[MWC 2018] Qualcomm Snapdragon 700: Janjikan Fitur Premium untuk Perangkat yang Lebih Terjangkau

Pada ajang Mobile World Congress 2018, Qualcomm secara resmi memperkenalkan seri Snapdragon 700 untuk mengisi posisi antara Snapdragon seri 600 dengan Snapdragon seri 800.

High-end yang lebih murah

svg%3E

Qualcomm memang belum mengungkap secara rinci seperti apa spesifikasi Snapdragon 700 nantinya. Meski begitu, menurut Qualcomm chipset ini nantinya akan masuk ke kategori high-end.

“Seri Snapdragon 700 Mobile Platform akan membawa teknologi dan fitur premium ke dalam perangkat yang lebih terjangkau harganya,” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile, Qualcomm Technologies.

Artinya, nantinya pengguna bisa menikmati berbagai fitur khas smartphone premium dengan harga yang lebih murah dari yang biasanya ditawarkan smartphone dengan SoC seri Snapdragon 800.

svg%3E

Snapdragon 700 akan hadir dengan multi-core Qualcomm AI Engine yang memberikan peningkatan 2x lebih tinggi untuk penggunaan AI langsung dari dalam perangkat (on-device) dibandingkan dengan Snapdragon 660 Mobile Platform.

Arsitektur baru

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Rabu (28/2), Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 700 akan memiliki arsitektur baru yang akan menawarkan peningkatan hingga 30 persen pada efisiensi daya. Performanya pun pastinya lebih tinggi dari Snapdragon 660.

Selain itu, Qualcomm juga membenamkan teknologi Quick Charge 4+ yang diklaim mampu melakukan pengisian daya baterai hingga 50 persen dalam waktu hanya 15 menit.

Belum diketahui kapan smartphone berbasis Snapdragon 700 akan mulai tersedia di pasaran. Menurut Qualcomm, mereka akan mengirimkan sample komersial terlebih dahulu kepada OEM di paruh pertama 2018.