[CES 2018] Lenovo Mirage Solo: Headset Daydream VR yang Tidak Butuh Smartphone atau PC

Tahun lalu Google sempat mengumumkan bahwa mereka sedang menggarap headset Daydream VR standalone, yang bisa digunakan tanpa membutuhkan alat tambahan seperti smartphone atau PC. Kini di CES 2018, perangkat Virtual Reality tersebut resmi diperkenalkan.

Hasil kolaborasi dengan Lenovo

svg%3E

Disebut Mirage Solo, headset Daydream VR ini merupakan hasil kolaborasi Google dengan Lenovo. Karena tidak butuh PC atau smartphone, Lenovo Mirage Solo sudah dibekali hardware untuk memproses konten VR sendiri.

Lenovo membenamkan Qualcomm Snapdragon 835 yang ditemani RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, lengkap dengan slot microSD. Slot kartu memori ini sangat bermanfaat jika pengguna memiliki kamera 360 derajat dan ingin langsung menikmati konten yang baru saja mereka buat.

svg%3E

Untuk menampilkan konten, Lenovo Mirage Solo memiliki layar 5,5 inci QHD yang menjanjikan tampilan tajam dengan warna yang baik. Sudut pandangnya mencapai 110 derajat. Untuk urusan audio, pengguna membutuhkan headphone tambahan karena headset ini tidak memiliki speaker.

Pertama dengan teknologi WorldSense

Yang lebih menarik, Lenovo Mirage Solo adalah headset Daydream pertama yang didukung teknologi Google WorldSense, yang memungkinkan untuk menghilangkan kebutuhan akan kamera eksternal atau sensor untuk melacak posisi penggunanya. Pengguna pun bisa bergerak lebih bebas tanpa kabel yang mengganggu.

Lenovo Mirage Solo rencananya akan mulai dilepas ke pasaran pada kuartal kedua 2018. Harganya US$499.99 atau sekitar 6,7 juta rupiah.