AplikasiNewsPilihanTipsWindows 10Windows 10

Inilah 10 Fitur Keren Terbaru yang Dibawa Microsoft Windows 10 Creators Update

Salah satu keuntungan menggunakan sistem operasi original adalah selalu konsisten mendapatkan update. Bukan hanya optimalisasi performa dan sistem keamanan yang lebih baik, update yang dirilis sering membawa fitur-fitur baru yang amat menarik.

Jika menggunakan OS Windows 10 asli (bukan bajakan), Anda bisa mendapatkan update Windows 10 terbaru yaitu Creators Update. Ya, ini adalah update besar Windows yang menyediakan banyak tambahan fitur dan aplikasi keren. Jadi tidak hanya sekedar update saja, tapi Windows 10 Creators Update akan menambah kemampuan komputer Anda.

Untuk Anda yang belum tahu, yuk kita simak apa saja fitur baru yang ditanamkan Microsoft di Windows 10 Creators Update. Adapun versi yang kami coba adalah edisi Fall Creators Update yang baru saja dirilis.

1. Paint 3D

Paint 3D adalah aplikasi baru yang memberikan kemampuan bagi Anda untuk membuat atau memodifikasi obyek 3 dimensi dengan cara yang lebih sederhana. Jadi Anda bisa menciptakan gambar 3 dimensi tanpa tambahan aplikasi yang harus dibeli terpisah. Tidak hanya itu, Anda bisa mengganti tekstur dan warna, atau mengubah gambar 2D menjadi 3D dengan mudah.

Anda juga akan mendapatkan akses ke komunitas kreatif Remix3D.com untuk saling berbagi inspirasi dengan jutaan creator 3D lainnya dan mendapatkan ide-ide baru. Yang paling menarik, obyek hasil kreasi Anda di Paint 3D dapat digabungkan ke Windows Mixed Reality untuk menggabungkan obyek 3 dimensi hasil rekaan komputer ke rekaman video atau foto.

2. Game Mode

Fitur yang ditujukan untuk para gamer ini mampu mengoptimalkan kinerja PC untuk keperluan bermain game. Dengan begitu, pengalaman bermain game di Windows versi terbaru ini akan terasa lebih baik. Game Mode akan membuat game berjalan lebih lancar dengan mengurangi proses di latar sehingga lebih banyak resource tersedia untuk game yang sedang dijalankan.

Cara mengaktifkan Game Mode bisa dibaca di artikel berikut.

3. Beam Game Broadcast

Selain Game Mode, fitur keren lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para gamer adalah Beam Game Broadcast. Sesuai namanya, dengan fitur ini gamer bisa menyiarkan game yang sedang dimainkan secara gratis tanpa butuh software tambahan.

Setting yang diberikan cukup lengkap, mulai dari memberi judul tayangan, posisi kamera saat streaming, serta setting mikrofon.

4. Mini View

Singkatnya ini adalah fitur semacam pop-up window. Anda bisa menjalankan sebuah aplikasi di jendela kecil sembari melakukan kegiatan lainnya. Misalnya, memutar video favorit sambil mengetik, atau bahkan melakukan video call lewat Skype sambil browsing.

Fitur ini akan berguna bagi Anda yang tidak ingin repot mengatur ukuran jendela saat ingin menjalankan program yang tidak perlu terlihat besar seperti pemutar musik

5. Microsoft Edge dengan fitur Preview

Microsoft terus meningkatkan kemampuan browser Edge sehingga lebih canggih. Lewat Creators Update, Microsoft Edge kini memiliki manajemen Tab yang lebih baik. Selain dapat melihat preview saat mengarahkan kursor ke label tab, Anda juga bisa mengumpulkan tab secara sementara sehingga dapat dibuka kembali dengan cepat di waktu yang lain.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengintip (preview) setiap tab tersebut agar tidak bingung mencari halaman website yang diinginkan, terutama ketika Anda sudah membuka banyak tab sekaligus.

