Qualcomm Hadirkan Chipset Snapdragon 636 dengan Dukungan Layar Ultrawide dan Quick Charge 4

Qualcomm baru saja memperkenalkan sebuah chipset baru untuk smartphone yaitu Qualcomm Snapdragon 636. Chipset ini merupakn versi pembaruan dari Snapdragon 630 yang telah diluncurkan lebih dulu pada bulan Mei lalu.

Qualcomm Snapdragon 636 dikembangkan dengan menggunakan proses produksi FinFet 14nm, sama seperti Snapdragon 630. Tapi, chipset ini menggunakan CPU yang berbeda. Jika Snapdragon 630 menggunakan CPU octa-core ARM Cortex A53 2,2GHz, maka Snapdragon 636 menggunakan CPU octa-core Kryo 260 yang memiliki kinerja lebih kencang walaupun memiliki kecepatan lebih rendah, yaitu 1,8GHz. CPU tersebut diklaim memiliki performa hingga 40% dibandingkan dengan Cortex A53.

svg%3E

Selain itu, Snapdragon 636 juga memiliki dukungan terhadap layar dengan resolusi ultrawide FHD+ yang belakangan ini mulai populer digunakan pada beberapa smartphone. Kemudian terdapat juga fitur Assertive Display yang meningkatkan tampilan pada berbagai kondisi pencahayaan.

svg%3E

Chipset ini menggunakan GPU Adreno 509. GPU tersebut diklaim akan memiliki kinerja 10% lebih baik dibandingkan Adreno 508 pada Snapdragon 630. Kemudian, chipset ini dapat mendukung RAM dengan kapasitas hingga 8GB.

Soal konektivitas, Snapdragon 636 mendukung koneksi WiFi AC dual-band dengan dukungan MU-MIMO, GPS, GLONASS, serta Bluetooth 5. Untuk pengisian baterai yang lebih cepat, chipset ini juga mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.

Qualcomm rencananya akan mulai menyediakan Snapdragon 636 ke para mitranya mulai bulan November 2017 mendatang. Dengan begitu, kemungkinan smartphone-smartphone yang menggunakan chipset ini baru akan hadir di pasaran pada tahun 2018 mendatang.

Verified by MonsterInsights