pada TV QLEDnya.

svg%3E
Samsung tambahkan Freesync untuk memuluskan gaming di QLED TV.

Lini TV yang mendapatkan tambahan feature Freesync tersebut adalah semua seri QLED yang muncul di 2018 ini, yaitu Q6FN, Q7FN, Q8FN, Q9FN, dan NU8000. Semua TV tersebut mendapatkan tambahan Freesync melalui update firmware terbaru.

Kegunaan utama dari Freesync dari AMD tersebut sama dengan G-Sync dari NVIDIA. Fungsi tersebut menghaluskan tampilan visual di layar ketika bermain game. Terutama untuk game dengan kecepatan tinggi seperti game shooter, balapan, dan action.

svg%3E

Tanpa bantuan Freesync, visual game yang muncul di TV akan rentan terkena tearing dan tersendat. Meskipun terkadang tidak kamu sadari, tetapi kamu akan merasa tidak nyaman ketika melihatnya.

Fungsi Freesync yang biasanya ditemui pada monitor tersebut juga akan didukung oleh Xbox One S & X setelah update bulan lalu. Komputer dengan graphics card AMD juga dapat menggunakan fungsi tersebut ketika dihubungkan ke TV QLED Samsung.

Sayangnya, fungsi tersebut punya satu kelemahan. Untuk menggunakan Freesync, kamu harus rela tidak menggunakan 4K. Karena Freesync hanya mendukung resolusi TV hingga 1080p, dan ada pula masalah dengan level Brightness. Kamu bisa memilih feature ini pada setting game mode di TV.