Gadget GuideKomputerLaptopNewsPilihan

[Gadget Guide] 4 Laptop Asus di Bawah 10 Juta untuk Pengguna Pemula & Pekerja Kreatif

Memilih laptop sering membutuhkan banyak pertimbangan. Tidak hanya dari sisi kegunaan dan fitur, tapi juga sebagai investasi yang rasional. Walaupun calon pembeli mungkin memiliki keterbatasan dana, selalu ada produk yang cocok untuk kebutuhannya.

Nah, bagi yang memiliki dana di bawah 10 juta rupiah, berikut beberapa laptop dari ASUS yang telah kami pilah dan pilih.

1. Asus X441SA

Laptop yang harganya paling terjangkau di daftar ini memiliki bodi yang relatif ringkas sehingga mudah dibawa-bawa. Soal spesifikasi, laptop ini menggunakan prosesor Intel Celeron N3060 dan RAM 2GB. Performanya sudah cukup memadai untuk keperluan mendasar seperti mengetik dokumen dan mencari informasi menggunakan peramban.

Asus X441SA juga dapat menjadi laptop hiburan yang oke berkat adanya sepasang speaker stereo dengan teknologi Asus SonicMaster dan layar 14 inci beresolusi HD. Laptop ini dapat Anda beli di kisaran harga Rp3.549.000, sudah termasuk OS Microsoft Windows 10 orisinil.

2. Asus VivoBook 14 A405UQ

Bagi yang membutuhkan laptop dengan bodi tipis dan ringan, tapi memiliki performa yang handal, ASUS telah menyiapkan VivoBook 14 A405UQ. Laptop yang telah dilengkapi OS Windows 10 ini memang ditujukan bagi para pekerja dan kreator konten. Ini terlihat dari spesifikasinya yang telah menggunakan prosesor Intel Core i5-7200U dan RAM sebesar 4GB.

Laptop ini juga bisa dipakai untuk memainkan game ringan berkat adanya kartu grafis Nvidia GeForce 940MX. Selain itu, Anda juga bisa memakainya untuk menyunting foto dan video. Dari sisi desain, laptop ini telah mengadopsi teknologi NanoEdge yang membuat bezel atau bingkai pada layar 14 incinya terlihat sangat tipis. Bahkan laptop ini juga telah dilengkapi konektor USB Tipe C 3.1 yang memberikan kecepatan transfer data secepat 5Gbps atau sekitar 10x lebih cepat dibanding koneksi USB 2.0.

ASUS VivoBook 14 A405UQ dipasarkan seharga Rp9.899.000 dengan OS Microsoft Windows 10 orisinil.

3. Asus VivoBook 14 A442UR

Bila membutuhkan laptop dengan performa tinggi pada tingkat harga yang relatif terjangkau, ASUS VivoBook 14 A442UR dapat menjadi pilihan. Laptop ini menggunakan prosesor Intel generasi 8 terbaru, yaitu Intel Core i5 8250. Prosesor ini memiliki 4 core dan mendukung 8 thread, 2x lebih banyak dibanding prosesor Intel Core i5 generasi ke-7. Dipadukan dengan RAM 4GB, HDD 1TB serta kartu grafis Nvidia GeForce 930MX, laptop ini lebih dari memadai untuk memainkan game terbaru serta menyunting foto dan video secara lebih ekstensif.

Desain laptop ini termasuk ramping dan ringan, dengan bobot sekitar 1,8kg dan bodi setebal 23mm. Menariknya, walaupun laptop ini menggunakan prosesor yang paling baru, harganya masih relatif terjangkau yaitu di angka Rp7.899.000 termasuk OS Microsoft Windows 10 orisinil.

4. Asus VivoBook Flip TP410UR

Keistimewaan laptop ini terletak pada penggunaan panel NanoEdge. Dengan panel ini, laptop convertible yang memiliki layar Full HD 14 inci ini memiliki frame atau rangka yang setara laptop dengan layar 13 inci.

Desain bodinya sendiri ramping dan tipis, dengan ketebalan bodi 19,2mm dan bobot 1,6kg. Mengingat Asus VivoBook Flip TP410UR adalah laptop convertible, engsel putarnya juga telah dirancang agar memiliki kekuatan ekstra saat beralih modus pemakaian dari tablet ke laptop dan sebaliknya.

Meskipun memiliki bodi yang tipis dan ringan, Asus memberikan VivoBook Flip TP410UR spesifikasi yang handal. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i3 7100U dengan RAM 4GB dan HDD 500GB, yang dipasangkan dengan kartu grafis Nvidia GeForce 930MX untuk memastikan Anda dapat menggunakannya untuk keperluan hiburan saat di perjalanan.

ASUS VivoBook Flip TP410UR dapat dibawa pulang dengan Rp 7.999.000, sudah termasuk OS Microsoft Windows 10 orisinil.

Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan

Setiap konsumen memiliki kebutuhan dan daya belinya tersendiri. Satu hal yang sering dilupakan adalah berapa lama Anda akan menggunakannya. Jika Anda berencana menggunakan laptop untuk jangka waktu relatif lama, misalnya hingga di atas 3 tahun, sebaiknya pilih laptop dengan spesifikasi terbaik yang bisa Anda beli.

Terlalu berhemat dengan memilih laptop yang paling murah sebenarnya bukanlah keputusan yang baik jika nantinya Anda dibuat frustrasi akibat performa laptop yang kurang handal.

Bagi yang membeli laptop untuk kegiatan produktif, performa juga harus menjadi pertimbangan utama. Jika memang kebutuhan menuntut perangkat yang lebih handal tapi dana belum cukup, kami anjurkan untuk menabung agar Anda mendapatkan laptop yang sesuai. Jangan sampai Anda salah membeli dan mengeluarkan uang lebih banyak. Selamat membeli!!

Komentar

Beri komentar

Close