Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan LTE di Kota Manado

Kota Manado, Sulawesi Utara merupakan salah satu kota yang memiliki berbagai tempat wisata yang indah dan sangat layak untuk diabadikan dan juga dibagikan di media sosial. Untuk membagikan berbagai foto dan video mengenai keindahan tempat-tempat wisata di Manado, tentunya dibutuhkan sebuah koneksi internet yang lancar dan cepat agar seluruhnya dapat diupload dengan baik.

Untuk memberikan pengalaman berinternet yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk berbagi foto dan video liburan di Manado, Smartfren melakukan langkah optimalisasi jaringan serta meningkatkan kapasitas jaringan LTE di seluruh kota Manado. Peningkatan kapasitas jaringan tersebut dilakukan dengan memperbanyak jaringan TDD serta meningkatkan jangkauan konektivitas hingga 4G+ yang mencakup hampir seluruh kota Manado.

Menjajal LTE Milik Smartfren di Kota Manado

Untuk menunjukan kualitas serta cakupan jaringan 4G yang dimilikinya, pada hari Kamis (7/12) lalu Smartfren mengajak sejumlah media termasuk YangCanggih.com untuk menjajal koneksi LTE Smartfren di Manado dengan mengelilingi sejumlah daerah di kota tersebut. Hasilnya, 72% wilayah di dalam kota Manado telah tercakup sinyal LTE dengan status baik sehingga dapat menghasilkan kecepatan internet yang memadai. Sementara itu, menurut nPerf, Smartfren telah mencakup 98% wilayah kota Manado.

Selain mengelilingi kota Manado, kami pun sempat mengunjungi kota Tomohon. Di kota ini, sekitar 60% wilayahnya telah tercakup sinyal LTE Smartfren dengan status baik. Sedangkan sisanya masih tergolong rata-rata dan cukup banyak juga daerah yang blank spot. Bisa dimaklumi karena kota ini merupakan kota pengunungan dengan kontur jalan yang berkelok-kelok.

Kecepatan Sudah Cukup Baik di Dalam Kota

Sedangkan untuk kecepatan rata-ratanya, selama pengujian di kota Manado, Smartfren menyatakan bahwa kecepatan download rata-rata yang berhasil dicatat ada di angka sekitar 5Mbps. Namun, hasil pengujian kami cukup berbeda dengan kecepatan download rata-rata hanya sekitar 0,5Mbps saat berada di kota Tomohon, dan sekitar 3 Mbps saat berada di kota Manado dengan menggunakan Speedtest.

svg%3E

Hasil pengujian yang kami dapatkan menggunakan sebuah MiFi Andromax M3Y yang dibagikan ke beberapa pengguna sekaligus. Sedangkan hasil pengujian yang ditunjukkan oleh Smartfren menggunakan prosedur pengujian internal mereka sendiri.

Siapkan Kartu Perdana Baru Seharga 30 Ribu

Untuk memberikan pengalaman menggunakan koneksi LTE Advanced Smartfren bagi para pelanggan serta calon pelanggan, Smartfren juga meluncurkan sebuah produk baru yaitu starter pack alias kartu perdana dengan harga 30 ribu rupiah. Kartu perdana ini dapat digunakan di seluruh jenis smartphone yang mendukung koneksi LTE yang didukung oleh Smartfren.

Dengan harga 30 ribu rupiah, Anda akan mendapatkan kuota total hingga 6GB yang terdiri dari 3GB kuota utama ditambah 3GB kuota bonus yang berlaku malam hari. Selain itu, Smartfren juga akan memberikan bonus kuota internet sebanyak 2GB setiap pengisian ulang minimal Rp60.000 setiap bulannya. Bonus tersebut akan diberikan setiap kali pengisian ulang dengan total maksimal hingga 12 kali atau 1 tahun.