LG G7 ThinQ: Andalkan Snapdragon 845, Layar Poni 6,1 Inci, dan Dukungan AI

LG akhirnya mengumumkan smartphone terbarunya yang siap bersaing di ranah flagship untuk tahun 2018, yakni G7 ThinQ. Tak mau ketinggalan tren, LG meracik smartphone ini dengan desain, hardware, dan fitur-fitur masa kini.

Layar poni dan dukungan AI

svg%3E

Salah satu yang membuat LG G7 ThinQ terlihat modern adalah penggunaan layar Full Vision berukuran 6,1 inci 19.5:9 yang resolusinya sudah 3120 x 1440 pixel. Ya, layar ini memiliki poni (notch) di bagian atasnya.

Bingkai layar LG G7 ThinQ amat tipis. Hasilnya, meski layarnya besar, bodi smartphone secara keseluruhan tetap terlihat raping dan menawan. Panel yang digunakan sendiri berteknologi M+ LCD yang diklaim mampu menampilkan kontras dan tingkat kecerahan yang tinggi.

Sedikit membahas soal namanya, kata ‘ThinQ’ di sini mengacu pada fitur kecerdasan buatan yang belakangan selalu digembar-gemborkan LG di beberapa produk terbarunya. Ada beberapa sektor yang didukung AI, misalnya Voice AI untuk mengenali perintah suara dan AI Cam untuk menyajikan pengaturan kamera yang paling optimal agar hasil jepretannya lebih baik.

Yang lebih menarik, smartphone dengan sertifikasi IP68 (anti air) dan berstandar MIL-STD-810G memiliki tombol khusus untuk mengakses Google Assistant secara cepat dan mudah.

Performa kencang berkat Snapdragon 845

svg%3E

svg%3E

Untuk mampu bersaing di ranah flagship, LG membenamkan berbagai hardware pendukung performa yang mumpuni. Tak tanggung-tanggung, SoC yang ditawarkan adalah Snapdragon 845 yang ditemani RAM 4GB atau 6GB. Memori internalnya juga besar, yakni hingga 128 GB.

Baterai yang ditanamkan memang tidak terlalu menggiurkan, hanya 3000 mAh. Tapi untungnya, pengguna bisa mengisi daya lebih cepat karena LG G7 ThinQ didukung Quick Charge 3.0 melalui port USB-C.

Di sektor audio, LG siap memanjakan para penggunanya melalui speaker stereo Boom Box, lengkap dengan DTS-X yang mampu menciptakan simulasi 7.1 surround sound. Fitur ini termasuk yang pertama ditemukan pada smartphone. Tak ketinggalan, G7 ThinQ juga memiliki 32-bit Hi-Fi Quad DAC.

Soal sistem operasi, LG G7 ThinQ mengadopsi Android 8.1 Oreo yang ditambahkan LG AI Pack 2.0. Asyiknya lagi, LG sudah menjanjikan smartphone anyarnya ini akan mendapatkan update ke Android P di masa depan.

Kamera ganda khas LG

svg%3E

Beralih ke area fotografi, LG masih setia mengusung formula andalannya, yakni kamera ganda dengan konfigurasi lensa normal dan wide. Kamera utamanya 16 megapixel f/1.6 dengan OIS dan sudut 71 derajat. Sementara kamera keduanya 16 megapixel f/1.9 tanpa OIS.

LG mengklaim, kamera G7 ThinQ mampu menghasilkan foto yang bagus di kondisi low light. Sedangkan untuk urusan selfie, pengguna disajikan kamera depan 8 megapixel f/1.9 dengan sudut 90 derajat.

LG G7 ThinQ hadir dalam beberapa varian warna, antara lain New Platinum Gray, New Aurora Black, New Moroccan Blue and Raspberry Red. Sayangnya, belum ada informasi kapan smartphone ini dijual ke pasaran dan berapa harganya.