Google Rilis Pixelbook, Chromebook Convertible dengan Dukungan Stylus

Bersamaan dengan momen peluncuran smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL beberapa hari lalu, Google juga meluncurkan sebuah perangkat laptop berbasis Chrome OS baru yang bernama Pixelbook. Menggunakan sistem operasi Chrome OS, laptop ini memiliki spesifikasi yang mumpuni seperti laptop menengah dan kelas atas.

Desain Convertible dengan Engsel 360 Derajat

Google Pixelbook mempunyai desain baru yang berbeda dari Chromebook milik Google terdahulu yaitu Chromebook Pixel. Pixelbook hadir dalam bentuk convertible sehingga laptop ini bisa digunakan dalam berbagai posisi. Apalagi laptop ini juga memiliki engsel yang bisa berputar hingga 360 derajat. Dengan begitu, Pixelbook ini juga bisa digunakan seperti sebuah tablet untuk memudahkan Anda saat ingin menggunakan aplikasi Android yang juga didukung oleh Chrome OS.

svg%3E

Pixel Book menggunakan material aluminium dan memiliki ketebalan 10,3mm. Dengan bobot sekitar 1,1 kg, Pixelbook merupakan salah satu Chromebook paling tipis dan ringan yang ada di pasaran saat ini.

Prosesor Kaby Lake, RAM 16GB, dan Dukungan Stylus

Jika perangkat Chromebook banyak yang menggunakan spesifikasi entry-level untuk mengejar harga yang terjangkau, maka Pixelbook ini diposisikan sebagai sebuah perangkat flagship. Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i5 atau Core i7 generasi ketujuh dengan RAM 8GB atau 16GB. Lalu, penyimpanannya menggunakan SSD dengan kapasitas 128GB hingga 512GB. Selain itu, laptop ini juga menawarkan konektivitas yang lengkap mulai dari WiFi AC, Bluetooth, dan koneksi audio jack serta USB Type-C.

svg%3E

Untuk mendukung aplikasi Android dengan maksimal, Pixelbook juga dilengkapi dengan gyroscope, accelerometer, dan magnetometer seperti yang umumnya juga dimiliki oleh smartphone Android.

svg%3E

Google juga memberikan dukungan terhadap stylus pada Pixelbook ini. Dengan stylus Pixelbook Pen, Anda bisa menggunakannya untuk menggambar dan menulis pada layar berukuran 12,3 inci yang dimilikinya. Saat ini, Pixelbook Pen mendukung 6 aplikasi yang tersedia pada Chrome OS yaitu Evernote, Google Keep, Infinite Painter, Nebo, SketchBook, dan Squid. Jumlah aplikasi tersebut masih akan terus bertambah nantinya.

Google Pixelbook akan dijual dengan harga mulai dari US$999 untuk versi entry-level. Sedangkan versi tertingginya akan dijual dengan harga US$1649. Harga yang cukup tinggi untuk sebuah laptop Chromebook, tapi Pixelbook ini menjanjikan kinerja mumpuni dengan spesifikasi yang tinggi, serta kemudahan berkat hadirnya dukungan stylus.

[table]
Spesifikasi;”Google Pixelbook”
Prosesor;”Intel Core i5/Core i7 generasi ketujuh”
RAM;”8GB/16GB”
Penyimpanan;”SSD 128GB/256GB/512GB”
Layar;”12,3 inci 2400 x 1600 pixel”
Konektivitas;”WiFi, Bluetooth, 2 x USB Type-C, audio jack 3,5mm”
Dimensi;”290,4 × 220,8 × 10,3mm”
Bobot;”1,1kg”
[/table]