AMD Resmi Luncurkan Prosesor APU Ryzen di Indonesia

Setelah diluncurkan secara global pada akhir bulan Oktober lalu, AMD Indonesia resmi membawa APU Ryzen untuk perangkat laptop ke Indonesia. Hadirnya APU dengan kode nama Raven Ridge ini dapat memberikan peningkatan kinerja yang signifikan pada laptop berbodi tipis.

svg%3E

AMD memfokuskan hadirnya APU Ryzen ini untuk laptop yang berbodi tipis. Dengan desain TDP 15watt, APU ini ini cocok untuk laptop tipis yang mengutamakan daya tahan baterai yang awet, tapi tetap mampu memberikan kinerja yang cepat. APU Ryzen terdiri dari prosesor berbasis Ryzen serta kartu grafis Radeon Vega yang mampu memberikan kinerja keseluruhan yang lebih kencang dibandingkan kompetitornya yang setara.

APU AMD Ryzen saat ini tersedia dalam 2 pilihan, yaitu Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Keduanya memiliki prosesor 4 core dan 8 thread. Ryzen 7 2700U memiliki base speed sebesar 2,2GHz dengan chip Vega yang memiliki 10 compute unit. Sedangkan Ryzen 5 2500U memiliki base speed sebesar 2,0GHz dengan chip Vega yang memiliki 8 compute unit. AMD mengklaim bahwa kinerja APU Ryzen ini mampu lebih cepat hingga 44% untuk multithreading, dan hingga 161% untuk kinerja grafis jika dibandingkan dengan kompetitornya.

svg%3E

svg%3E

Hadirnya APU AMD Ryzen memang memungkinkan APU ini untuk digunakan pada perangkat laptop yang beragam untuk memberikan kinerja yang lebih kencang pada laptop tersebut. Peter Chambers, AMD Consumer Sales Director for Asia Pacific and Japan mengatakan, “Jajaran prosesor-prosesor baru ini akan memberikan performa terdepan pada perangkat PC mobile dan ultrathin. Ryzen Mobile juga menawarkan formfactor baru pada notebook yang didukung partner OEM kami sehingga AMD dapat menjawab tren utama kebutuhan untuk pasar notebook seperti tipis dan ringan, multiguna, dan hiburan on the go.”

Sejumlah produsen laptop seperti Asus, HP, Acer, Lenovo, dan Dell pun telah menyiapkan sejumlah laptop baru untuk mendukung APU AMD Ryzen ini. Rencananya, laptop-laptop tersebut mulai akan masuk ke pasaran Indonesia pada bulan Desember mendatang.