HDMI 2.1, Dukung Resolusi 10K dengan Variable Refresh Rate

Konsorsium HDMI Forum meresmikan sebuah standar koneksi HDMI baru yaitu HDMI 2.1. Dengan standar HDMI terbaru ini, maka perangkat yang menggunakan koneksi HDMI akan dapat menghasilkan resolusi yang lebih tinggi lagi.

Pengembangan HDMI 2.1 berfokus pada peningkatan bandwidth untuk menghasilkan data yang lebih besar. Dengan bandwidth yang lebih besar, maka sebuah koneksi HDMI dapat menghasilkan resolusi yang lebih tinggi dengan refresh rate yang lebih cepat.

HDMI Forum menetapkan HDMI 2.1 mendukung kecepatan bandwidth sebesar 48 Gbps dan mendukung resolusi hingga 10K atau 10240 x 4320 pixel. Selain itu, HDMI 2.1 juga mendukung refresh rate tinggi untuk resolusi lainnya, 60Hz untuk 8K, dan 120Hz untuk 4K. Sebagai tambahan, standar koneksi baru ini juga mendukung Dynamic HDR.

svg%3E

svg%3E

Untuk menunjang kebutuhan tampilan berkecepatan tinggi, HDMI 2.1 juga memperkenalkan dukungan teknologi VRR atau variable refresh rate. Teknologi ini mirip seperti Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync yang memungkinkan refresh rate menyesuaikan dengan frame rate yang sedang ditampilkan di layar untuk mengurangi efek tearing. Kemudian HDMI 2.1 juga dilengkapi dengan teknologi Auto Low Latency Mode (ALLM) untuk mengurangi input lag.

Setelah standar HDMI 2.1 diperkenalkan, ke depannya akan muncul perangkat serta aksesoris kabel yang mendukung koneksi baru ini. Untuk yang memiliki perangkat lama, koneksi HDMI 2.1 juga memiliki backward compatibility sehingga bisa digunakan pada perangkat lama. Tentunya dengan batasan yang dimiliki oleh perangkat tersebut.