6. Night Light

Fitur ini berguna untuk meminimalisir dampak buruk dari emisi cahaya biru (blue light) pada layar. Seperti diketahui, cahaya biru dapat mengganggu kesehatan mata dan siklus tidur alami. Apalagi jika Anda sering menatap layar dalam kondisi ruangan temaram atau pada malam hari.

Dengan Night Light, cahaya biru pada layar akan menurun secara otomatis ketika malam tiba. Di pagi hari, fitur tersebut akan otomatis non-aktif. Meski begitu, Anda tetap dapat melakukan pengaturan Night Light secara manual.

7. Windows Ink yang lebih pintar

Bagi yang menggunakan laptop atau komputer meja dengan stylus, fitur Windows Ink mungkin sudah tidak asing lagi. Fitur ini diberikan untuk mengoptimalkan penggunaan stylus pada OS Windows 10. Anda juga mendapatkan Windows Ink Workspace, toko aplikasi khusus untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang telah dioptimalkan untuk mencorat-coret di layar.

Lewat update Fall Creators Update, fitur Windows Ink kembali ditingkatkan. Kini fitur ini telah mendukung teknologi kecerdasan buatan untuk berinteraksi dengan tulisan. Misalnya, Anda bisa mencoret sebuah kata untuk menghilangkannya atau melingkarinya untuk memilih kata tersebut. Juga tersedia panel tulisan tangan yang baru dengan tingkat akurasi lebih baik.

Bahkan Anda juga dapat mendeteksi lokasi pena jika tidak menemukannya dengan fitur Where’s My Pen.

8. Windows Mixed Reality

Windows Mixed Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan dunia digital. Teknologi ini membuat Anda dapat merasakan teknologi augmented reality yang dikombinasikan dengan dunia sebenarnya. Secara singkat, Anda dapat menikmati konten dan bermain game VR yang lebih meyakinkan.

Untuk mencobanya, Windows Mixed Reality membutuhkan perangkat headset yang kompatibel dengan teknologi tersebut. Sejumlah vendor seperti Acer, HP, Asus, dan Lenovo telah merilis headset garapannya.

Sedangkan untuk mengunduh game, Anda bisa menggunakan Steam VR. Di sini, Anda bisa menemukan lebih dari 2000 judul game VR yang kompatibel dengan Windows Mixed Reality.

9. Fitur keamanan lebih baik

Windows Creators Update juga memberikan keamanan lebih baik bagi komputer Anda. Melalui Windows Defender Security Center, Anda mendapatkan perlindungan dari virus, proteksi firewall dan jaringan, serta aplikasi untuk memeriksa kesehatan dan performa PC.

Bagi yang berbagi komputer dengan anak-anak, terdapat fitur Microsoft Family Safety untuk memantau dan mengendalikan pemakaian komputer. Jadi Anda bisa mengatur kapan komputer bisa digunakan dan berapa lama durasinya, serta memantau aktivitas apa saja yang dilakukan selama waktu itu.

10. Storage Sense

Membersihkan file yang tidak dipakai di Windows biasanya dilakukan manual. Kini tidak lagi dengan Storage Sense. Fitur ini memberikan kemampuan pada Windows 10 untuk membuang file-file yang tidak lagi diperlukan secara otomatis. Selain membuat kapasitas penyimpanan lebih lega, fitur ini juga dapat mengurangi potensi perlambatan PC Anda.

Dapat diunduh gratis

Tentunya masih banyak fitur dan fasilitas lain yang dibawa oleh Windows 10 Creators Update. Bahkan dapat dipastikan Microsoft akan terus memberikan update yang dapat meningkatkan kemampuan serta menambahkan fitur baru pada PC Anda.

Dan yang paling menyenangkan, semua update tersebut dapat diunduh gratis. Tentunya hanya bagi pengguna OS Windows orisinil. Untuk mengunduh gratis Windows 10 Fall Creators Update, Anda dapat mengunjungi tautan resmi berikut ini.

Informasi mengenai keunggulan Microsoft Windows 10 versi orisinil dapat dibaca di artikel berikut.

Komentar

Beri komentar

Close