Intel Rilis 2 Kamera 3D dengan Teknologi RealSense, D415 & D435

Intel merilis 2 perangkat kamera 3D yaitu RealSense D415 dan D435. Kedua kamera tersebut memiliki teknologi RealSense yang dapat mendeteksi tingkat kedalaman dan objek 3 dimensi.

Intel RealSense D415 dan D435 merupakan kamera 3D yang memiliki desain yang ringkas. Bentuknya cukup kecil dan dihubungkan ke perangkat komputer dengan menggunakan port USB sehingga dapat digunakan pada berbagai perangkat yang membutuhkan kamera 3D seperti komputer maupun drone yang memiliki kemampuan AR atau VR. Teknologi RealSense membuat 2 kamera tersebut mampu mengenali obyek yang ada di depannya sekaligus mendeteksi jarak dan tingkat kedalaman obyek tersebut.

Kamera ini didesain dalam bodi yang cukup tangguh. Intel RealSense D415 dan D435 dapat digunakan di dalam dan di luar ruangan dalam berbagai kondisi cahaya. RealSense D415 memiliki field of view yang lebih sempit dan teknik pengambilan rolling shutter yang mendeteksi gambar secara bergantian. Sedangkan RealSense D435 memiliki field of view yang lebih lebar serta teknik pengambilan gambar global shutter yang mengambil gambar secara bersamaan pada 2 kameranya.

svg%3E

Intel menyatakan RealSense D415 dan D435 ditargetkan untuk para developer aplikasi serta vendor yang ingin menghadirkan fitur AR dan VR di perangkatnya. Selain itu perangkat ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan edukasi. Intel menyediakan RealSense SDK 2.0 yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan memanfaatkan teknologi dari kamera tersebut.

Intel saat ini sedang membuka pre-order untuk 2 kamera tersebut. RealSense D415 dijual dengan harga US$149 atau sekitar 1,98 juta rupiah. Sedangkan RealSense D435 dijual dengan harga US$145 atau sekitar 1,93 juta rupiah.